Tips Menghapus Cache di Laptop

Sobat pasti pernah merasakan kalau komputer atau pun laptop tiba-tiba mengalami penurunan performa / menjadi lemot.

Memang betul, semakin lama usia dari perangkat serta seringnya penggunaan akan mempengaruhi kinerja dari si perangkat. Melambatnya kinerja komputer tentu akan berdampak buruk terhadap penggunaan nantinya.

Membersihkan cache di laptop tidak sesulit yang sobat bayangkan. Setiap laptop pasti mempunyai penyimpanan memori yang salah satunya diisi oleh cache. 

File cache jika dibiarkan begitu saja akan menumpuk di dalam memori laptop sehingga menjadi masalah laptop yang harus sobat kerjakan. 

Lalu, tahukah sobat apa yang akan terjadi lama-lama jika kita memiliki banyak file cache di laptop?

Laptop dengan tumpukan file cache akan membuat kinerjanya menjadi sangat lelet. Oleh karena itu, Sobat harus menghapus file cache yang ada di dalam laptop yang sudah digunakan. 

Hal ini tentu saja memaksa sobat harus tau bagaimana cara membersihkan cache di laptop? Nah,Simak informasinya di bawah ini untuk dapat menghapus file cache yang ada di laptop sobat sekalian.

Pengertian Cache

Apakah sobat sudah mengetahui pengertian dari cache itu sendiri? 

Cache merupakan data sementara yang dihasilkan dari sebuah aplikasi. Dengan adanya cache, Sobat tak butuh mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi tersebut. 

Salah satu aplikasi di dalam laptop sobat yang paling sering menghasilkan cache adalah browser. Jenis cache lainnya yang biasa menumpuk di memori laptop adalah DNS cache, system restore cache, thumbnail cache, dan banyak lagi.

Bagi Sobat yang merupakan pengguna laptop dengan OS Windows 10, pastinya sudah sering mengalami update system dalam beberapa waktu sekali, bukan? 

Setiap update yang dilakukan oleh sistem ini juga sering meninggalkan cache di dalam laptop sobat. 

Manfaat File Cache di Laptop

Siapa menyangka jika file cache dapat membantu membuat aplikasi yang ada di laptop Anda berjalan lebih cepat dan efisien. 

Hal ini bisa terjadi karena perangkat kita menyimpan data sebuah aplikasi secara lokal. Kita bisa menemukan Sebagai contohnya pada sebuah browser yang menyimpan data cache dari folder lokal yang membuat kita bisa memuat sebuah website dengan lebih cepat.

Ternyata caching tidak cuma dipakai oleh situs web dan browser saja. Karena sobat juga bisa menemukan proses yang sama berlaku pada sebuah aplikasi di smartphone sobat yang mengandalkan data web dan cloud. 

Walaupun data cache disimpan pada folder lokal smartphone, tentunya sobat tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan. Karena biasanya file cache akan otomatis terhapus setelah beberapa minggu.

2 Cara Menghapus Cache Di Laptop

Berikut ini, cara menghapus cache di laptop. Ada dua cara yang akan diberikan yaitu cara membersihkan cache di laptop dengan Windows OS dan Mac OS. 

Berikut ini cara untuk menghapus cache yang bisa sobat kerjakan:

1 . Menghapus Cache di Laptop Mac OS

Untuk menghapus cache pada laptop dengan Mac OS, hanya diperlukan satu cara saja yaitu dengan melalui Mac Finder. 

Setelah sobat masuk ke dalam Mac Finder, pilih menu Go pada bagian menu bar. Selanjutnya, sobat akan melihat menu drop down dan cari pilihan Go to Folder.

Pada comment box, masukkan “~/Library” kemudian tekan Go. sobat akan melihat beberapa folder dan carilah folder cache. 

Pilih seluruh folder dan file yang ada di dalam folder tersebut kemudian pindahkan ke Trash setelah itu kosongkan atau pilih Empty Trash.

2 . Membersihkan Cache di Laptop Windows OS

Dalam membersihkan file cache di laptop Windows OS, ada beberapa langkah yang bisa sobat ikuti untuk dapat menghapus cache, yaitu:

1. Langkah Pertama

Tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian Anda bakal diarahkan pada jendela Run. Masukkan “temp” pada comment box lalu tekan Enter. 

Selanjutnya, sobat akan melihat banyak folder dan juga file yang merupakan cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file dan folder cache kemudian delete untuk membersihkan cache laptop.

2. Langkah Kedua 

Langkah kedua hampir sama dengan langkah pertama. Hanya saja yang membedakan adalah isian pada comment box. 

Dalam langkah kedua, sobat hanya butuh mengisi comment box dengan “%temp%” lalu ikuti seluruh langkah yang sama dengan langkah pertama untuk menghapus cache laptop.

3. Langkah Ketiga

Cari folder Recycle Bin pada laptop sobat, kemudian klik kanan dan kosongkan recycle bin untuk melakukan disk cleanup.

Kelemahan File Cache di Laptop

Walaupun file cache sangat membantu dalam meningkatkan kinerja penelusuran web, ternyata cache juga mempunyai beberapa kelemahan yang wajib sobat perhatikan. 

Salah satu bahaya yang mengintai dengan adanya file cache di laptop sobat, perangkat yang sobat gunakan menjadi sangat rentan dari serangan para hackers di luar sana.

Bukan hanya itu saja, ternyata pengguna lain juga bisa mengakses laptop yang dipakai bersama untuk menggunakan history web browser sobat dari cache browser. 

Hal ini menjadi kelemahan yang wajib sobat sekalian selalu perhatikan untuk membersihkan cache di perangkat yang sobat gunakan.

Demikian Tips cara membersihkan cache yang bisa sobat lakukan untuk masing-masing OS atau Operation System serta manfaat cache dan kelemahan cache yang wajib sobat ketahui.

0 Response to "Tips Menghapus Cache di Laptop"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak