Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu merupaka Cairan kental yang berbahan alami yang memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar atau sari bunga atau cairan yang berasal dari bagian-bagian tanaman hidup yang dikumpulkan, diubah dan diikat dengan senyawa tertentu oleh lebah kemudian disimpan pada sarang yang berbentuk heksagonal.

Dibidang kedokteran, madu mendapatkan perhatian untuk digunakan sebagai agen antibakteri dalam perawatan ulserasi, luka, dan infeksi lain akibat luka bakar maupun luka lainnya. 

Efektivitas dalam mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan disebabkan oleh adanya aktivitas antibakteri yang terdapat pada madu. 

Aktivitas antibakteri madu terjadi karena adanya hidrogen peroksida, flavonoid, dan konsentrasi gula hipertonik. Hidrogen peroksida dibentuk di dalam madu oleh aktivitas enzim glucose oxide yang memperoduksi asam glukonat dan hidrogen peroksida dari glukosa. 

Enzim ini akan aktif apabila madu diencerkan. Hidrogen peroksida yang terbentuk akan terakumulasi dalam medium biakan yang akan menginhibisi pertumbuhan bakteri

Madu memang dikenal memiliki segudang manfaat. Bahkan sudah sejak zaman dahulu, madu tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, tapi juga obat alami yang mampu menyehatkan tubuh.

Rasanya yang manis, membuat madu jadi dimanfaatkan sebagai pengganti gula. Tidak heran, banyak orang yang menggunakan madu sebagai pemanis makanan yang menyehatkan.

Madu juga kaya akan antioksidan, karbohidrat, dan gula alami. Madu tercipta saat serbuk sari dan nektar bunga sudah bercampur dengan enzim pencernaan lebah.

Di antara produksi hasil lebah, madu merupakan yang paling populer dan sering dikonsumsi. Sebab madu mempunyai banyak khasiat kesehatan yang dibutuhkan manusia, mulai dari pencegahan hingga pengobatan.

Namun sayang, menemukan madu asli kini semakin sulit. Sebab banyak pedagang nakal yang memalsukan produk madu yang dijualnya.

Tapi jangan khawatrir lagi! Sejatinya bahan alami sulit untuk dipalsukan. Jika kita tahu cara membedakannya mana madu asli dan palsu, dengan mudah kita bisa mengetahuinya.

Untuk membedakan madu asli dan palsu ada beberapa cara, yang paling mudah adalah dengan uji sederhana yang bisa kita lakukan sendiri secara manual.

Cara membedakan madu asli dan palsu

Untuk mendapatkan madu terbaik, cara-cara berikut bisa kita lakukan untuk membedakan madu asli dengan yang palsu:

1. Tes dengan ibu jari

Letakkan sedikit madu di ibu jari. Apakah madunya menetes atau menyebar ke permukaan lainnya? Jika hal ini terjadi, madu yang kamu beli kemungkinan tidak murni.

Ciri-ciri madu asli ialah teksturnya yang kental serta tidak berair. Selain itu, madu asli memiliki tekstur lengket, ketika menyentuh apapun akan menempel dan tidak menetes.

2. Tes dengan air

Dengan sendok teh, ambil madu dan tuangkan ke dalam gelas berisi air.

Madu palsu akan larut dalam air. Sementara madu asli jika bercampur ke dalam air akan menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas.

3. Tes menggunakan kain putih dan kertas blotting

Coba tuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Madu palsu cenderung akan menembus kain atau kertas hingga meninggalkan noda. Sementara itu, madu asli tidak menembus kain atau kertas. Noda pun tidak tertinggal.

4. Tes deng cara dibakar

Ciri madu asli lainnya yakni mudah terbakar. Walau demikian, jangan lakukan tes ini tanpa persiapan.

Ambil korek api batang dan celupkan ke dalam madu. Jika ketika dinyalakan, batang korek api terbakar, maka madu yang menempel pada batangnya itu asli.

Jika tidak, bisa jadi madu tersebut sudah dipalsukan dan mengandung zat tambahan yang tidak murni.

5. Tes dengan sari cuka

Campurkan sedikit madu, air dan 2-3 tetes sari cuka. Jika berbusa, kemungkinan besar madu kamu palsu.

6. Tes dengan dipanas

Jika kamu memanaskan madu murni, maka teksturnya akan berubah menjadi karamel dan tidak akan

berbusa.

Akan tetapi, jika madu palsu dipanaskan, teksturnya tidak berubah, hanya memanas layaknya air.

Sebenarnya, kamu bisa melihat perbedaan madu asli dan palsu hanya dengan mata telanjang saja. Seperti tekstur yang padat namun tetap lembut, juga aroma yang manis.

Demikian Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak