Mengetahui Pekerjaan yang Sesuai dengan diri kita

Mengetahi Pekerjaan yang Sesuai dengan diri kita
Seiring dengan adanya kemajuan Zaman,  kini tidak hanya kaum  laki-laki saja yang bekerja untuk mencari nafkah keluarga, namun kaum perempuan juga kian banyak yang bekerja untuk menambah penghasilan/pendapatan keluarga. 

Tujuan bekerja yang dapat dibilang paling dasar adalah mencari pendapatan atau nafkah untuk menjalani kehidupan yang layak.

Namun bekerja tidak selalu untuk mencari pendapatan/uang semata, akan tetapi bekerja juga untuk tujuan yang lainnya seperti untuk aktualisasi diri, mencari teman, mencari jodoh, mencari kesibukan diri, dan lain sebagainya.

Pekerjaan yang baik bukan hanya pekerjaan yang memberikan penghasilan yang besar saja, bukan juga yang nyaman dilakukan, tetapi lebih dari itu, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Setiap orang yang bekerja harus bisa menemukan pekerjaan yang tepat dan sesuai untuk dirinya sendiri. Gagal mencari kerja yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya bisa membuat seseorang menjadi tertekan/kurang bahagia lahir dan batin.

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan. Dengan tanpa kita sadari, kita mungkin telah berusaha keras untuk mencapai tujuan yang akan dicapainya.

Berikut ini adalah beberapa kriteria pekerjaan yang sesuai/cocok dengan diri seseorang:

1. Menjalankan Pekerjaan Tanpa Banyak Kesulitan

Dalam bekerja di mana tempatnya baik dikantor, lapangan dan lain sebagainya harus menguasai pekerjaan yang sedang dijalani sehingga tidak akan merepotkan orang lain saat bekerja. 

Sebagian besar pekerjaan yang dikerjakan harus bisa diselesaikan oleh diri sendiri. Lain hal jika pekerjaan itu butuh kerjasama dengan tim.

2. Bekerja di Lokasi / Tempat Kerja yang Sesuai Keinginan

Lokasi tempat kerja penting untuk dipertimbangkan, karena jika memilih pekerjaan yang terlalu jauh tempatnya dari tempat tinggal kita, ini dapat menguras tenaga, biaya dan waktu kita. 

Namun jika memang sudah terlanjur demikian, maka bisa diatasi dengan mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor, selama anggota keluarga lain tidak keberatan.

3. Dapat Memberikan Penghasilan dan Tunjangan yang Baik dan Halal

Akan sia-sia saja bila kita kerja banting tulang, peras keringat, tekor otak apabila pendapatan yang diterima tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Carilah pekerjaan yang penghasilan serta tunjangannya bisa lebih dari cukup dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan dan penghasilan pun juga harus yang halal dari sisi Agama kita.

4. Bekerja dengan Orang-Orang yang Menyenangkan

Kita bisa pusing dan stress jika rekan-rekan kerja kita selalu membuat masalah dengan kita. Bekerja yang baik harus diliputi oleh suasana kekeluargaan, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain serta penuh dengan canda tawa dalam porsi yang wajar tentu saja.

5. Menyukai dan Menikmati Pekerjaan yang Diberikan

Kita bekerja harus sesuai dengan minat kita sehingga kita bisa menjalankan pekerjaan dengan sepenuh hati, suka cita dan penuh tanggungjawab. 

Tanpa adanya itu semua maka kita akan merasa seperti terpaksa untuk melakukan pekerjaan kita, dengan tanpa didasari keinginan kuat untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.

6. Budaya Kerja yang Baik

Di dalam tempat kerja memiliki tentunya ada aturan-aturan, adat kebiasaan, norma dan nilai-nilai yang adil serta sesuai dengan hati nurani kita. 

Jika didalam tempat kerja semua itu ada yang bertentangan dengan hati nurani kita maka bisa membuat kita kurang menikmati pekerjaan tersebut.

7. Adanya Atasan dan Bawahan yang Baik

Tidak ada pekerjaan yang lebih sempurna lagi jika atasan dan bawahan kita adalah semuanya orang-orang terbaik dan menyenangan. 

Jika dalam menjalankan pekerjaan kita berbuat salah, maka Atasan akan membantu memperbaiki dan anak buah selalu mengingatkan. 

Dalam bekerja atasan selalu mengayomi dan bawahanpun memberikan dukungan moril dan spirituil yang baik.

8. Pekerjaan Tetap yang Berkesinambungan

Pekerjaan yang sedang digeluti harus memberikan kepastian di masa depan. Status kepegawaian kita harus bisa menjadi pegawai / karyawan tetap setelah mengabdi untuk masa waktu tertentu. 

Tidak terus menerus hanya sebatas sebagai pegawai / karyawan kontrak, honorer atau pun outsourcing tanpa adanya pengangkatan karyawan tetap.

9. Memberikan Penghargaan Jika Telah Bekerja dengan Baik

Betapa bahagia dan senangnya jika pekerjaan yang telah kita kerjakan dengan baik dihargai oleh perusahaan. 

Jika kita bekerja dengan sepenuh semangat dan maksimal bisadibilang sempurna, namun dihargai sama dengan orang yang kerjanya biasa-biasa saja, maka kita bisa menjadi tidak semangat kembali dalam bekerja secara maksimal.

10. Membuat Keluarga Kita Bangga

Keluarga kita di rumah dan di luar rumah pun juga harus setuju dengan pekerjaan yang saat ini kita jalani dan geluti. 

Akan sangat tidak baik dan bermasalah jika profesi dan tempat kita bekerja ditentang oleh keluarga dan masyarakat umum.

11. Tidak Sering Menimbulkan Konflik / Masalah

Jika selama kita bekerja selalu memunculkan permasalahan demi permasalahan yang pelik, maka sebaiknya kita minta pindah bagian atua bila perlu carilah pekerjaan lain. 

Konflik / masalah yang timbul dapat merusak konsentrasi kerja dan konsentrasi di luar kerja sehingga bisa membuat hidup kita kurang bahagia.

12. Tidak Ingin Mencari Pekerjaan Lain

Yang paling penting dalam menentukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita ataupun mungkin tidak untuk diri kita sendiri adalah keinginan untuk pindah pekerjaan. 

Jika rasa itu ada maka sudah pasti pekerjaan itu tidak sesuai dengan diri kita. Namun jika rasa keinginan semua itu tidak ada, maka berarti kita sudah merasa nyaman bekerja di tempat kerja kita. 

Beda halnya jika tidak menginginkan untuk mencari pekerjaan lain karena memang tidak ada pekerjaan lain yang bisa kita dapatkan atau bekerja karena terpaksa oleh keadaan.

Dengan demikian kita bisa simpulkan bahwa:

Jika ada banyak point kriteria di atas yang terpenuhi, maka berarti pekerjaan yang telah kita kerjakan sudah nyaman/sesuai dengan dengan diri kita. 

Namun jika banyak yang tidak sesuai dengan kondisi riil di tempat kita kerja, maka itu tandanya kita tidak menyukai pekerjaan yang saat ini dijalani, sehingga perlu tindak lanjut dari persoalan ini.

Demikian kiranya untuk mengetahui apakah pekerjaan yang sedang kita jalani nyaman dengan diri kita, maka bisa dikatakan cocok/sesuai untuk kita.

0 Response to "Mengetahui Pekerjaan yang Sesuai dengan diri kita"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak