Kriteria Penghuni Surga Firdaus

Apakah Kita Termasuk 7 Kriteria Penghuni Surga Firdaus?

Masuk surga adalah mimpi terbesar semua manusia. Siapa yang tak ingin masuk surga? Apalagi jika itu adalah surga yang tingkatannya paling tinggi dan istimewa, itulah Surga Firdaus.

Rasulullah Shalallahu A'laihi Wa Sallam bersabda,

"Di surga ada seratus tingkat, jarak antara masing-masing tingkat seperti antara bumi dan langit, dan Firdaus adalah surga tertinggi, darinya empat sungai surga memancar, di atasnya 'arsy, bila kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus." (HR. Tirmidzi)

Namun, bukan sembarang orang bisa masuk ke surga ini. Ada 7 kriteria khusus yang telah Allah Subhanahu wata'ala terangkan dalam QS. Al-Mu'minun ayat 1-11. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

1. Orang yang Beriman, ialah mereka yang percaya kepada Allah dan kelima rukun iman lainnya. Mengimaninya dalam hati, lisan dan perbuatan.

2. Orang yang Khusyu' dalam Sholatnya. Orang seperti ini tidak akan terburu-buru dalam sholat. Perhatiannya hanya terpusat kepada Allah.

3. Orang yang Menjauhkan Diri dari Hal-Hal yang Tidak Berguna

4. Orang yang Menunaikan Zakat

5. Orang yang Menjaga Kemaluannya (zina dan sebagainya)

6. Orang yang Memelihara Amanah dan Janji

7. Orang yang Memelihara Sholat, ia tidak menunda-nunda atau lalai dalam sholatnya. Senantiasa menjaga perkara sholat yang wajib maupun sunnah.

Sahabat, orang-orang inilah yang nantinya akan menempati surga Firdaus. Yakni surga yang di atasnya adalah Arsy' Allah Sang Maha Pencipta. MasyaAllah, begitu beruntung orang-orang ini. Inginkah kita masuk surga firdaus? Jangan hanya berangan-angan namun pantaskan diri kita untuk menjadi salah satu penghuni surga firdaus. Allah telah menjelaskan kriterianya dalam QS. Al-Mu'minun ayat 1-11, mari berlomba-lomba memenuhi kriteria tersebut.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "Kriteria Penghuni Surga Firdaus"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak