Saling Menyayangi dan Peduli Ketika Terjadi Musibah

Saling Menyayangi dan Peduli Ketika Terjadi Musibah 

Nasihat dari pada ulama ketika terjadi gempa adalah agar kita saling menyayangi, saling membantu dan peduli ketika terjadi gempa. 

Saling membantu dengan berbagi makanan, berbagi tempat tinggal bagi mereka yang benar-benar membutuhkan, apalagi di saat-saat darurat (bukannya saling merampas dan mengambil hak orang lain). 

Dengan saling menyayangi terhadap makhluk di bumi, maka Allah akan sayang kepada kita dan semoga Allah akan segera mengangkat musibah dan bencana serta menggantikannya dengan ketenangan, kedamaian dan kemakmuran.  

Bahkan kita diperintahkan untuk memperbanyak sedekah membantu orang lain ketika terjadi musibah.

Perhatikan nasihat dari Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, beliau berkata:

“Kewajiban ketika terjadi GEMPA BUMI dan lainnya semisal gerhana, angin kuat, banjir, yaitu menyegerakan taubat, merendahkan diri kepada-Nya, meminta afiyah/keselamatan, memperbanyak dzikir dan ISTIHGFAR … DISUNNAHKAN menyanyangi orang fakir dan miskin dan bersedekah kepada mereka… Diriwayatkan bahwa khalifah umar bin Abdul Aziz KETIKA TERJADI GEMPA beliau menulis surat kepada bawahannya agar MEMPERBANYAK SEDEKAH” (Majmu’ Fatawa 150/152-9).

Beliau membawakan dalil agar saling menyayangi yaitu hadits Nabi shallallahu a'laihi wasallam,

“Orang yang menebar kasih sayang akan disayang oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah yang di muka bumi, kalian pasti akan disayangi oleh Allah yang berada di atas langit”(HR.Tirmidzi)

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

“Orang yang tidak memiliki kasih sayang, pasti tidak akan disayang” (Adabul Mufrad no.5538)

Semoga musibah dan bencana yang menimpa saudara kita segera diangkat oleh Allah dan segera digantikan oleh ketenangan dan kemakmuran.

0 Response to "Saling Menyayangi dan Peduli Ketika Terjadi Musibah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak