Manfaat Luar Biasa Buah Duku

Buah duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan berbagai variasinya.

Buah-buahan ini sangat melimpah di bulan Januari dan jumlahya akan mulai sedikit di bulan Februari. Buah duku atau Lansium parasiticum adalah jenis buah yang masih satu keluarga dengan buah langsat.

Perbedaannya, buah duku memiliki daging yang lebih tebal, rasa yang lebih manis, dan lebih tahan lama.

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Kandungan Buah Duku

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah duku, antara lain sebagai berikut.

  1. Air: 8,0 gr
  2. Energi: 63 Kal
  3. Protein: 1,0 gr
  4. Lemak: 0,2 gr
  5. Karbohidrat: 16,1 g
  6. Serat: 4,3 gr
  7. Kalsium: 18 mg
  8. Fosfor: 9 mg
  9. Besi: 0,9 mg
  10. Natrium: 2 mg
  11. Kalium: 149,0 mg
  12. Tembaga: 0,09 mg
  13. Seng: 0,2 mg
  14. Thiamin: 0,05 mg
  15. Riboflavin: 0,15 mg 
  16. Niacin: 1,5 mg 
  17. Vitamin C: 9 mg

Buah duku memiliki rasa yang segar dan memiliki banyak Manfaatnya untuk Kesehatan. Buah duku menjadi salah satu buah favorit yang banyak direkomendasikan untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil serta vitamin sebagai bentuk asupan bagi tubuh serta janinnya.

Kebutuhan untuk ibu hamil yang terpenuhi memberi dampak baik pula bagi kesehatan bayi yang tengah dikandung.

Berikut untuk ibu hamil.

1. Cegah Kanker

Dengan adanya antioksidan pada buah duku, di percaya sangat ampuh dalam mencegah penyakit kanker, karena zat antioksidan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan menghancurkannya serta membuang limbah melalui saluran pembuangan.

Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang berfungsi menghindarkan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh.

Antioksidan juga berperan mencegah tubuh dari kerusakan akibat polusi dan zat beracun penyebab kanker.

2. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengonsumsi buah duku setiap hari dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah tinggi yang dapat memicu terjadinya stroke.

Lantaran, buah ini mengandung kalium dalam jumlah yang baik. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Jadi manfaat buah duku juga menawarkan perlindungan terhadap tekanan darah tinggi dan stroke. Bahkan, buah duku membawa sejumlah kecil mineral seperti kalsium (19 mg), fosfor (31 mg) dan besi (0,9 mg).

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dibutuhkan setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C pada buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh dan berkhasiat juga untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

4. Membantu perkembangan organ tubuh janin

Vitamin A yang dikandung dalam buah duku dapat membantu perkembangan organ tubuh janin seperti, jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang janin.

Selain itu, setelah melahirkan vitamin A ini dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh dan menurunkan risiko terjadinya infeksi, menguatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan mata.

Tapi perlu diingat, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A terlalu banyak juga memiliki dampak negatif. Pada ibu hamil, kadar vitamin A yang berlebih dapat berisiko bayi lahir cacat.

5. Menjaga kesehatan gigi

Buah duku memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi. Karena itulah, buah ini dapat membantu memperkuat dan memutihkan gigi, serta mengurangi risiko sakit gigi saat hamil.

Tapi ingat, selain mengonsumsi buah duku, Bunda perlu memastikan agar menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi dan mengurangi makanan manis.

6. Mengontrol diabetes

Bagi penderita diabetes, urusan memilih makanan memang perlu ekstra hati-hati. Namun, untu buah duku ini sendiri ternyata masih bisa dikonsumsi lantaran megandung adanya polifenol (antioksidan) dan serat makanan yang tinggi.

Fungsinya bisa membantu dalam peningkatan kadar glukosa dalam tubuh dengan memperlambat laju proses penyerapan gula.

7. Mencegah sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik. 

Nah, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

8. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf. Hal ini karena buah duku mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

Demikian Manfaat Buah Duku untuk kesehatan Ibu hamil. semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Luar Biasa Buah Duku"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak