Nikmat Allah Subhanallahu Wa Ta'alla Itu Tidak Terbatas.

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dari-Nya, dan meminta ampunan-Nya. Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan-keburukan jiwa kita, dan kejelekan-kejelekan perbuatan kita. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas diri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan orang orang yang setia meniti jalan petunjuknya hingga hari kiamat.

Allah Subhanahu wa ta'ala adalah sang Kholik pencipta, Allah Subhanahu wa ta'ala berhak terhadap apapun yang di kehendaki-Nya baik itu melapangkan Rizeki maupun menyempitkan nya kepada setiap makhluk ciptaan-Nya baik manusia, tumbuhan, binatang dan sebagainya. 

Sebagaimana Firman Allah Dalam Al Qur’an Surat Al ‘Ankabuut ayat 60 – 63 :

Mengenai banyak dan sedikitnya lebih jelas dalam ayat yang ke 62

اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ 

Artinya: Allah melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia pula yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

Kerja keras membanting tulang mengejar kelimpahan harta, tapi tak kunjung memperoleh kekayaan? Kalau sudah begini siapakah yang salah. Anda-kah? Pekerjaan Anda-kah? Atau mungkin pemberi Rizki.

Banyak orang yang sangat sibuk dengan pekerjaanya namun hasilnya tak sebanding dengan uang yang mereka dapatkan. 

Dan banyak juga diantara orang-orang yang sibuk dengan mengejar harta, bekerja lembur banting tulang, dan mungkin lebih keras lagi,Akan tetapi uang mereka raihnya segitu gitu saja. Dan tidak mengalami perubahan secara besar-besaran.

Selama ini Orang hanya dengan mengandalkan kekuatan fisiknya saja dalam berusaha. Dan juga mereka lebih percaya dengan kemampuan dirinya, yakin kalau mempunya skill, mempunya semangat yang luar biasa tinggi, mempunya jaringan yang luas, akan cepat kaya dan bahagia. Tidak demikian juga. 

Tidak sedikit orang yang mempunyai kemampuan yang sangat memadai, punya skill, punya jaringan luas, dan juga pekerja keras, tapi tak juga memperoleh kekakayaan yang banyak. Hidupnya tetap saja terhimpit denan rasa kekurangan dan kemiskinan.

Lalu dimana yang sebenarnya letak Rizeki  yang dinyatakan tidak terbatas dalam alquran?

Allah Subhanahu wa ta'ala memberi Rizeki kepada orang yang dikehendaki Nya tanpa ada Batasan sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Baqarah : 212 :

زُيِّنَ لِلَّذِينَ كَفَرُوا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَيَسْخَرُونَ مِنَ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ اتَّقَوْا فَوْقَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ 

Artinya: Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

Sangat lah jelas sekali di dalam Firman Allah Subhanahu wa ta'ala dari penjelasan diatas bahwasanya nikmat Allah Subhanahu wa ta'ala itu tidak terbatas. 

Dan seandainya di hitung pun tidak akan cukup besaran angka yang ada di dunia ini. Sebagaimana Firman Allah dalam Surat An Nahl : 18

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ 

Artinya: Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Manusia diciptakan sebagai makhluk hanya bisa berencana, berusaha dengan semaksimal mungkin, dan Allah Subhanahu wa ta'ala lah yang berhak untuk mengatur segalanya, 

Sematang apapun anda merencanakan dalam mencari Rizeki, jika Allah tidak menghendaki maka hal itu tidak akan terwujud. 

Sekeras apapun anda dalam usahanya, jika Allah tidak menghendaki maka hal itu tidak akan terjadi. 

Jika segala usaha telah dilakukan ibadah dan do'a pun telah di tunaikan maka yang selanjutnya kita lakukan adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah  Subhanahu wa ta'ala.

Jika Allah menghendaki maka terjadilah. Hal inilah yang seharus nya kita jadikan pegangan dalam hidup. 

Berserah diri kepada Tuhan merupakan suatu nikmat yang tiada tara. Satu hal yang pasti Allah Subhanahu wa ta'ala, akan selalu memberikan yang terbaik kepada Hamba-hambanya.

Terkadang kita sebagai dari manusia tidak pernah menyadarinya dan lupa untuk mensyukuri akan nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanallahu wa ta'alla.  

Datangnya Rejeki atau rizki adalah salah satu rahasia Allah, begitu besar dan tak terbatas Rizki yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kita. 

Dengan kondisi tubuh kita seperti: Mata yang sehat untuk melihat, telinga yang normal untuk mendengar, mulut serta gigi yang kuat untuk mengunyah daging dan sebagainya. 

Masihkah kita beranggapan bahwa Rizki yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kita Dibatasi? Allah akan menambah nikmat bagi yang mau bersyukur.

Demikian sedikit Pengertian Rezeki yang diberikan Allah tidak terbatas,

Terima kasaih atas kunjungannya salam hangat Sabilislow. 

Semoga dapat menambah wawasan kita. Sehingga kita bisa mensyukuri nikmat yang allah berikan yang apabila kita hitung-hitung maka takan bisa menghitungnya.

0 Response to "Nikmat Allah Subhanallahu Wa Ta'alla Itu Tidak Terbatas."

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak