Manfaat Daun Suruhan Bagi Kesehatan Yang Luar biasa

Manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari daun suruhan bagi kesehatan.  Anda pasti sudah sering mendengar beragam daun untuk kesehatan.

Nama daun yang satu ini mungkin saja akan terasa asing bagi anda. Namanya adalah daun suruhan. Mungkin banyak yang belum mengenal tumbuhan ini. Daun suruhan lebih sering dianggap gulma atau tanaman pengganggu.

Penyebutan nama daun suruhan beraneka ragam, tergantung daerah masing-masing. Anda mungkin mengenal nama daun ini sebagai sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer, ataupun gofu doroho.

Suruhan merupakan tanaman liar yang berbentuk bulat telur, melebar dengan ujung lancip dan banyak tumbuh di pinggir saluran air atau pinggir jalan.

Daun suruhan juga dikenal sebagai daun tumpangan air biasanya tumbuh di persawahan atau media tanam yang lembap. 

Daun suruhan (Peperomia pellucida) adalah tananam herbal yang tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia.

Tinggi tanaman ini hanya 10-20 cm dengan batang yang tegak, lunak, dan berwarna hijau muda. Daun suruhan adalah tanaman herbal asli Indonesia yang sering diabaikan.

Suruhan memiliki batang berbentuk bulat, lunak, dan kaya akan air. Usut punya usut, daun suruhan bisa berikan segudang manfaat baik untuk kesehatan. 

Kandungan Daun Suruhan

Daun suruhan memiliki kandungan seperti alkaloid, flavonoids, saponins, terpenoids, steroids, dan glycosides yang berguna bagi kesehatan manusia. 

Daun suruhan juga mengandung beberapa zat berguna lainnya, misalnya phytol, stigmasterol, sitosterol, peperomins, sesamin, dan isoswertisin.

Terutama bagi anda pengidap asam urat wajib tahu.

Berikut ini Manfaat Daun Suruhan

1. Mengatasi Asam Urat Tinggi

Daun suruhan ini juga rupanya bisa kita manfaatkan untuk mengatasi asam urat tinggi.Perlu diketahui bahwa suruhan mengandung alkaloid, tanin, saponin, polifenol, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri.

Dimana Kandungan tersebutlah yang membuat suruhan efektif meredakan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin.

Caranya dengan mengolahnya sebagai air rebusan suruhan.

  • Pertama sediakan suruhan segar 30 gram dan ciplukan 30 gram.
  • Cuci semua bahan sampai bersih lalu rebus dengan air 300 ml.
  • Rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 150 ml. Lalu, dinginkan dan saring.
  • Kita minum air rebusan suruhan tersebut dua kali sehari secara rutin.

Selain itu, untuk mencegah penyakit asam urat kembali atau kambuh sebaiknya kita menjalankan pola hidup sehat agar kadarnya terkontrol.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya nyeri yang tiba-tiba parah, bengkak, kemerahan, dan nyeri di satu atau lebih persendian.

Biasanya sendi yang terkena asam urat akan memicu bengkak, terasa panas dan sangat sakit tidak tertahankan.

Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit kambuhan. Sehingga penderitanya bisa kembali terserang asam urat jika tidak mengindari pemicu penyakitnya.

2. Pencegahan kanker

Anda bisa memanfaatkan daun suruhan sebagai obat alami cegah penyakit kanker. Kanker adalah penyakit paling mematikan di dunia.

Kandungan Pellucida yang ada di dalam daun suruhan berfungsi untuk memperlambat sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Walaupun demikian, Anda harus tetap berada di bawah pengawasan dokter untuk konsumsi obat alami ini dalam menangani kanker.

3. Mengatasi katarak atau infeksi mata

Bagi Anda mengalami kondisi kesehatan mata getah dari daun suruhan memiliki kandungan yang bisa membantu menyembuhkan katarak, infeksi, dan radang pada mata. 

Jika Anda mengalami kondisi kesehatan mata yang lebih serius, Anda wajib menghubungi dokter spesialis mata secara langsung.

4. Sebagai obat jerawat

Daun suruhan dipercaya memiliki khasiat sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit. Daun suruhan memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi seperti untuk mengatasi jerawat dan bisul.

Cara mengolah daun suruhan untuk obat jerawat atau bisul dengan meminum air rebusan daun suruhan satu gelas setiap hari.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya dari daun suruhan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini sudah dikenal sejak lama.

Masyarakat lokal meracik daun suruhan menjadi rebusan dan meminumnya sebagai penguat imun. Hal ini didukung karena kandungan antioksidan yang tinggi pada daun suruhan.

Kandungan antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sangat bagus untuk membunuh bakteri dan kuman di tubuh agar tubuh tidak terserang penyakit.

6. Obat untuk ginjal

Kandungan alami di dalam daun suruhan sangat baik untuk ginjal. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan secara teratur bisa merawat kesehatan ginjal Anda.

Kandungan alami ini memiliki sumber yang cukup untuk obat herbal ginjal. Pastikan Anda selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak.

7. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan daun suruhan dapat menurunkan kadar gula darahnya. Khasiat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita penyakit diabetes.

Daun suruhan mampu menunjukkan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL) di dalam darah. 

8. Mengobati sakit kepala

Daun suruhan dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala alami. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal sakit kepala atau migrain.

Jika Anda secara konstan mengalami sakit kepala atau migrain, maka Anda bisa minum air rebusan dan suruhan secara berkala. Selain itu, daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami.

9. Mengatasi pegal linu

Mungkin Anda kerap merasakan masalah pegal linu akibat berbagai aktivitas yang berat setiap hari. Anda bisa memanfaatkan khasiat daun suruhan untuk mengatasi pegal linu.

Daun suruhan dipercaya sebagai satu di antara obat herbal mengatasi penyakit ini. Mengonsumsi daun suruhan dipercaya dapat mengembalikan stamina dan menaikkan energi Anda.

10. Mencegah penyakit jantung

Daun suruhan dipercaya memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung. Daun suruhan diketahui menjadi satu di antara sumber antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. 

Memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat mengakibatkan Andamenderita tekanan darah tinggi yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit jantung lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

Perlu diketahui, dalam menggunakan daun suruhan sebagai pengobatan penyakit ini masih perlu uji klinis lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai  Manfaat Daun Suruhan Bagi Kesehatan Yang Luar biasa. Semoga bermanfaat, dan bisa menambah pengetahuan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to " Manfaat Daun Suruhan Bagi Kesehatan Yang Luar biasa "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak