Pengertian dan Tujuannya Budget


Setiap orang pasti sudah mengetahui apa itu budget, terlebih ketika ingin melakukan pembelian sebuah barang membutuhkan hal tersebut. 

Budgeting inilah salah satu cara membuat anggaran guna menjalankan bisnis sehingga pengeluaran dapat ditekan untuk kebutuhan yang tidak penting.

Budget itu merupakan persiapan anggaran dana untuk pengeluaran suatu hal. Nantinya pembelian atau biaya pengeluaran harus menyesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan tersebut.

Budgeting merupakan alat perencanaan (Planning) yang menyatakan pendapatan dan biaya untuk periode satu tahun dan berfungsi sebagai alat pengawasan bagi pihak manajemen. 

Melalui Budgeting, manajemen melakukan komunikasi kepada seluruh karyawan dalam satu organisasi atau perusahaan tentang apa yang diharapkan kepada mereka.

Pengertian budget

Budgeting merupakan dana yang telah disiapkan untuk menjadi biaya pengeluaran pada periode kedepan. 

Sehingga banyak perusahaan yang menekan kebutuhan dalam periode selanjutnya agar budget yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

Budgeting bisa dikatakan sebagai planning ketika ingin melakukan pembelian atau perjalanan. Dari situlah pasti membutuhkan biaya yang akan digunakan untuk membeli produk atau ketika perjalanan berarti harus menyiapkan transportasi dan akomodasinya.

Tujuan budgeting

Setelah mengetahui apa itu budget, kita juga perlu memahami tujuan dibuatkannya anggaran tersebut. Pelaku bisnis pasti tidak melupakan budgeting pada setiap langkah terutama ketika mengeluarkan dana. 

Berikut tujuan penyusunan budgeting dalam menjalankan bisnis:

  • Membantu setiap perusahaan untuk memberi batas dari dana yang akan dikeluarkan.
  • Sebagai landasan yuridis formal guna menentukan dari mana sumbernya dana hingga investasinya.
  • Membantu dalam memanajemen dalam mengawasi pergerakan rincian sumber dana serta investasi ke dalam anggaran.
  • Membuat rasional sumber ataupun investasi dana pelaku bisnis.
  • Bisa berguna untuk memperbaiki rencana yang telah dibuat.
  • Memanajemen serta analisis pembuatan keputusan pada aktivitas operasionalnya bisnis.

Manfaat penerapan apa itu budget bagi perusahaan

Budgeting tidak hanya diterapkan pada perusahaan besar saja, namun perusahaan kecil juga membutuhkan budgeting dalam menjalankan operasionalnya. 

Penerapan penggunaan budgeting mempunyai manfaat guna memberikan pengaruh pada profitnya perusahaan.

Setelah semuanya mengetahui tujuannya perusahaan hingga budgeting maka akan mengetahui progresnya. 

Kelebihan akan mulai muncul dan terlihat ketika menerapkan budgeting dalam setiap periodenya.

Kelebihan anggaran menggunakan budgeting

Budgeting ini merupakan langkah awal guna melakukan pekerjaan dalam kurun periode tertentu. Hal itu dijadikan sebagai acuan atau pedomannya terhadap pengeluaran biaya yang dibutuhkan.

Sehingga pihak pembuat anggaran ini mengetahui setiap langkah yang perlu dilakukan kedepannya. Adanya pedoman atau dasar yang telah dibuat dapat membawa dampak positif pada target, biaya pengeluaran hingga profitnya perusahaan.

Realistis yang dimaksud bahwa budget menyesuaikan dengan kondisi sumber keuangannya perusahaan. Pembuat anggaran tidak memberikan kesengajaan dalam melebihkan budget guna mendapat ekspektasi lebih tinggi, padahal jika dilihat laporannya begitu rancu.

Budgeting Harus Fleksibel

Budget yang di anggar harus bisa bisa menyesuaikan kondisinya kala itu. Seperti halnya jika ada kenaikan dalam tagihan listrik ataupun air maka budget harus bisa dilakukan perubahan.

Namun sebelum merubah budget-nya itu, cek dan selidiki dulu setiap biaya yang dikeluarkan. Sehingga periode kedepan tidak terjadi tumpang tindih yang menyebabkan permasalahan.

Apa Itu Budget Bersifat Continued?

Dalam memperhatikan budget tidak hanya saat membuat anggaran guna satu periode saja. Namun hal itu juga harus diperhatikan lebih secara berkala untuk memastikan biaya dipergunakan pada kebutuhannya.


Sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam memanfaatkan biaya dari anggaran yang ditentukan. Bukti dan hal yang terkaitnya harus sesuai dengan perkiraan awal serta laporan akhirnya.

Budgeting Perlu di Komunikasikan

Meskipun dalam budgeting membutuhkan angka, namun juga tidak bisa lepas oleh komunikasi. Komunikasi inilah kunci paling utama untuk bisa mensukseskan anggaran yang dibuat di dalam perusahaan.

Apabila terjadi kendala yang tidak dapat diatasinya sendiri terkait budget, maka perlunya pihak tersebut langsung mengkomunikasikan.

Sehingga jika terjadi fraud serta setiap departemen tidak melakukan kesalahan dalam memanfaatkan anggaran.

Mendorong Partisipasi Semua Pihak

Semua pekerja di perusahaan harus turut berpartisipasi dalam membuat susunan budgeting, sehingga bisa memperoleh saran serta partisipan akan merasa terlibat. 

Hal itu bisa menambah semangat kerja para karyawan karena mempunyai rasa memiliki di dalam dirinya.

Itulah tadi informasi mengenai apa itu budget di dalam operasional perusahaan. Bahwa budgeting mempunyai banyak manfaat dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan profit.

0 Response to "Pengertian dan Tujuannya Budget"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak