Pengertian Website

Website Dan Fungsinya

Website kini sudah sangat populer, pengguna hingga pemilik website semakin meningkat. Bahkan masyarakat sekarang sudah banyak yang menggunakannya.

Contoh sederhananya yakni setiap hari masyarakat banyak yang mengunjungi berbagai situs di internet dengan berbagai tujuan. 

Website rupanya sekarang ini dapat menunjang dalam kehidupan sehari-hari berguna dalam melancarkan kegiatan bisnis, khususnya bisnis yang bergerak di ranah online.

Website pada umum digunakan sebagai sarana memperoleh informasi,wibsite dalam hal bisnis ini bisa dijadikan jalan untuk mendapatkan penghasilan. 

Kini Ada cukup banyak jenis website yang beredar di dunia maya, mulai dari website yang dikhususkan untuk berita, sosial, profil sekolah atau perusahaan, hingga website yang berbentuk toko online dan masih banyak lainya. 

Beberapa website yang sekarang ini populer sudah dikenal masyarakat antara lain Twitter, Google, Bukalapak, Facebook, dan lain sebagainya.

Nyatanya  walaupun kita sehari-hari sudah terbiasa mengakses website, masih juga ada yang belum paham mengenai website dan fungsi dari sebuah website.

Walaupun hampir dari kegiatan harian kita saat ini yang dijalani bersifat online akan yang selalu berkaitan dengan website. 

Untuk itu kita harus mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu website dan juga fungsinya, untuk itu mari kita belajar lagi supaya lebih jelas.

Pengertian Website 

Website adalah suatu halaman yang diisi dengan berbagai informasi baik yang bentuknya tulisan, suara, gambar, juga video. 

Informasi itu masuk dalam suatu pusat server (hosting) atau data di mana ketika itu Anda perlu jaringan internet untuk mengaksesnya.

Bukan hanya server, supaya website bisa menjalankan fungsinya dengan baik dibutuhkan komponen lain, seperti hosting juga domain. 

Umumnya masyarakat mengenal website  yaitu dengan site maupun situs, situs web, dan web. Website sendiri ada beberapa jenis dilihat dari fungsi juga bentuknya.

Jika website dilihat dari bentuknya ada dua macam yaitu website dinamis dan website statis. 

Website dinamis adalah konten atau isi yang ada pada website bisa selalu diperbarui dengan tidak butuh perubahan kode di setiap sistem. 

Misanya, dilihat dari penggunaannya yaitu website yang isinya berita maka akan selalu membutuhkan update data setiap waktu.

Sedangkan Website statis merupakan konten atau isi yang pada websitenya tidak dapat diubah mudah setiap waktu maupun dapat dikatakan kebalikan dari pada website dinamis. 

Maka, jika ingin merubah konten yang ada di website akan butuh tahapan untuk perubahan ulang. Dengan demikian bentuk yang tidak fleksibel umumnya dipakai oleh website pada sebuah perusahaan.

Jenis Website

Berbagai Jenis Website Yang  disajikan menurut fungsinya antara lain :

1. News Portal/Portal Berita

Portal berita atau News Portal adalah website yang memang dibuat  secara khusus untuk menyajikan berbagai konten berita maupun informasi paling update/terbaru. 

Website ini mengharuskan pengelola melakukan update berita setiap waktu, maka website berita masuk kategori website dinamis yang bisa diubah kapan saja.

2. Search Engine/Mesin pencari web

Website jenis ini sudah populer sejak lama di kalangan masyarakat, Jika dilihat pada fungsinya, website ini gunanya ada di mesin pencarian/mesin telusur yang berhubungan dengan berbagai situs yang ada di internet. 

Memakai search engine bisa membantu secara otomatis, menentukan, juga memilah website mana yang Anda butuhkan dengan kata kunci yang Anda ketikkan di mesin pencari.

3. Network and Social media

Sosial media merupakan website  yang hampir tidak bisa lepas dari masyarakat, apalagi semakin hari peminatnya semakin meningkat. 

Hal ini membuat sosial media masuk dalam website dengan jenis networking, maksudnya menggunakan Networking berfungsi untuk menjalin relasi atau pertemanan lewat jejaring internet. 

Website jenis ini begitu banyak peminatnya, sebab bisa membantu Anda terus berinteraksi dengan semua pengguna yang ada pada website tersebut. 

Contohnya seperti, Twitter, Facebook, Instagram, dan banyak media sosial yang lain.

4. Blog

Dengan Adanya Blog maka sekarang ini menulis bisa dijadikan hobi yang dapat menghasilkan uang, contohnya seperti menjadi blogger. 

Blogger sendiri merupakan pilihan tepat dalam menyalurkan hobi. Sebab, sekarang banyak website yang dapat diakses secara gratis untuk membuat blog. contohnya Seperti Blogger.com,  WordPress  dan lainya.

Dengan memanfaatkan Blog tersebut.Sehingga sekarang sudah banyak peminatnya, sehingga dunia blogger semakin besar dan mendunia.

Fungsi Website

Website sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari,sehingga mempunyai fungsi yang cukup signifikan, terutama dalam mendukung kegiatan bisnis. 

Saat ini perkembangan didunia bisnis tidak hanya sebatas offline saja, melaikan sekarang ini hampir seluruhnya masuk keranah online.

Jadi mereka yang berbisnis juga mulaih membutuhkan website untuk memudahkandan dalam mengembangkan bisnis mereka. 

Bisnis online bisa terus berkembang jika didukung dengan website yang memadai dan tepat. 

Berikut ini adalah fungsi dari website untuk bisnis online antara lain :

Menjadi Sumber Informasi untuk Konsumen

Website bisa memberikan berbagai informasi valid yang berkaitan dengan jasa atau produk bisnis online Anda. 

Di sini, konsumen bukan hanya mendapat informasi dari offline saja, namun mereka juga bisa mencari tahu sendiri  secara online.

Selain itu website juga bisa menjadi media tambahan tempat di mana mereka dapat berbagai informasi yang berhubungan dengan layanan dan produk. 

Dengan demikian, pebisnis ini bisa memaksimalkan tampilan katalog produk juga informasi layanan yang di tawarkan di website.

Semakin Kredibilitas / Semakin  Terpercaya

Setelah berhasil membuat website dengan nama domain yang sudah kamu tentukan sendiri, tak berarti tugasmu sudah selesai.

Tak hanya berfungsi sebagai pembentuk brand image, website juga berguna untuk membangun kredibilitas brand-mu di mata audiens hingga pelanggan. 

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun image dan kredibilitas brand milikmu adalah dengan menggunakan email berekstensi nama domain.

Penting dengan domain website sendiri. Fasilitas inilah yang memudahkan Anda memiliki domain sendiri demi kemajuan bisnis Anda, memperoleh kepercayaan lebih besar, dengan demikian konsumen akan semakin yakin untuk memilih dan membeli produk serta layanan dari bisnis Anda.

Memperluas Market atau Segmentasi pasar

Penggunaan website dalam kehidupan sehari-hari Anda bisa menjangkau banyak market dengan lebih besar, contohnya pada satu kota maupun provinsi, saat ini Anda dapat menjangkau pasar seluruh Indonesia, bukan hanya itu saja namun hingga keluar negeri. 

Semuanya tidak akan bisa berhasil tanpa adanya dukungan fasilitas yang bagus juga infrastruktur pengiriman yang sekarang telah berkembang dengan pesatnya.

Menambah Omset penjualan

Menggunakan website untuk menjalankan bisnis, bisa difungsikan untuk menambah omset penjualan. Berbisnis erat kaitannya dengan omset penjualan naik, mereka berusaha membuat omsetnya seimbang atau naik meski kadang sering omset yang diperoleh turun. 

Menggunakan website bisa memperbesar peluang Anda memperoleh omset yang besar dari sebelumnya. 

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas periklanan, yang nanti Anda hanya perlu mengarahkan website Anda ke pengguna juga konsumen yang ingin membeli produk Anda.

Bisa dikunjungi Konsumen Kapan saja dimana saja

Menjalankan bisnis bisa jadi pelanggan anda akan membutuhkan waktu yang tepat bila pelanggan sibuk maka mereka tidak bisa berkunjung di jam yang telah ditentukan.

Jika offline akan ada jam operasional yang telah ditentukan buka dan tutupnya.

Namun dengan menggunakan website mereka tetap bisa melakukan kunjungan kapan saja dan dimanapun mereka berada pada website Anda. 

Selain Anda tidak menghabiskan banyak waktu menjaga tempat, Anda bisa lebih mudah merespon mereka hanya pada satu smartphone atau PC yang sudah terhubung dengan internet.

Pelanggan Semakin dekat

Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan ini menjadi sebuah kewajiban bagi suatu penyedia produk maupun jasa. 

Sebab mereka adalah konsumen yang mana keperluan mereka harus kita penuhi, Anda dapat memasang berbagai fitur live chat. 

Maka semua konsumen bisa secara mudah menghubungi Anda kapan saja dan di mana saja. Jika terjadi masalah Anda bisa segera tahu dari mereka sendiri.

Untuk mendapatkan website pribadi mau pun untuk usaha Anda itu sebenarnya tidaklah sulit dan ribet. Anda tidak harus membangunnya dari awal dan dapat menggunakan platform siap pakai seperti WordPress dan Blogger dan banyak lagi yang lainya yang dapat digunakan. 

Hanya saja, jika Anda ingin membangun website bisnis yang kompleks, sebaiknya gunakan jasa pembuat website dan pemeliharaannya agar website Anda dapat diluncurkan dengan baik serta aman.

Menggunakan website untuk kehidupan sehari-hari ternyata banyak manfaatnya, namun tergantung Anda bagaimana memaksimalkan fungsi website itu sendiri dalam bisnis. 

Mengingat sekarang banyak bisnis ranah online saling berlomba memperkenalkan bisnisnya, jadi Anda jangan mau kalah gunakan website untuk bisnis online Anda. 

Demikian kira kira  website dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih atas kunjungannya

0 Response to "Pengertian Website "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak