Pilih Blogspot atau WordPress

Pilih Blogspot atau WordPress
Kali ini saya akan membahas, mengenai perbedaan antara Blogspot dan WordPress, mungkin masih banyak yang bingung saat akan memulai membuat blog atau website.

Pada saat Anda akan membuat blog atau website, memang  banyak yang perlu adanya rencana yang matang karena ada beberapa hal yang perlu ditentukan kedepanya. 

Misalnya dalam menentukan strategi apa yang nantinya akan digunakan untuk melakukan promosi blog baik itu melalui mesin pencari, media sosial ataupun yang lainya agar blog yang kita bangun nantinya mampu mendapatkan banyak pengunjung dan disukai pengunjung itu harapannya.

Selain dari hal itu, yang tidak kalah penting dalam menentukan platformnya, apa yang nantinya akan kita digunakan. 

Karena banyaknya platform yang membuat anda bingung mau pilih yang mana. Anda bisa menggunakan Blogspot ataupun WordPress. 

Nah disini anda juga harus memilih Apakah Anda mau memilih platform Blogspot atau WordPress?

Jika memang Anda binggung dalam menentukanya, Nah disini saya akan menguraikan tentang perbedaan antara Blosgpot dan WordPress. 

Sehingga Anda nantinya bisa menentukanya sediri dan tidak akan bingung dalam menentukan pilihannya. 

Alangkah baiknya, sebelum kita membahas mengenai perbedaan Blogspot dan WordPress, kita harus mengetahui apa itu Blogspot dan WordPress sebenarnya.

Apa itu Blogspot dan WordPress ? Dibawah ini penjelasanya singkatnya:

Pengertian Blogspot Blogspot merupakan penyedia akun website yang gratis yang memungkinkan Anda untuk bisa memposting, membagi berbagai konten, dan sebagainya. 

Blogspot merupakan platform yang dikembangkan dan dibuat oleh Google. Anda bisa menggunakan akun Google untuk menggunakan Blogspot.

Ketika menggunakan layanan Blogspot, Blogspot terintegrasi dengan PPC (Program Pay Per Click) yang tentunya bisa membayar Anda ketika ada pengunjung yang meng klik iklan yang ada di blog yang Anda miliki. 

Pengertian WordPress Sebenarnya apa WordPress itu? WordPress merupakan sebuah platform yang juga digunakan untuk pembuatan sebuah website. 

Selanjutnya ada satu hal lagi yang perlu Anda pahami, yaitu dua jenis WordPress: WordPress.com dan WordPress.org. 

Mengapa hal ini begitu penting? Sebab keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga website yang dihasilkan juga berbeda.

Secara sederhananya, WordPress.com merupakan versi gratis dan WordPress.org versi “berbayar.” 

Biaya yang Anda keluarkan tersebut bukan untuk membeli software WordPress, melainkan untuk menyewa hosting dan domain.

Anda memang benar-benar tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk WordPress.com, tetapi dengan syarat dan ketentuan dari WordPress. There is no such a thing as free lunch. 

Apa saja konsekuensi menggunakan WordPress.com gratis?

Dari ekstensi domain default (www.websiteanda.wordpress.com), kapasitas disk space terbatas, pilihan tema terbatas, tidak bisa install plugin, tidak bisa membuat toko online, hingga tidak bisa memasang iklan.

Berbeda dengan WordPress.org yang memberikan Anda kebebasan modifikasi lebih banyak dibandingkan WordPress.com. Anda bisa memasang plugin, pilihan tema berlimpah, bisa membuat toko online, dan bisa menghasilkan uang melalui iklan AdSense.

Sudah paham tentunya dari penjelasan singkat diatas antara  wordpress dan blogspot tersebut 

Apa Itu Blogspot ?

Blogspot merupakan salah satu layanan penyedia akun website secara gratis dimana kita bisa posting, sharing, dan lainnya. 

Akun Blogspot juga merupakan akun google karna saat kita login blog tersebut menggunakan akun google.

Blogsspot atau blog singkatan dari web log hal ini merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berisi berbagai macam tulisan yang dimuat sebagai posting atau artikel blog pada sebuah halaman web umum atau template blog.

Dalam penyajian isi postigan blog dihalaman utama dimuat dalam urut yang terbalik yaitu isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama, namun tidak harus selamanya demikian.

Situs web ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata kunci tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine dan lainnya.

Apa Itu WordPress ?

WordPress adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. 

Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

WordPress merupakan suatu sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Secara umum.

Sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.

Apa Perbedaan Blogspot dan WordPress ?

Perbedaan Blogspot dan WordPress. Sebenarnya, kedua platform ini merupakan platform user-friendly.

Bila dilihat dari Segi Penggunaan 

Blogspot

Untuk dapat mengakses Blogspot, Anda cukup mempunyai akun Google saja, kemudian anda buka Blogger.com dan mulaih untuk membuat blog. 

Blogger.com juga akan memberi panduan untuk Anda sehingga dapat dengan mudah memilih tema serta dalam memasukkan nama / judul di blog Anda. 

Bagi Anda yang memang belum mempunyai nama domain, Blogger.com akan memberi beberapa pilihan nama untuk blog Anda untuk dijadikan alamat URL. 

Anda hanya memerlukan waktu yang cukup singkat ketika ingin membuat blog dengan Blogspot.com/ Blogger.com dan selanjutnya Anda dapat membuat konten apa saja dengan menggunakan tool dan opsi yang telah disediakan di dashboard Blogger.

WordPress

Jika Anda ingin menggunakan WordPress, Anda harus menginstall terlebih dahulu serta mengaktifkan WordPress tersebut. 

Akan ada sejumlah fitur dan opsi yang ditawarkan kepada Anda. Beragam fitur yang ditawarkan memberikan keunggulan untuk pengguna WordPress. 

Karena dengan fitur tersebut pengguna dapat melakukan keratifitas yang dimilikinya untuk membuat suatu konten.

Namun, jika ingin menggunakan fitur tersebut Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu agar dapat memahami dari opsi dan fitur yang ada di WordPress agar mampu menggunakanya dengan mengoptimalkan. 

Jadi dengan perbedaan dari segi penggunaan tersebut. Anda dapat membuat website dengan akun Google yang Anda miliki dan membuat konten website menggunakan tool yang sudah disediakan di dashboard dengan waktu yang cukup singkat. 

Sedangkan ketika Anda menggunakan WordPress, jika Anda ingin menggunakan fitur dan opsi yang ditawarkan, Anda membutuhkan waktu yang lumayan lama agar bisa mempelajari dan memahami fitur dan opsi yang ada.

Bila di lihat dari Segi Performa

Performa sebuah website perlu untuk di perhatikan pengguna, berikut ini beberapa performa yang harus diperhatikan dari sebuah website. 

Performa tersebut yaitu diantaranya kecepatan waktu yang akan dibutuhkan oleh suatu halaman blog ketika loading dan juga kecepatan dari back-end situs atau dashboard yang digunakan. 

Berikut ini perbedaan Blogspot dan WordPress jika dilihat dari performanya.

Blogspot

Untuk performa, blogspot sudah tidak diragukan lagi. Sebagai platform hosted yang didukung Google dan terkait dengan waktu loading tidak terjadi masalah. Selain itu, website yang berbasis Blogspot juga menggunakan desain yang cukup simpel sehingga performa tidak menjadi permasalahan.

WordPress

WordPress juga mempunyai waktu loading yang cukup cepat. Namun, karena platform WordPress adalah self-hosted, maka untuk performa dari website atau blog  akan lebih bergantung kepada provider hosting yang Anda pilih.

Agar waktu loading website tidak melambat, Anda tentu harus mampu mengelola dan mengontrol semua konten yang ada di website ini sehingga kecepatan loading tidak menjadi permasalahan. 

Dengan menggunakan WordPress, supaya Anda dapat dengan mudah mengembangkan dan mengelola website ini sehingga mempunyai performa yang tinggi tentu banyak hal yang Anda butuhkan, termasuk fleksibilitas.

Dilihat dari Segi Keamanan

Keamanan sebuah website ini menjadi hal yang sangat penting karena bisa saja website Anda di bobol oleh Hackers. 

dan kemudian merusakn dengan DDos atau biasa dikenal dengan serangan Denial of Service yang bisa membuat Anda tidak dapat mengakses dashboard website yang Anda miliki.

Tentu saja ini menjadi sangat penting ketika aAnda memilih sebuah platform blog, Tentu saja Anda akan memilih platform yang telah mempunyai catatan positif ketika mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan keamanan. 

Berikut ini perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi keamanan.

Blogspot

Dari segi keamanan, Blogspot memiliki sisi keamanan yang unggul karena didukung oleh Google. Jadi, website Anda di support sepenuhnya oleh Google yang tentunya dari segi keamanan sudah tidak diragukan lagi. 

Akan tetapi Anda tidak dapat mengubah pengaturan kemanan karena platform blogspot merupakan plaform tertutup (closed platform).

WordPress

Platform WordPress yang merupakan platform open-source ini yang, membuat para Hackers akan berusaha mengincar untuk dapat mebobolnya. 

Namun, jangan khawatir karena merupakan platform open-source, WorPress ini memberikan kesempatan kepada para user platform tersebut, agar dapat melindungi website yang dimilikinya menggunakan berbagai cara. 

Anda bisa menggunakan provider yang menyediakan keamanan canggih sehingga tidak mudah ditembus oleh para Hacker. 

Selain itu, pengaturan website Anda juga bisa Anda ubah agar bisa meningkatkan keamanan. Anda bisa mengubah keamanan tersebut dengan mengunduh plugin keamanan atau melakukannya secara manual.

Dengan melihat perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi keamanan, dapat disimpulkan bahwa ketika menggunakan Blogspot, Anda tidak bisa mengubah pengaturan keamanan karena platform tersebut merupakan closed platform.

Sedangkan ketika menggunakan platform WordPress Anda bisa mengatur dan mengelola keamanan website Anda karena platform tersebut merupakan opensource sehingga Anda mempunyai kesempatan untuk mengubah keamanannya.

Dilihat dari Segi Fleksibilitas

Tingkat fleksibilitas atau kemudahan kustomisasi yang ditawarkan oleh sebuah platform tentu harus dipertimabangkan karena dapat membantu Anda dalam mengelola dan membuat website. 

Berikut ini perbedaan WordPress dan Blogspot jika dilihat dari tingkat fleksibilitas.

Blogspot

Untuk tingkat fleksibilitas atau kustomisasi, tema yang ada di Blogspot tidak dapat dikustomisasi dengan lebih jauh. Karena pilihan yang ada sedikit, desain blog Anda bisa mirip dengan website milik user lainnya.

WordPress

WordPress mempunyai tingkat kustomisasi tinggi. Platform ini memiliki ribuan plugin serta tema yang gratis maupun tema berbayar. Selain itu, Anda bahkan bisa mengkombinasikan tema yang gratis dan juga berbayar ketika membuat website.

Dengan melihat penjelasan diatas tentunya Anda sudah mengetahui apa itu Blogspot dan WordPress yang sebenarnya? Selain itu, perbedaan Blogspot dan WordPress juga telah Anda ketahui. 

Perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi penggunaan, performa, keamanan, dan tingkat fleksibilitas tentu saja sudah bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih platform tersebut.

Pilihannya tentu saja tetap ada di tangan Anda. Semoga dari pembahasan di atas bisa membantu Anda untuk dapat memilih mana platform yang terbaik yang nantinya Anda gunakan. Terima kasih atas Kunjungannya.

0 Response to "Pilih Blogspot atau WordPress"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak