Keutamaan Sedekah

Keutamaan Sedekah
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas junjungan kita Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari sedekah, baik itu bagi yang penerima maupun si pemberi. Terlebih lagi jika aktivitas berbagi ini dilakukan di bulan suci Ramadhan. 

Sedekah menjadi amal yang mampu membantu dari kekurangan yang dimiliki seseorang. Kekurangan itu bisa menjadi terisi dan menjadi tercukupi. 

Dengan memberikan sedekah, kita bisa meringankan beban yang dimiliki seseorang hingga dapat tersenyum. 

Sedekah tidak hanya berpatok pada harta benda saja, sehingga membuat sebagian dari kita berpikir ulang dalam melakukan amal baik ini. 

Hal-hal non materi pun bisa dikatakan sebagai sedekah. Seperti, menolong orang lain baik dengan tenaga maupun pikiran, memberi nafkah keluarga atau istri, menyingkirkan batu, duri dan lainya dari tengah jalan pun masuk ke dalam sedekah. 

Sampai dengan hal yang paling sederhana seperti murah senyum kepada orang lainpun, adalah sedekah. Seperti yang Rasulullah sampaikan, 

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah”. (HR. At-Tirmidzi). 

Melihat ada banyak cara  untuk berhubungan dengan baik dengan sedekah ini. Rasanya, tidak ada lagi alasan untuk tidak dapat untuk melakukanya. 

Apalagi, jika dilihat dari banyaknya manfaat dan keutamaan sedekah. Bagi yang belum mengetahui.

Berikut ini keutamaan bersedekah menurut Al-Qur'an dan hadits. 

1. Memberi Ketenangan Hati

Sedekah dapat menciptakan ketenangan hati. Ketika bersedekah, pasti akan muncul rasa senang karena telah memberi kepada mereka yang membutuhkan.

Setelah itu, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama.

2. Terhindar dari Marabahaya

Terhindarkan dari marabahaya merupakan salah satu jenis rezeki yang tidak dapat dihitung dengan materi.

Terdapat dua sabda dari Rasulullah Sholallahu 'Alaihi Wassallam, yaitu sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana atau musibah tidak dapat mendahului sedekah.

3. Ganjaran Harta Maupun Pahala Yang Berlipat Ganda

Salah satu hal yang paling istimewa dari bersedekah adalah limpahan pahala yang bisa diraih. Hal ini sesuai dengan janji Allah 

Perihal Keutamaan Bersedekah Itu Sendiri Dalam Al-Quran QS. Al-Hadid: 18:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

Bahkan, dengan sedekah jariyah, seseorang bisa saja terus mendapatkan pahala walaupun telah meningal dunia. Amalan ini yang biasa kita kenal dengan shodaqoh jariyah. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam bersabda,

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan penurunan (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.”

Patut untuk digaris bawahi bahwa denagn sedekah maka tidak akan membuat harta benda mejadi berkurang atau membuat seseorang menadi jatuh miskin. Justru Allah Subhanahu wata'ala akan melipat gandakannya,

Firman Allah;

“Perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada tiap tangkai ada seratu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. ” (QS. Al Baqarah: 261). 

4. Sedekah Dapat Memanjangkan Usia dan Mencegah Kematian Buruk (Su'ul Khotimah)

Salah satu keutamaan dari bersedekah yang satu ini adalah mampu memperpanjang usia. Tapi, yang dimaksud dalam usia ini adalah amalan, dari orang yang bersedekah ini akan terus dikenang melebihi umur hidup di dunia ini. 

Denghan sedekah, seseorang dijauhkan dari kematian yang buruk(su'ul khotimah. Hal ini seperti yang terdapat dalam sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam,

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani). 

5. Sedekah Sebagai Penghapus Dosa, Seperti Air Memandakan Api

Orang yang banyak bersedekah maka ia seperti air yang memadamkan api. Dosa-dosa kita dihapuskan dengan pahala dari amalan sedekah. 

Dengan sedekah, Allah Subanahu wata'ala akan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Oleh sebab itu, jangan pernah ada rasa ragu untuk bersedekah.

Kita juga tidak pernah tahu, berapa besar dosa-dosa yang kita miliki. dengan, sedekah bisa menjadi salah satu amalan yang harus kita lakukan secara terus menerus.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam bersabda, 

“Sedekah itu dapat menghapus dosa air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi). 

6. Terbebaskan dari Siksa Kubur

Ketika sudah berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, terdapat pertanyaan perihal duniawi yang harus kamu pertanggungjawabkan.

Jika banyak melakukan hal yang dilanggar oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan tidak pernah berbuat baik, terdapat siksa kubur untuk membersihkan dosa-dosa di dunia. 

Pada saat ini sedang berlangsung, sedekah yang pernah dan sering kamu lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Seperti apa yang Rasulullah Sholallahu 'Alaihi Wassallam katakan dalam HR Thabrani: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”

7. Sedekah Dapat Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Dengan sedekah  dapat menghapus dosa-dosa kita. Maka, dengan sedekah pulalah kita bisa terhindar dari api neraka. 

Mengingat pahala yang berlipat ganda yang akan didapat serta penghapusan dosa-dosa, maka kita pun bisa menjauhkan diri kita agar tidak masuk ke dalam neraka jahanam. 

Hal ini sebagai mana sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, 

“Jauhkan dirimu dari neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Muttafaqun 'alaih). 

8. Mendapatkan Naungan di Hari Kiamat Karena Sedekah

Dijelaskan oleh Allah dalam ayat-ayat Al-Quran, 

Pada hari kiamat nanti manusia akan dikumpulkan  di Padang Mahsyar. Disebutkanjuga, pada saat itu jarak matahari akan sangat dekat dengan kepala setiap orang sehingga akan terasa sangat panas. 

Untuk melindungi diri dari sinar matahari inilah, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam telah memberitahukan kabar baik kepada umatnya mengenai amalan apa yang dapat menjadikan naungan dari panasnya matahari kelak. 

Nantinya, saat di Padang Mahsyar setiap manusia akan menunggu giliran untuk diadili dari timbangan amal baik dan buruknya. 

Bisa dibayangkan berapa lama manusia akan menunggu dan merasakan panasnya terik matahari yang sangat dekat dengan kepala. 

Maka, kebenaran dari hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam bahwasannya yang menjadikan naungan umat manusia di hari kiamat nanti adalah amalan sedekahnya. 

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun, melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah). 

Dan kebenaran dalam riwayat yang lainnya, bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam bersabda:

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad). 

Itulah keutamaan sedekah yang tentunya akan menyelamatkan kita kelak di akhirat. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapatkan keutamaan ini. 

1 Response to "Keutamaan Sedekah "

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak