Setrategi Blogging

strategi blogging

Keinginan bagi semua blogger didunia  tentu saja menginginka blog yang di buatnya sukses. 

Lantas bagaimana caranya agar blog kita bisa meraih sukses?

Berikut ini ada beberapa tips strategi blogging yang mungkin bisa anda terapkan untuk mengembangkan blog yang sedang anda bangun hingga meraih sukses:

1. Konten 

Strategi yang pertama yaitu memaksimalkan konten blog kita terlebih dahulu. Dalam membuat konten jangan hanya berdasarkan jumlah Pencarian di Keyword saja, kita juga harus memperhatikan dari segi manfaat dan cara penyajianya.

Salah satu konten yang berkualitas tanpa adanya link ke artikel yang terkait tentu membuat blog jadi kurang maksimal. Untuk itu kita juga perlu menerapkan navigasi yang baik, dengan demikian kita bisa mengarahkan pengunjung untuk membaca artikel lain yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca.

Buatlah tulisan yang baik karena dengan tulisan yang baik hanya berasal dari sesuatu yang baik juga. Buatlah tulisan dengan hati-hati dan passion karena hal ini penting tanpa tulisan tidak akan bernyawa.

Buatlah tulisan yang memiliki karakter dan ciri khas yang tidak dimiliki blogger lain, tentu yang berbeda sesuai ciri kah kita sendiri yang akan meberikan feel berbedapula ini lah yang membuat menarik dan dicari orang.

Jadikan aktivitas bogging menjadi menyenangkan. Ingat, yang kita bangun adalah otoritas dan integritas. Kalau menulis menjadi aktivitas menyenangkan, menulis artikel ribuan tidak akan berasa.

Apabila anda men-outsourcing-kan artikel, anda akan merasa sangat kehilangan momentum. Tulislah manual. Cintai blog anda sepenuhnya karena saya percaya pembaca bisa membedakan artikel yang biasa saja dan artikel yang ditulis dengan sepenuh hati.

2. Promosi Blog

Mempromosikan blog bisa kita lakukan dengan cara gratis maupun berbayar.

Promosi gratis yaitu dengan cara : SEO, shere ke Media sosial seperti Fb, twitter, Pinterest, mengikuti forum dan lain sebagainya.

Promosi berbayar yaitu dengan cara : Memanfaatkan flatform google ads, Fb ads, twitter ads, email list, memasang feed/links diblog yang mempunyai nama/terkenal dan mempunyai visitor loyal dan lain sebagainya.

Dalam melakuka promosi harus dilakukan secara terus menerus, semua itu dilakukan secara kombinasi sehingga blog kita akan cepat terkenal di media shosial maupun di search engine.

3. Konsisten

Apapun Usaha kita bila tidak dilakukan dengan konsisten tentu saja sulit untuk berkembang, blong juga sama harus dikerjakan secara konsisten. tanpa kosnsisten dan inovasi jangang harap untuk meraih sukses.

Jangan berhenti menulis walaupun blog kita sepi pengunjung usahan selalu update. Rajin menulis maka akan makin banyak orang yang berkujung ke blog kita karena tulisanya selalu update. 

4. Jadilah Sumber Informasi Lengkap

Bila di blog lain hanya memberi keterangan tanpa gambar maka anda bisa melengkapinya dengan gambar dan seterusnya yang jelas sajikan konten anda dengan informasi yang selengkap mungkin.

5.Jadilah diri sendiri

Hal ini yang akan membuat sesuatu yang berbeda, yah dengan menjadi diri sendiri. Sebenarnya tidak ada salahnya membuat konten  yang sudah banyak dibahas namun bila anda mampu untuk mengemasnya dengan cara sendiri maka blog anda akan berbeda dengan blog yang lain.

6. Belajar dari blog lain yang sukses duluan

Saya rasa didunia ini tidak ada blogger yang sempurna 100 persen, karena itu kita harus belajar dari blogger lain. 

Namun jangan suka mencontek cara-cara blogger lain, tapi cari tahu bagaimana agar blog kita bisa besar seperti mereka dengan menggunakan kemampuan yang ada pada diri kita sendiri. Bisa jadi blog kita lah yang nantinya akan lebih besar dari mereka.

Jika kita menyadari, sebenarnya website-website besar tersebut tidak berbeda dengan blog kita, yang membedakan hanyalah mereka mampu update artikel orisinil dalam jumlah banyak setiap harinya, dan itulah yang membuat website mereka menjadi website besar.

Sebagai solusi yang baik adalah dengan mempekerjakan karyawan penulis jika kita sudah tidak mampu lagi memenuhi permintaan update artikel setiap hari di blog kita yang telah menjadi besar. Dan saya rasa tidak ada website besar yang hanya diupdate oleh satu orang saja.

7. Domain dan hosting

Menurut saya domain TLD dan self-hosting sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah blog baru.

Ini adalah sebuah faktor untuk memberikan kepercayaan pada pembaca maupun pada mesin pencari bahwa blog dibangun dengan profesional dan sungguh-sungguh. 

Dengan begitu akan semakin memberikan rasa percaya kepada pembaca bahwa konten yang dibaca benar-benar bisa dipertanggung jawabkan dan bukan konten yang asal-asalan.

8. Merawat Blog

Merawat blog ini adalah hal penting dengan memperhatikan kesehatannya, misalnya kecepatan akses, kondisi server (jika pake hosting sendiri), dan faktor-faktor aksesibilitas lainnya (desain yang user friendly, mobile-friendly). dan seterusnya, merawat blog juga berarti memperhatikan kenyamanan pengunjung.

Wajar jika seorang pengunjung akan lari jika saat akses blog lemot. Wajar jika seorang pengunjung risih dengan widget-widget blog yang bergelantungan, berantakan dan berterbangan kesana kemari. 

Wajar jika pengunjung yang melihat blog bersih merasa betah dan nyaman. 

Masih banyak lagi poin-poin serupa yang mesti diperhatikan. Hal demikian memang terkesan sepele, tapi memiliki dampak yang luar biasa. 

Maka merawat blog adalah poin penting dan tidak boleh luput dari perhatian anda, kapanpun juga.

Demikian lebih kurangnya pembahasan tentang Strategi Blogging. Semoga kita bisa sukses dalam duni blogger. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan bermsanfaat, terimakasih atas kunjungannya. 

0 Response to "Setrategi Blogging"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak