Keutamaan Menjaga Shalat Malam

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Keutamaan Menjaga Shalat Malam

ูˆَุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุจْู†ِ ุนَู…ْุฑِูˆ ุจْู†ِ ุงู„ْุนَุงุตِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ู„ูŠِ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…: « ูŠَุง ุนَุจْุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ู„َุง ุชَูƒُู†ْ ู…ِุซْู„َ ูُู„َุงู†ٍ، ูƒَุงู†َ ูŠَู‚ُูˆْู…ُ ุงู„ู„َّูŠْู„َ ูَุชَุฑَูƒَ ู‚ِูŠَุงู…َ ุงู„ู„َّูŠْู„ » ู…ُุชَّูَู‚ٌ ุนَู„َูŠْู‡ِ

Dari Abdullah bin Amr Al-Ash radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, “Wahai Abdullah, janganlah seperti fulan dahulu, dia bangun malam (shalat) tetapi kemudian meninggalkan shalat malam.” (HR. Al-Bukhari, no. 1142 dan Muslim, no. 1159).

Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah - faedah berharga, di antaranya;

1. Seorang alim (guru) sepatutnya tahu keadaan para muridnya dan memperhatikan keadaan mereka, utamanya masalah akhirat.

2. Anjuran untuk menyamarkan nama dan tidak menyebut nama mereka yang jatuh dalam kritikan, guna menjaga keadaan dan perasaan. Inilah metode Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ingin melarang sesuatu tidak menyebutkan seseorang tetapi bersabda, “Kenapa suatu kaum melakukan ini itu...”

Baginda Rasul tidak menyebutkan nama seseorang, dan ini terdapat dua hikmah yang utama:

Pertama, rahasia orang yang bersangkutan.

Kedua, kemungkinan orang yang bersangkutan akan berubah dan setelah berubah tidak lagi mendapatkan stigma itu, karena yang mampu membolak-balik hati setiap hamba itu hanya Allah Ta'ala saja, yang bisa merubah keadaan hati para hamba kapanpun dan dimanapun.

3. Motivasi bagi para guru bagi para murid untuk melakukan kebaikan dan memperhatikan ibadah mereka.

4. Dianjurkan untuk merutinkan shalat malam dan amalan kebaikan lainnya yang biasa dilakukan seorang muslim, dan dibencinya meninggalkan hal tersebut tanpa alasan yang jelas, walaupun bukan termasuk amalan yang wajib ‘ain.

5. Dalam hadis ini ada kandungan hukum yang berharga bagi kaum muslimin bahwa shalat malam itu derajatnya tidak sampai wajib sebagaimana shalat 5 waktu.

6. Ibadah yang dianjurkan itu sebaiknya jangan berlebih-lebihan sampai membuat orang kesulitan dan kesusahan, sehingga karena capek atau bahkan bosan, kadang sampai ditinggalkan seluruhnya karena alasan bukan merupakan kewajibannya, dan dengan sebab hal itu menjadi tercela baginya.

Wallahu Ta’ala A’lam.

0 Response to "Keutamaan Menjaga Shalat Malam"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak