Keutamaan Berpegang Dengan

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Keutamaan Berpegang Dengan Sunnah 

Sunnah Rasulullah kedudukannya sangatagung dan mulia, karena dia adalah sumber kedua syariat Islam setelah al-Qur’an.

Bahkan antara al-Qur’an dan sunnah saling membutuhkan dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Rasulullah diberikan al-Qur’an dan as-Sunnah secara bersamaan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmudari ayat-ayat Allah dan Hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha lembut lagi Maha mengetahui". (QS. al-Ahzab: 34)

Allah Subhanahu wata'ala juga berfirman:

"Mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). (QS. al-Jumu’ah: 2)

Imam as-Syafi’i, Yahya bin Katsir, Qatadah dan lainnya menyebutkan bahwa yang dimaksud al-Hikmah dalam ayat diatas adalah as-Sunnah.

Rasulullah n bersabda:

"Ketahuilah bahwa aku diberikan al-Qur’an dan yang semisalnya (as-Sunnah) secara bersamaan". (HR. Abu Dawud: 4604, Tirmidzi: 2800, Ibnu Majah: 12, ad-Darimi: 1/144. Dishahihkan oleh al-Albani dalam al-Misykah no.163).

Imam Ibnul Qoyyim mengatakan: “Hubungan as-Sunnah dengan al-Qur’an dalam tiga bagian:

Pertama: as-Sunnah bertepatan dengan al-Qur’an dalam segala hal.

Kedua: as-Sunnah menjadi penjelas dan tafsir bagi al-Qur’an.

Ketiga: as-Sunnah menetapkan hukum yang tidak ditetapkan oleh al-Qur’an atau yang tidak diharamkan olehnya.

Oleh karena itu wahai hamba Allah, amalkanlah sunnah Nabi Shalallahu A'laihi Wa Sallam, apa yang datang dari beliau maka terima dan ambillah, tidak boleh bagi kita untuk memisah-misahkannya dengan al-Qur’an.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat keras hukumannya"(QS. al-Hasyr: 7)

0 Response to "Keutamaan Berpegang Dengan "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak