Shalat Yang Disyariatkan dikerjakan Dengan Ringan Dan Ringkas, Tidak Berlama-lama

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

SHALAT YANG DIANJURKAN RINGKAS

Shalat adalah ibadah yang agung dalam Islam. Shalat adalah tiang agama, pembeda antara iman dan kufur. Shalat juga adalah amalan yang akan dihisab pertama kali di hari kiamat. Maka asalnya, shalat itu semestinya dikerjakan dengan tenang. 

Bahkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengancam orang yang shalatnya terlalu cepat sehingga tidak tuma’ninah. 

Beliau Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

ุฃุณูˆุฃ ุงู„ู†ุงุณ ุณุฑู‚ุฉ ุงู„ุฐูŠ ูŠุณุฑู‚ ู…ู† ุตู„ุงุชู‡“. ู‚ุงู„ูˆุง: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡! ูˆูƒูŠู ูŠุณุฑู‚ ู…ู† ุตู„ุงุชู‡؟ ู‚ุงู„: ู„ุง ูŠُุชู…ّ ุฑูƒูˆุนู‡ุง ูˆุณุฌูˆุฏู‡ุง

“Pencuri yang paling bejat adalah orang yang mencuri dalam shalatnya”. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dalam shalat itu?”. Beliau menjawab: “Yaitu dengan tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya” (HR. Ibnu Hibban no. 1888, dihasankan Al Albani dalam Ashl Sifat Shalat Nabi, 2/644).

Namun ada beberapa shalat yang disyariatkan dikerjakan dengan ringan dan ringkas, tidak berlama-lama. 

Yaitu beberapa shalat berikut ini:

1. Shalat sunnah thawaf

Dalam hadits Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, ia mengatakan:

ูَุฌَุนَู„َ ุงู„ู…َู‚َุงู…َ ุจูŠْู†َู‡ُ ูˆุจูŠْู†َ ุงู„ุจَูŠْุชِ ูƒุงู†َ ูŠَู‚ْุฑَุฃُ ููŠ ุงู„ุฑَّูƒْุนَุชَูŠْู†ِ {ู‚ُู„ْ ู‡ูˆ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุญَุฏٌ} ูˆَ{ู‚ُู„ْ ูŠุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ูƒَุงูِุฑُูˆู†َ}

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam (setelah thawaf) beliau menjadikan maqam ibrahim ada di antara beliau dan Ka’bah. Kemudian dalam shalat tersebut beliau membaca surat Qulhuwallahu ahad dan Qul yaa ayyuhal kafirun” (HR. Muslim no. 1218).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjelaskan:

ูˆุงุนู„ู… ุฃู† ุงู„ู…ุดุฑูˆุน ููŠ ู‡ุงุชูŠู† ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† : ุงู„ุชุฎููŠู ، ูˆุฃู† ูŠู‚ุฑุฃ ููŠู‡ู…ุง ( ู‚ُู„ْ ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ْูƒَุงูِุฑُูˆู†َ ) ، ูˆ ( ู‚ُู„ْ ู‡ُูˆَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุญَุฏٌ ) ูˆุฃู†ู‡ ู„ูŠุณ ู‚ุจู„ู‡ู…ุง ุฏุนุงุก ، ูˆู„ูŠุณ ุจุนุฏู‡ู…ุง ุฏุนุงุก

“Ketahuilah bahwa yang disyariatkan dalam mengerjakan dua rakaat setelah thawaf adalah denagn takhfif (ringkas). Dan membaca Qul yaa ayyuhal kafirun dan Qulhuwallahu ahad. Dan tidak ada sebelumnya tidak ada doa, demikian juga setelahnya tidak ada doa” (Majmu’ Al Fatawa Ibnu Al Utsaimin, 24/463-464).

2. Shalat sunnah fajar (qobliyah subuh)

Dari Aisyah radhiallahu’anha, ia berkata:

ูƒุงู†َ ุงู„ู†ุจูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฎَูِูŠูَุชَูŠْู†ِ ุจูŠْู†َ ุงู„ู†ِّุฏَุงุกِ ูˆุงู„ุฅِู‚َุงู…َุฉِ ู…ِู† ุตَู„َุงุฉِ ุงู„ุตُّุจْุญِ

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya shalat dua rakaat yang ringan antara adzan dan iqamah shalat subuh” (HR. Bukhari no. 619, Muslim no. 738).

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu’anhuma, beliau berkata:

ุฃู†َّ ุฑَุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ูƒุงู†َ ุฅุฐَุง ุงุนْุชَูƒَูَ ุงู„ู…ُุคَุฐِّู†ُ ู„ِู„ุตُّุจْุญِ، ูˆุจَุฏَุง ุงู„ุตُّุจْุญُ، ุตَู„َّู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฎَูِูŠูَุชَูŠْู†ِ ู‚َุจْู„َ ุฃู†ْ ุชُู‚َุงู…َ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya ketika muadzin sudah terdiam di waktu subuh, dan sudah masuk waktu subuh, maka beliau shalat yang ringan dua rakaat sebelum iqamah” (HR. Bukhari no. 618, Muslim no. 723).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjelaskan:

ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุงู„ุณู†ุฉ ููŠู‡ุง ุงู„ุชุฎููŠู

“Shalat sunnah fajar disunnahkan dikerjakan secara ringan” (Liqa Babil Maftuh, 44).

3. Shalat sunnah tahiyatul masjid di hari Jum’at jika datang ketika khatib sudah khutbah

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, ia berkata:

ุฌَุงุกَ ุณُู„َูŠْูƒٌ ุงู„ْุบَุทَูَุงู†ِูŠُّ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ، ูˆَุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุฎْุทُุจُ ، ูَุฌَู„َุณَ ، ูَู‚َุงู„َ ู„َู‡ُ : ( ูŠَุง ุณُู„َูŠْูƒُ ، ู‚ُู…ْ ูَุงุฑْูƒَุนْ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ، ูˆَุชَุฌَูˆَّุฒْ ูِูŠู‡ِู…َุง)، ุซู… ู‚ุงู„: (ุฅِุฐَุง ุฌَุงุกَ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ، ูˆَุงู„ْุฅِู…َุงู…ُ ูŠَุฎْุทُุจُ ، ูَู„ْูŠَุฑْูƒَุนْ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ، ูˆَู„ْูŠَุชَุฌَูˆَّุฒْ ูِูŠู‡ِู…َุง

“Sulaik Al Ghathafani atang di hari Jum’at ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sudah berkhutbah. Sulaik pun duduk. Maka Nabi bersabda: wahai Sulaik, berdirilah kemudian shalat dua rakaat dan percepatlah shalatnya”. Kemudian setelah itu Nabi bersabda: “Jika kalian mendatangi masjid di hari Jum’at ketika imam sudah berkhutbah, maka shalatlah dua raka’at dan percepatlah shalatnya” (HR. Muslim no. 875).

Selengkapnya: https://muslim.or.id/47645-beberapa-shalat-yang-dianjurkan-dikerjakan-secara-ringkas.html

0 Response to "Shalat Yang Disyariatkan dikerjakan Dengan Ringan Dan Ringkas, Tidak Berlama-lama"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak