Tips Tiktok Marketing di Tahun ini

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Tips Tiktok Marketing di Tahun ini

Apa yang ada dibenak kamu pada saat terlintas social media yang satu ini. 

Yup Tiktok merupakan salah satu social media yang sangat hits. Platform ini banyak sekali memberikan video konten yang menarik. 

Tiktok marketing adalah salah satu media yang sangat baik untuk kamu gunakan saat ini karena social media yang satu ini memiliki cakupan luas yang tak terhingga. 

Tiktok juga memiliki beberapa fitur yang menarik membuat user atau konsumen merasa keep and touch dengan perusahaannya.

Maka dari itu, yuk kenali maksud dari tiktok marketing yang harus kamu ketahui!

Apa Itu Tiktok Marketing

Dilansir oleh hootsuite, Tiktok Marketing adalah sebuah strategi digital marketing yang menggunakan tiktok untuk mempromosikan brand, produk, atau layanan. 

Hal ini pastinya dapat mencakup berbagai strategi lainnya, seperti berkolaborasi dengan influencer, Tiktok Ads, dan pembuatan konten viral yang organik.

Tiktok Marketing dapat membantu bisnis seperti:

  1. Meningkatkan Brand Awareness
  2. Bangun komunitas yang terlibat
  3. Menjual produk dan layanan
  4. Mendapatkan feedback dari pelanggan dan audiens
  5. Menyediakan layanan untuk pelanggan
  6. Mengiklankan produk dan layanan untuk menargetkan audiens

Tiktok juga tidak memerlukan dana yang besar untuk pembuatan konten video, karena konten spontan yang diproduksi biasa - biasa saja memiliki peluang yang sama untuk lolos atau viral. 

Banyak video tiktok yang direkam di kamar tidur, tempat parkir mobil, atau taman.

Bagaimana Para Marketer Menggunakan Tiktok?

Tiktok marketing memberi marketer tools yang dapat melakukan tracking reach dan impressions. 

Hal tersebut pastinya dapat membantu strategi social media marketing yang baik untuk marketer.

Tidak seperti platform media sosial seperti Instagram atau YouTube, akun TikTok dengan nol followers bisa mendapatkan jutaan views pada video baru berkat sifat viral dari algoritma. Selama konten menarik bagi penonton, keterlibatan yang seperti itu akan mengikuti.

Ada Tiga cara utama bagi marketer untuk mulai menggunakan Tiktok Marketing, yakni:

1. Mulai Pilih Channel 

Buat halaman brand dan mulailah bereksperimen dengan jenis konten. Konten dapat dibuat dengan relatif cepat dan tanpa mengeluarkan budget yang besar. Hal yang dapat untuk dilakukan adalah mengikuti tagar (hashtag) yang sedang tren dan terlibat dengan meme terbaru, dan menerapkannya ke perusahaan atau brand kamu. 

Manfaatkan filter, efek, suara, dan alat pengeditan bawaan aplikasi untuk membuat dan berbagi konten otentik. Jangkauan organik di TikTok sangat besar, tetapi keterlibatan (engagement) yang berdampak hanya diperoleh jika konten kamu benar-benar sesuai.

Tiktok Marketing menawarkan banyak peluang bagi marketer untuk menjangkau audiens yang lebih muda di seluruh dunia, dalam lingkungan yang sangat kreatif dan menyenangkan

2. Berkolaborasi dengan Influencer

Cara yang tepat untuk memanfaatkan TikTok adalah dengan memanfaatkan komunitas influencer. Influencer yang tepat dan hits di TikTok telah membangun followers yang terlibat melalui posting konten berkualitas tinggi yang beresonansi. 

Mereka memahami TikTok dan tahu cara menggunakan alat, fitur, dan trennya untuk keuntungan mereka. Brand dan perusahaan dapat mendekati dan berkolaborasi dalam campaign yang menggunakan keterampilan dan pengetahuan influencer ini. 

TikTok memiliki Creator Marketplace sendiri, yang dirancang untuk menghubungkan brand dan pembuat konten.

3. Melalui Hastag  Atau Tagar

Hashtag pada tiktok ini sangat diperlukan. Karena akan berdampak dengan pembuatan konten yang akan kamu lakukan. 

Hal tersebut pastinya kamu harus mengetahui konten dan jenis konten apa yang akan kamu buat.

Kemudian kamu mencari hashtag yang sesuai dengan konten kamu. Karena algoritma dari tiktok ini tidak dapat kamu tebak. 

Namun, para user tiktok akan mengetahui konten apa yang relate dengan hashtag tersebut. 

Hal tersebut memberikan engagement yang baik kepada user karena konten tersebut telah dipahami dengan baik.

10 Tips Tiktok Marketing di Tahun 2022

Tiktok marketing saat ini pastinya menjadi salah satu strategi yang baik untuk kamu gunakan. 

Hal tersebut akan berdampak pada brand kamu. Apabila kamu memanfaatkan tiktok dengan baik, kamu juga akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tiktok marketing, berikut ini adalah tips tiktok marketing di tahun ini :

1. Bangun dan Gunakan Hashtag

Agar mendapatkan FYP (For Your Page) dan konten kamu tersebar secara luas. Kamu dapat membangun hashtag serta menggunakan hashtag yang sedang viral. Hal tersebut dapat membantu kamu dalam melakukan tiktok marketing dimana user atau konsumen kamu dapat mengetahui konten apa yang kamu buat.

Maka dari itu mulailah dengan cara membangun dan menggunakan hashtag yang baik dan benar pada konten yang kamu buat. Untuk menemukan hashtag yang sedang tren, buka tab Temukan, lalu ketuk Tren di bagian atas layar.

2. Gunakan Sound Viral

67% TikToker mengatakan mereka lebih suka video brand yang menampilkan lagu-lagu populer atau sedang tren. Menggunakan sound/audio yang sedang viral akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan konten yang engaging kepada user atau konsumen.

Jadi, bagaimana kamu mengetahui lagu dan suara mana yang sedang tren? Kamu dapat langsung melihatnya pada daftar pencarian lagu ataupun sound tiktok yang sedang tren. Pilih yang sesuai dengan jenis konten yang kamu buat.

3. Buat Caption yang Engaging

Copywriting pada caption yang dibuat di tiktok adalah salah satu tiktok marketing yang dapat kamu lakukan. Buatlah caption yang engaging dan terapkan CTA (Call To Action) kepada user ataupun konsumen agar user atau konsumen ini dapat triggered dan akhirnya dapat melihat konten kamu.

4. Buat Konten Video yang High Quality

Konten yang memiliki visualisasi yang bagus dan pastinya High Quality lebih mudah untuk masuk FYP (For Your Page). Hal tersebut pastinya menjadi salah satu aktivitas tiktok marketing yang harus kamu pertimbangkan. Menggunakan kamera handphone ataupun kamera miroless juga sama saja asalkan video yang kamu buat berkualitas.

5. Manfaatkan TikTok Pro Account

TikTok menawarkan dua jenis akun pro, tergantung pada apakah kamu seorang kreator atau bisnis. Memiliki akun pro itu sendiri tidak akan membantu mendapatkan video kamu di FYP, tetapi beralih ke satu akun pro merupakan bagian penting dari menguasai algoritma TikTok. 

Hal itu dikarenakan akun TikTok kreator atau bisnis akan memberimu akses ke metrik dan wawasan yang dapat membantu memandu strategi TikTok marketing. Memahami siapa audiens kamu, kapan mereka aktif di aplikasi, dan jenis konten apa yang mereka nikmati sangat penting jika kamu ingin membuat konten yang mereka sukai dan terlibat.

Berikut cara mengonversi ke akun TikTok Bisnis:

  1. Dari halaman profil kamu, ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar.
  2. Ketuk Kelola akun.
  3. Pilih Beralih ke Akun Bisnis dan pilih kategori terbaik untuk bisnis.

6. Implementasikan Tiktok Ads 

Untuk mempertajam tiktok marketing pada brand ataupun perusahaan. Kamu bisa menggunakan tiktok ads. Tiktok ads merupakan instrumen penting pada penerapan strategi yang akan kamu buat karena tiktok marketing ini sangat membantu kamu melakukan perkembangan yang cukup pesat.

Kamu bisa menggunakan tiktok ads dengan objektif yang berbeda seperti menambah followers, menambah views, menambah traffic website masuk dan masih banyak lagi. Sesuaikan juga dengan strategi yang telah kamu sedt di awal, agar tidak terjadi boncos ketika menjalankan iklannya.

7. Tanggapi Komentar dan Banyak Memberi Komentar

Untuk mendapatkan engagement yang tinggi, kamu bisa menanggapi komentar dan memberi komentar. Keterkaitan serta interaksi kepada user sangatlah membantu akun tiktok kamu lebih baik lagi. Karena user juga senang berinteraksi dengan komen, like, share, ataupun save.

8. Konsisten dalam Mengupload Konten

Kamu yang sudah menjalankan social media marketing, pastinya akan konsisten dalam membuat konten dan mengunggahnya. Hal tersebut sangat penting untuk tiktok marketing, karena kamu juga akan lebih memiliki kesempatan mendapatkan FYP (For Your Page).

9. Posting di Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu yang baik dapat kamu terapkan pada saat menjalankan tiktok marketing. Yup maka dari itu kamu harus lebih melihat lagi tentang waktu apa yang pas untuk melakukan posting.


Pastinya, bagi kamu yang telah menggunakan akun pro dapat mengetahui konten mana yang disukai user serta waktu yang pas untuk kamu posting. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi perilaku user ataupun konsumen dan dengan adanya data tersebut, tentu akan bermanfaat untuk kelanjutan aktivitas TikTok marketingmu.

10. Hindari Buat Konten yang Duplikat

Usahakan buat konten yang baru karena konten yang duplikat biasanya tidak memiliki engagement yang baik.

Tiktok marketing yang bisa kamu terapkan dengan baik selain konten yang duplikat adalah pastinya jangan kamu gunakan konten orang lain yang pernah diunggah hal tersebut akan mempengaruhi kualitas akun dan engagement.

Kesimpulan

TikTok marketing merupakan strategi digital marketing yang sangat baik untuk brand atau perusahaan kamu lakukan saat ini. Dengan kehadiran tiktok brand maupun perusahaan juga dapat melakukan interaksi lebih dekat dengan para user atau konsumennya.

Salah satu bagian yang terpenting adalah kita selalu melewatkan kesempatan tersebut untuk membangun bisnis yang tepat sasaran melalui platform tersebut. Namun, kamu tidak usah khawatir akan hal tersebut. 

0 Response to "Tips Tiktok Marketing di Tahun ini"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak