AMALAN PENGANGKAT DERAJAT

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

AMALAN PENGANGKAT DERAJAT 

1. Memperbanyak Shalat Sunnah

"Hendaklah engkau memperbanyak sujud (yaitu shalat sunnah) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah, melainkan Allah pun akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu" (HR. Muslim no. 488, hadits dari Tsauban)

2. Berdoa Ketika Memasuki Pasar

"Barangsiapa yang memasuki pasar lalu ia berkata : 

ู„ุง ุฅِู„َู‡ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡ ูˆَุญْุฏู‡ ู„ุง ุดَุฑِูŠูƒ ู„َู‡ُ، ู„َู‡ُ ุงู„ْู…ُู„ْูƒ ูˆَู„َู‡ُ ุงู„ْุญَู…ْุฏ، ูŠُุญْูŠِูŠ ูˆَูŠُู…ِูŠุชُ، ูˆَู‡ُูˆَ ุญَูŠّ ู„ุง ูŠَู…ُูˆุช، ุจِูŠَุฏِู‡ِ ุงู„ْุฎَูŠْุฑُ، ูˆَู‡ُูˆَ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ّ ุดَูŠْุก ู‚َุฏِูŠ

 "Tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) selain Allah semata, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, sedang Dia Maha Hidup dan tidak mati. Ditangan-Nya kebaikan berada, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu", maka Allah menetapkan baginya sejuta kebaikan, serta dihapuskan baginya sejuta keburukan dan ditinggikan baginya sejuta derajat" (HR. Ahmad no. 327, At-Tirmidzi no. 3428, Ibnu Majah no. 2235, ad-Darimi II/293 dan al-Hakim I/538, hadits dari Umar bin Khaththab, Shahiihut Targhiib no. 1694 dan Shahiihul Jaami' no. 6231)

3. Mencintai Nabi Muhammad ๏ทบ

"Kami tak pernah gembira tentang sesuatu melebihi kegembiraan kami terhadap sabda Nabi ๏ทบ : "Engkau Akan Bersama Dengan Siapa Yang Engkau Cintai". Anas berkata : "Aku mencintai Nabi ๏ทบ, Abu Bakar dan Umar. Dan aku pun berharap akan bersama mereka dengan sebab kecintaanku kepada mereka, meskipun aku tidak beramal seperti amalan mereka" (HR. Bukhari no. 3688 dan Muslim no. 2639, hadits dari Anas bin Malik)

4. Dengan Memperbanyak Shalawat

"Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, dan menghapus darinya sepuluh dosa serta mengangkat derajatnya sepuluh derajat" (HR. An-Nasaa’i no. 1297 dan Ahmad no. 11998, hadits dari Anas bin Malik, lihat Shahiihut Targhiib no. 1657)

5. Memberi Makan Orang Miskin

6. Dengan Menebarkan Salam

7. Mendirikan Shalat Malam

"Adapun pada 3 hal yang dapat mengangkat derajat adalah memberi makan, menebarkan salam dan mendirikan shalat malam ketika orang-orang sedang tidur" (HR. Ath-Thabrani, hadits dari Ibnu Umar, Shahiihul Jaami' 3045)

8. Memiliki Akhlak Yang Mulia

"Seorang muslim yang telah berakhlak baik mendapatkan pahala derajat orang2 yang berpuasa, menegakkan shalat dan membaca ayat2 al-Qur'an" (HR. Ahmad & ath-Thabrani, hadits dari Ibnu Amr, Shahiihul Jaami' 1949)

9. Dengan Memperbanyak Thawaf

"Barangsiapa yang berthawaf di Baitullah 7 kali hitungan, maka setiap langkahnya akan ditulis kebaikan, dihapuskan semua kejelekannya, diangkat derajatnya dan dia akan diberi pahala seperti memerdekakan budak" (HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan juga an-Nasaa'i, hadits dari Ibnu Umar, Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no. 6380)


10. Ketika Beruban Di Dalam Islam

"Janganlah menghilangkan ubanmu, karena dia adalah cahaya Islam. Seorang muslim yang tetap semangat dalam Islam sampai dia beruban (tua), maka Allah akan menulis kebaikan baginya, mengangkat derajatnya dan menghapus kejelekannya" (HR. Ahmad dan Abu Dawud, hadits dari Ibnu Amr, lihat Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no. 5760)

0 Response to "AMALAN PENGANGKAT DERAJAT"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak