Toleransi Tidak Boleh Kebablasan

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

SEORANG MUSLIM TIDAK BOLEH MENJUAL PERNIK-PERNIK dan keperluan NATAL ❗

Inilah yang difatwakan oleh para ulama Islam, diantaranya para ulama madzhab Syafi'i. 

Imam Asy Syafi'i sendiri melarang segala bentuk membantu peribadatan non Muslim. 

Dalam kitab Al Umm, beliau berkata:

ูˆุฃูƒุฑู‡ ู„ู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุนู…ู„ ุจู†َّุงุกً، ุฃูˆ ู†ุฌุงุฑุงً، ุฃูˆ ุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ููŠ ูƒู†ุงุฆุณู‡ู… ุงู„ุชูŠ ู„ุตู„ุงุชู‡ู…

“Aku melarang orang Muslim bekerja membangun gereja, atau menjadi tukang kayu bagi gereja atau semisalnya, di gereja-gereja yang mereka gunakan untuk ibadah” (Al Umm, 4/203).

Demikian juga Ibnu Hajar Al Haitami, seorang ulama besar dalam madzhab Syafi'i beliau mengatakan:

ุซُู…َّ ุฑَุฃَูŠْุช ุจَุนْุถَ ุฃَุฆِู…َّุชِู†َุง ุงู„ْู…ُุชَุฃَุฎِّุฑِูŠู†َ ุฐَูƒَุฑَ ู…َุง ูŠُูˆَุงูِู‚ُ ู…َุง ุฐَูƒَุฑْุชُู‡ُ ูَู‚َุงู„َ ูˆَู…ِู†ْ ุฃَู‚ْุจَุญِ ุงู„ْุจِุฏَุนِ ู…ُูˆَุงูَู‚َุฉُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ ุงู„ู†َّุตَุงุฑَู‰ ูِูŠ ุฃَุนْูŠَุงุฏِู‡ِู…ْ ุจِุงู„ุชَّุดَุจُّู‡ِ ุจِุฃَูƒْู„ِู‡ِู…ْ ูˆَุงู„ْู‡َุฏِูŠَّุฉِ ู„َู‡ُู…ْ ูˆَู‚َุจُูˆู„ِ ู‡َุฏِูŠَّุชِู‡ِู…ْ ูِูŠู‡ِ ูˆَุฃَูƒْุซَุฑُ ุงู„ู†َّุงุณِ ุงุนْุชِู†َุงุกً ุจِุฐَู„ِูƒَ ุงู„ْู…ِุตْุฑِูŠُّูˆู†َ ูˆَู‚َุฏْ ู‚َุงู„َ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - «ู…َู†ْ ุชَุดَุจَّู‡َ ุจِู‚َูˆْู…ٍ ูَู‡ُูˆَ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ» ุจَู„ْ ู‚َุงู„َ ุงุจْู†ُ ุงู„ْุญَุงุฌِّ ู„َุง ูŠَุญِู„ُّ ู„ِู…ُุณْู„ِู…ٍ ุฃَู†ْ ูŠَุจِูŠุนَ ู†َุตْุฑَุงู†ِูŠًّุง ุดَูŠْุฆًุง ู…ِู†ْ ู…َุตْู„َุญَุฉِ ุนِูŠุฏِู‡ِ ู„َุง ู„َุญْู…ًุง ูˆَู„َุง ุฃُุฏْู…ًุง ูˆَู„َุง ุซَูˆْุจًุง ูˆَู„َุง ูŠُุนَุงุฑُูˆู†َ ุดَูŠْุฆًุง ูˆَู„َูˆْ ุฏَุงุจَّุฉً ุฅุฐْ ู‡ُูˆَ ู…ُุนَุงูˆَู†َุฉٌ ู„َู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰ ูƒُูْุฑِู‡ِู…ْ ูˆَุนَู„َู‰ ูˆُู„َุงุฉِ ุงู„ْุฃَู…ْุฑِ ู…َู†ْุนُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ ู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒَ

"Kemudian aku lihat ada sebagian ulama kami (Syafi'iyyah) yang muta’akhirin telah menyebutkan keterangan yang sesuai dengan apa yang telah kusebutkan. 

Mereka mengatakan: 

"Diantara bid’ah yang paling buruk adalah perbuatan kaum muslimin yang mengikuti kaum Nasrani di hari-hari raya mereka.

Dengan menyerupai mereka dalam makanan mereka, memberi hadiah kepada mereka, dan menerima hadiah dari mereka di hari raya itu". 

Dan para ulama yang paling banyak memberikan peringatan terhadap hal ini adalah para ulama Mesir. 

Padahal Nabi shallallahu alaihi wasallam telah bersabda: "Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka".

Bahkan Ibnul Hajj mengatakan: 

"Tidak halal bagi seorang muslim menjual kepada seorang Nasrani apapun yang termasuk kebutuhan hari rayanya. Baik daging, lauk-pauk, ataupun pakaian. 

Dan mereka tidak boleh dipinjami apapun (untuk kebutuhan itu), walaupun hanya kendaraan. 

Karena itu adalah tindakan membantu mereka dalam kekufurannya. Dan wajib bagi para penguasa untuk melarang kaum muslimin dari tindakan tersebut'” 

(Fatawa Fiqhiyyah Kubra, 4/239).

Jangan katakan Imam Asy Syafi'i, Ibnu Hajar Al Haitami, Ibnul Hajj dan para ulama lainnya bahwa mereka tidak toleran! Apalagi radikal dan ekstrem!

Islam menjunjung tinggi toleransi terhadap umat beragama dan menjaga kerukunan antar umat beragama. 

Namun tentunya toleransi tidak boleh kebablasan sampai membantu peribadatan agama lain. 

Ini perkara yang bertentangan dengan tauhid dan akidah Islam.

Wallahu a'lam

Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.

Jazakumullahu khoiron.

0 Response to "Toleransi Tidak Boleh Kebablasan "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak