Mengganggap Diri Sendiri Baik

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

AMALANMU TIDAK SEBERAPA 

Imam Ibnu Rajab ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :

ูƒุงู† ุงู„ุณู„ู ูŠุฌุชู‡ุฏูˆู† ููŠ ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆูŠุนุฏูˆู† ุฃู†ูุณู‡ู… ู…ู† ุงู„ู…ู‚ุตุฑูŠู† ุงู„ู…ูุฑุทูŠู† ุงู„ู…ุฐู†ุจูŠู†. ูˆู†ุญู† ู…ุน ุฅุณุงุกุชู†ุง ู†ุนุฏ ุฃู†ูุณู†ุง ู…ู† ุงู„ู…ุญุณู†ูŠู† ! 

"Dahulu para Salaf bersungguh-sungguh dalam melakukan berbagai amalan baik, serta menganggap diri mereka sebagai orang-orang yang kurang dalam beramal, yang lalai, dan banyak dosa. Adapun kita, bersama dengan dosa-dosa kita ini yang banyak, tetapi kita (malah) menganggap diri kita sebagai orang-orang yang baik !"(Majmuu' ar-Rasaa'il Ibnu Rajab 254)

'Ubaid bin 'Umair ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :

ู…ุง ุงู„ู…ุฌุชู‡ุฏُ ุงู„ุงู† ุงู„ุง ูƒุงู„ู„ุงุนِุจ ููŠู…ุง ู…ุถู‰

"Tidaklah seorang bersungguh-sungguh (dalam beribadah) pada sekarang ini (di zaman taabi'in), melainkan seperti orang yang ber-main-main pada masa dahulu (pada zaman sahabat)" (Az-Zuhd hal 500 oleh Imam Ahmad)

Subhaanallah, beliau itu seorang ulama tabi'in yang begitu banyak ibadahnya, dan begitu pula ulama-ulama tabi'in lainnya, tetapi mereka menganggap ibadahnya seperti orang yang bermain-main dibandingkan ibadahnya para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Saudaraku, lalu bagaimana lagi dengan kita pada zaman sekarang yang baru saja berhijrah, bertaubat & berubah, atau pun sedikit mulai belajar sunnah, atau sudah menjadi ustadznya !!!? 

Maka hakikatnya sangat-sangatlah jauh kita dibandingkan mereka. Lalu apa yg mau kita banggakan dari amalan yang sangat sedikit & belum tentu ikhlas dan mengikuti sunnah !!?

Ya Allah, terimalah amal kami meskipun hanya sedikit & banyak kurangnya...๐Ÿ˜ญ

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Mengganggap Diri Sendiri Baik "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak