Bagimu Surga Maka Janganlah Marah

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

JANGAN MARAH, BAGIMU SURGA 

A. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… bersabda :

ู…َู†ْ ูƒَูَّ ุบุถุจَู‡ُ ูƒَูَّ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู†ู‡ُ ุนุฐุงุจَู‡ُ

1. "Barangsiapa yang menahan amarahnya, maka Allah pun akan menahan (mencegah) adzab-Nya kepadanya..." (HR. Ibnu Abi 'Ashim dalam az-Zuhd (10) dan Abu Ya'la no. 4338, hadits Anas bin Malik, ash-Shahiihah 2360)

ูˆَู…َู†َ ูƒَูَّ ุบَุถَุจَู‡ُ ุณَุชَุฑَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَูˆْุฑَุชَู‡ُ، ูˆَู…َู†ْ ูƒَุธَู…َ ุบَูŠْุธَู‡ُ ูˆَู„َูˆْ ุดَุงุกَ ุฃَู†ْ ูŠُู…ْุถِูŠَู‡ُ ุฃَู…ْุถَุงู‡ُ ู…َู„ุฃَ ุงู„ู„ู‡ُ ู‚َู„ْุจَู‡ُ ุฃَู…ْู†ًุง ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ

2. "Dan barangsiapa yang meninggalkan amarahnya, niscaya Allah akan tutup aibnya. Dan barangsiapa yang menahan amarahnya padahal ia mampu melakukannya, niscaya Allah akan memenuhi hatinya dengan rasa aman pada hari Kiamat" (HR. Ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul-Kabiir 12/453 no. 13646, al-Mu’jamul-Ausath 6/139-140 no. 6026 dan al-Mu’jamush-Shaghiir (Ar-Raudlud-Daaniy) 2/106 no. 861, hadits dari Abdullah bin Umar, Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah no. 906)

ู…َู†ْ ูƒَุธَู…َ ุบَูŠْุธًุง ูˆَู‡ُูˆَ ู‚َุงุฏِุฑٌ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ْ ูŠُู†ْูِุฐَู‡ُ ุฏَุนَุงู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ ุนَู„َู‰ ุฑُุกُูˆุณِ ุงู„ْุฎَู„ุงَุฆِู‚ِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ุญَุชَّู‰ ูŠُุฎَูŠِّุฑَู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ْุญُูˆุฑِ ู…َุง ุดَุงุกَ

3. "Dan barangsiapa yang telah menahan kemarahannya, padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla akan memanggilnya pada hari Kiamat di hadapan seluruh makhluk, lalu Allah pun menyuruhnya untuk memilih bidadari mana yang ia kehendaki" (HR. Abu Dawud no. 4777, at-Tirmidzi no. 2021 serta Ibnu Majah no. 4286, hadits dari Mu'adz bin Anas al-Juhani)

B. Dari Abu Darda' ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ dia berkata :

"Seseorang berkata kepada Rasulullah ๏ทบ : "Tunjukkanlah kepadaku amalan yang bisa memasukkanku ke dalam Surga ?" Rasulullah ๏ทบ menjawab : "Janganlah engkau mudah marah dan bagimu Surga" (HR. Ath-Thabrani dalam al-Mu'jamul Ausath no. 2374, lihatlah Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no. 7374)

Ustadz Najmi Umar Bakkar

0 Response to "Bagimu Surga Maka Janganlah Marah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak