Menentukan Target Penjualan Bisnis Online

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Cara Menentukan Target Penjualan Bisnis Online

Tahukah Anda mengapa target penjualan penting untuk bisnis Anda? Target penjualan adalah sesuatu yang harus Anda perhitungkan sejak awal awal bisnis karena akan sangat membantu Anda untuk mewujudkannya. 

Ibarat sedang mengarungi lautan dengan kapal, seorang pelaut memerlukan kompas untuk penunjuk arah. Di sini, Anda berperan sebagai nahkoda yang membawa kapal menuju tujuan, sedangkan target penjualan adalah kompasnya.

Ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan matang-matang dalam menentukan target penjualan. Maka dari itu, target penjualan tidak bisa disusun secara asal-asalan. 

Anda harus punya ilmu dasar untuk menentukan target penjualan bisnis online Anda. Lantas, bagaimana cara menentukan target penjualan untuk bisnis online ? Mari, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Target Penjualan?

Target penjualan adalah tujuan yang ditetapkan sebagai tolok ukur sekaligus untuk meningkatkan kinerja usaha. 

Jika target penjualan adalah sesuatu yang harus Anda capai dalam waktu tertentu dengan satuan metrik tertentu juga. 

Metrik yang biasa ditetapkan sebagai target penjualan meliputi jumlah unit yang terjual, total pendapatan, jumlah penjualan, dan jumlah pelanggan baru.

3 Tujuan dan Menentukan Target Penjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, target penjualan seperti sebuah pelaut. Pebisnis memerlukan target penjualan sebagai acuan dan arah menuju keberhasilan usaha. 

Berikut ini adalah tujuan dan manfaat menentukan target penjualan untuk bisnis online Anda.

1. Sebagai tolok ukur kompetisi pasar

Penjualan yang sesuai dengan target merupakan tolok ukur keberhasilan bagi bisnis online Anda dalam kompetisi pasar. 

Namun, sebuah bisnis online memiliki persaingan yang ketat. Anda harus bekerja ekstra untuk meningkatkan volume penjualan, promosi, dan sebagainya. 

Ketika Anda berhasil memperoleh laba sesuai target penjualan, maka artinya bisnis Anda telah sukses bersaing di pasar.

2. Sebagai motivasi meraih laba

Target penjualan juga bermanfaat sebagai pemicu semangat Anda dalam meraih laba sebanyak-banyaknya. Dalam menentukan target, 

Anda harus mempertimbangkan banyak faktor yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda. Anda juga menerapkan cara menentukan target penjualan secara bertingkat. 

Ketika target satu periode telah terpenuhi, coba untuk meningkatkan targetnya sedikit agar laba yang Anda peroleh pun meningkat setiap tahunnya.

3. Mengevaluasi bisnis

Selanjutnya, target penjualan memiliki peran penting sebagai evaluasi bisnis. Ketika Anda sudah melalui satu periode target, maka lakukan evaluasi secara menyeluruh, termasuk target penjualan yang Anda tetapkan di awal periode. 

Jika target penjualan berhasil dicapai, maka carilah strategi selanjutnya untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Namun, jika target belum tercapai, lakukan evaluasi terkait faktor-faktor penyebabnya, saat mencari strategi penjualan baru agar target dapat tercapai pada periode berikutnya.

5 Cara Menentukan Target Penjualan Bisnis Online

Ada lima cara menentukan target penjualan untuk bisnis online . Metode ini disebut dengan SMART, yaitu Specific, Measureable, Attainable, Realistic, dan Time bounded. 

1. Spesifik

Cara menentukan target penjualan yang pertama adalah harus spesifik. Artinya, target Anda harus punya dasar yang pasti dan tidak mengambang. 

Mengatasi target penjualan yang menggunakan dasar kira-kira atau pembulatan, seperti dua produksi, lima pembuatan, dan sebagainya.

Alih-alih menggunakan perkiraan yang mengambang seperti itu, Anda dapat menetapkan target yang lebih spesifik, seperti 10.000 penjualan produk per tahun, 2000 penjualan produk dalam enam bulan, dan lain-lain. Usahakan untuk menentukan capaian penjualan sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

2. Dapat diukur

Selanjutnya, cara menentukan yang tepat adalah harus dapat menentukan penjualan target ( terukur ). Anda harus bisa mengetahui ukuran dari capaian penjualan yang telah dibuat. 

Misalnya, Anda memiliki bisnis online yang menjual kaos. Maka, Anda bisa tetapkan target penjualan untuk satu periode harus meningkat 200% dari periode sebelumnya. 

Dengan target ini, Anda bisa menghitung kesuksesan tersebut dengan tingkat keberhasilan penjualan sebelumnya. 

Jika sebelumnya tercapai 10.000 penjualan kaos, maka periode berikutnya harus terjual dua kali lipatnya, yaitu 200.000 kaos. 

Dengan cara menentukan target seperti ini, maka dapat mengetahui seberapa tinggi keberhasilan bisnis Anda.

3. Dapat dicapai

Satu hal yang perlu Anda ingat, target penjualan yang baik adalah yang dapat diraih ( dicapai ). Pastikan Anda dan tim yakin atas capaian penjualan yang harus diraih pada akhir periode nanti. 

Jika ingin meningkatkan target pun, sebaiknya Anda mempertimbangkan angka kenaikan yang memang bisa Anda capai.

Misalnya, rata-rata pendapatan yang berhasil Anda raih selama dua tahun terakhir adalah 100 juta per bulan. Maka, Anda bisa meningkatkan targetnya menjadi 150-200 juta untuk periode berikutnya. 

Angka ini termasuk cukup rasional untuk diraih oleh bisnis Anda dengan catatan rata-rata seperti itu. Selalu mempertimbangkan data-data sebelumnya untuk menetapkan dan meningkatkan target penjualan.

4. Realistis

Cara menentukan target penjualan bisnis online selanjutnya adalah harus wajar ( realistik ). mengharapkan hasil penjualan yang fantastis. 

Tetaplah berpijak pada batas kewajaran terlebih dahulu. Anda tidak perlu terburu-buru, hasil yang dikumpulkan dalam waktu lama akan bertahan lebih lama pula.

Capaian penjualan yang realistis atau sesuai dengan kewajaran akan seimbang dengan faktor-faktor lain dalam bisnis Anda. 

Dengan begitu, tidak akan ada salah satu pihak yang kesulitan mencapai target, sedangkan yang lain tidak

5. Waktu dibatasi

Metode SMART yang terakhir adalah time bounded (terbatas oleh waktu). Target yang baik adalah yang punya batasan waktu. Sederhananya, ada batas akhir untuk mengukur keberhasilan atas capaian target yang Anda raih. 

Cara menentukan target penjualan pun tidak dianjurkan tanpa batas waktu. Anda harus menetapkan batas akhir untuk mencapai target dan Anda wajib mematuhinya.

Misalnya, Anda menargetkan Rp10 juta sebagai hasil penjualan selama satu bulan. Ketika sudah lewat satu bulan, target belum tercapai Rp10 juta, maka Anda harus segera menyimpulkan bahwa target Anda gagal tercapai.

Itulah beberapa cara menentukan target penjualan bisnis online yang patut Anda gunakan. Di samping membuat target, Anda pun harus membukanya dengan meningkatkan kualitas produk dan pemasaran Anda. 

0 Response to "Menentukan Target Penjualan Bisnis Online"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak