Facebook Marketing Terbaik

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Tips Facebook Marketing Terbaik. Pertajam Skill Anda 

Facebook, media sosial yang pengguna aktifnya berjumlah 2,7 miliar orang ini adalah salah satu tempat terpopuler untuk membagikan banyak hal. 

Mulai dari sharing pendapat, berbagi foto dan video lucu, hingga menjadi tempat diskusi mengenai banyak hal. 

Satu lagi kegunaan dari Facebook adalah sebagai tempat untuk berjualan dan berbisnis. Facebook menyediakan fitur Business Manager untuk membantu perusahaan mengelola dan mengatur Halaman Facebook dan akun iklan mereka tanpa terikat hanya pada akun pribadi individu. 

Kehadiran fitur ini membawa kemudahan yang besar bagi perusahaan atau bisnis kecil dalam mengelola laman bisnis mereka. Namun, bagaimana cara membuat Facebook bisnis ini dengan mudah? 

Temukan 5 Page milik Brand Kompetitor Anda di Facebook

Usahakan melakukan sesuatu selalu dengan rencana yang matang. Ketahui apa yang pertama kali harus dilakukan, post apa yang paling disukai calon audiens Anda, apa yang paling efektif untuk bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Ingat, jangan langsung membuat banyak post, jangan pula langsung beriklan, gunakan strategi dulu.

Cara terbaik untuk belajar tentang Facebook Marketing adalah dengan melihat dan meniru industri yang sama dengan Facebook Marketing Anda. 

Bukan benar-benar meniru persis seperti milik kompetitor Anda. Tetapi meniru di sini adalah, gunakan yang baik, buang yang tidak perlu, kemudian masukkan ide-ide brilian Anda ke dalamnya. 

Temukan paling sedikit 5 Page milik brand kompetitor Anda dan mulailah belajar dari sana.

Seperti Apa Post yang Banyak Di-like?

Untuk mengetahui bagaimana cara melihat seperti apa post yang banyak disukai kompetitor Anda, Anda bisa melakukannya dengan cara mudah, yaitu:

Masukkan “Page about (Industri Anda) that are liked by my friends” pada kolom pencarian social media. 

Kemudian, secara otomatis, Facebook akan memperlihatkan page dalam topik yang Anda masukkan tadi dan yang paling populer di antara friendlist Anda.

Klik pada “see more” untuk melihat kompetitor Anda. Agar proses belajar Anda efektif, pilihlah yang paling mirip dengan bisnis Anda. 

Abaikan yang followersnya banyak tetapi jarang komentar atau like, abaikan juga yang followersnya hanya sedikit. Kemudian pelajari, seperti apa post yang paling disukai mereka.

Seberapa Seringkah Mereka Menerbitkan Post Baru?

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, lihat seberapa sering kompetitor Anda menerbitkan post baru dalam sehari. 

Sebagai pemula, hindari post terlalu banyak dalam sehari, karena hal ini bisa menimbulkan kebosanan pada calon audiens Anda. 

Bergerak perlahan namun pasti tentu lebih terarah daripada melakukan segala sesuatu tanpa strategi, bukan?

Jam Berapakah Post dengan Jumlah Like Terbanyak?

Untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk menerbitkan post baru, lagi-lagi Anda harus memperhatikan siapa calon audiens Anda. 

Apakah mereka adalah orang-orang yang sering online pada jam kerja (08.00 – 17.00), malam hari saja (18.00 – 21.00), pada hari libur, atau keduanya (di hari kerja dan libur)? 

Ingat, hanya dengan belajar dari kompetitor yang berpengalaman, Anda akan terjun langsung di bidang Industri Anda dengan peluang sukses yang lebih besar. Sound’s great isn’t? Siapa yang mampu menolaknya?

Ketahui Karakter Target Orang-orang yang Akan Menjadi Calon Audiens Anda!

Apakah yang dimaksud dengan karakter target dari calon audiens? Untuk Membahas hal ini lebih dalam, ada baiknya Anda memperhatikan contoh di bawah ini:

Tujuan Facebook Marketing: untuk membuat iklan jasa pembuatan jas pengantin pria. Harga pembuatan jas pengantin berkisar antara Rp. 8 juta – Rp. 20 juta per set dengan lokasi workshop di Jakarta Pusat. 

Dari data tersebut, maka dapat dibidik sebuah deskripsi tentang target audiens di Facebook sebagai berikut:

  • Usia: 20 – 35 tahun
  • Gender: Laki-laki
  • Lokasi: Sekitar Jakarta dan Bandung
  • Interest: Wedding, bridal, wedding photography, wedding magazine, wedding rings
  • Behaviour: pengguna mobile, pemakai smartphone berbasis IOS
  • Connection: teman-teman dari Fanpage Anda

Buatlah Sebuah Page yang Menarik Minat Calon Audiens!

Facebook Marketing adalah toko online Anda, maka perlakukan ia layaknya sebuah toko. Jika toko Anda jelek, tentu saja tidak akan ada orang yang datang ke toko Anda, apalagi membeli barang. 

Untuk membuat sebuah page yang menarik minat calon audiens, Anda perlu mengikuti beberapa langkah efektif di bawah ini:

1. Masuklah ke link:

https://m.facebook.com/pages/creation/?cat_ref_page_id=0&ref_type&_rdr

untuk membuat sebuah page. Pilihlah kategori yang tepat sesuai dengan bisnis Anda. Perlu Anda ketahui bahwa beda kategori, beda fitur yang akan diberikan Facebook. Jika Anda masih belum yakin, Anda boleh mengintip page kompetitor Anda.

2. Beri nama Brand Anda

Kemudian, setelah Anda yakin, masukkan nama Brand Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih Brand adalah:

  • Gunakan nama Brand Anda
  • Jangan gunakan jenis layanan/produk sebagai nama (contoh: developer website)
  • Singkat, padat, jelas, 2-3 kata paling maksimal, jangan lupa untuk memisahkan dengan spasi.

3. Lengkapi Profil sejelas mungkin

Kelengkapan profil meliputi: URL, foto, deskripsi, cover, dan keterangan lainnya. Ikuti tips efektifnya di bawah ini, yaitu:

About: jelaskan tentang deskripsi bisnis Anda secara menarik, singkat, hilangkan kata-kata tidak penting dan terkesan bertele-tele

  • Cover: gunakan gambar menarik dengan resolusi tinggi, jangan ambil sembarang dari internet
  • Profile picture: gunakan logo bisnis Anda dengan resolusi tinggi.
  • Lengkapi semua informasi lainnya di tab info.

Topik Apakah yang Disukai oleh Calon Audiens?

Dilansir dari http://yea-indonesia.com/2013/12/19/5-jenis-konten-ini-akan-menaikkan-jumlah-like-fan-page-anda/, inilah 5 jenis konten yang akan menaikkan jumlah like Fanpage Facebook Anda:

  • Konten yang lucu dan menghibur
  • Konten yang mengandung unsur emosional
  • Konten yang penting dan esensial
  • Konten yang kontroversial
  • Konten yang bisa menjadi referensi.

Nah, sebisa mungkin, topik yang akan Anda buat mengandung setidaknya satu dari lima topik di atas. Atau, Anda ingin kelimanya? Itu lebih baik!

Bagaimana Cara Mempertahankan Agar Calon Audiens Tetap Memilih Page Facebook Anda?

Memang, memiliki sebuah page yang menarik dan disukai oleh calon audiens adalah keinginan setiap pemilik page Facebook. 

Namun jika Anda tidak bisa mempertahankan eksistensinya, semuanya akan menjadi hal yang sia-sia. Lalu bagaimanakah caranya?

  • Jadwalkan update status 1 hari maksimal 2x
  • Gunakan gambar, video, dan link untuk menarik minat calon audiens
  • Gunakan tab custom
  • Hargai komentar dari calon audiens dan jawab komentar mereka secepatnya
  • Sering-seringlah bertanya dan memancing terjadinya interaksi dengan calon audiens Anda
  • Awasi terus kompetitor Anda
  • Call to action, buat status yang memberikan manfaat sehingga calon audiens akan tertarik untuk berkomentar
  • Update status sesimpel mungkin, antara 100-150 kata saja.

3. Optimasi Website untuk Facebook Anda

Seperti yang Anda ketahui, website merupakan salah satu media penting bagi pemasaran produk Anda secara digital. 

Menurut penelitian, para pengguna website membutuhkan waktu hanya 0,2 detik pertama untuk memberikan first impression pada website Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempelajari 3 hal berikut:

Segera Miliki Website Anda Sendiri!

Ketika berbicara tentang Facebook Marketing, tentunya Anda sudah mempunyai facebook sendiri. Lalu bagaimana jika belum punya? Hanya satu solusinya, miliki segera website Anda sendiri sekarang juga.

Optimasi Page Speed Website Anda!

Memiliki website dengan tampilan menarik dan eye catching memang idaman setiap orang, akan tetapi jika loadingnya lama, apa yang akan terjadi? Ya, tepat sekali! Pengunjung lebih memilih untuk pergi dan mencari website lain dengan loading lebih cepat. 

Nah, kecepatan loading suatu halaman website yang akan berpengaruh pada search engine inilah yang disebut dengan page speed website. 

Agar lebih efisien, Anda bisa menggunakan jasa/layanan yang menyediakan service optimasi page speed yang bisa Anda temukan dengan mudah pada halaman pertama search engine.

Install Plugin YOAST SEO pada Website Anda!

Kenapa Anda perlu menginstal plugin YOAST SEO pada website Anda? Berikut beberapa manfaatnya:

  • Memeriksa fokus keyword
  • Membuat halaman redirect menjadi mudah
  • Mengubah permalink
  • Dapat mengedit judul
  • Dapat menyembunyikan beberapa page/posting dari search engine

4. Pelajari Tips Untuk Membuat Post Terbaik di Facebook Anda!

Facebook Marketing telah banyak digunakan sebagai media promosi karena pertimbangan biaya yang lebih murah. 

Selain itu, jenis-jenisnya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan target market yang Anda butuhkan. Ada 3 kunci utama untuk membuat post terbaik di Facebook Anda. Mari kita simak bersama.

Jangan Membuat Terlalu Banyak Post Dalam 1 Hari

Facebook Marketing bukanlah Facebook milik pribadi di mana Anda bisa membuat post tentang perasaan Anda kapanpun Anda inginkan. Terlalu banyak post yang dibuat dalam sehari akan membuat calon audiens Anda kabur. Ini alasannya:

Setiap post harus mengandung manfaat dan berkualitas. Sulit membuat banyak post berkualitas dalam sehari

Post atau status lebih dari 2x sehari mendapatkan sedikit like

Hindari Post Tanpa Media (Gambar, Video, dan Link)

Sebisa mungkin, hindari membuat post tanpa media karena post berupa teks kurang menarik. Tambahkan media dalam post Anda berupa gambar, video, atau link. 

Untuk pengaturan media berupa video, gambar, dan link, akan dibahas pada sub judul selanjutnya. Terus simak ya!

Hindari Upload Video dari Youtube

Ketika memilih video sebagai media untuk ditambahkan dalam teks Anda, perhatikan ini,

“Jangan mengupload video dari Youtube.”

Kenapa demikian? Karena Facebook sengaja menurunkan jangkauan video dari Youtube yang dipost ke Facebook. 

Untuk menghindarinya, Anda hanya perlu mengunggah video langsung ke Facebook untuk memperoleh lebih banyak jangkauan, like, comment, and share.

Untuk Konten Panjang, Terbitkan di Website Kemudian Post Linknya ke Facebook

Jika Anda lebih suka menggunakan link sebagai media untuk page Facebook Anda, kabar baik bagi Anda karena link sangat bermanfaat untuk konten/teks yang terlalu panjang. 

Seperti yang Anda ketahui, Anda tidak bisa menggunakan teks yang terlalu panjang ketika menggunakan Facebook, maka Link website Anda adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

5. Ikut Berpartisipasi di Grup Populer dalam Industri Anda

“To know you, means to love you, tak kenal maka tak sayang.”

Begitulah dunia ini bekerja. Jika Anda ingin dikenal, maka mulailah mengenalkan diri Anda kepada orang lain. 

Salah satu langkah efektif yang perlu Anda lakukan adalah dengan ikut berpartisipasi dalam grup populer di Facebook dengan Industri yang sama dengan yang Anda miliki. 

Nah, untuk mempelajari tips facebook marketing selanjutnya, ikuti langkah mudah tips facebook marketing berikut ini:

Pelajari dengan Kata Kunci Pencarian

Untunglah Facebook memiliki fitur-fitur terbaiknya yang bisa memudahkan Anda dalam mencari grup-grup populer. Caranya mudah, pilihlah salah satu dari 3 kata kunci berikut:

  • Group about (Industri Anda)
  • Group named (Industri Anda)
  • Group joined by people who like (Industri Anda/page/keyword lain)
  • Carilah grup yang banyak followersnya dan bukan grup spam.

Ciri-ciri Grup yang Bagus

Lalu, bagaimanakah cara membedakan grup itu bagus dan bukan grup spam? Ini dia ciri-cirinya:

  • Banyak mendapatkan like, comment, and share dari followersnya
  • Tidak ada post yang tidak berhubungan
  • Followersnya sering berbagi informasi dengan media
  • Sering ada tanya-jawab

Ambil Hati Anggota Grup dengan Berbagi Panduan, Informasi, dan Bacaan Lain yang Berguna Bagi Anggota Grup

Setelah Anda benar-benar telah menemukan grup Facebook yang bagus, ingat, jangan langsung beriklan. Kenapa? 

Karena grup yang bagus biasanya akan langsung mengeluarkan Anda begitu Anda beriklan di sana. Ambilah hati anggota grup dengan berbagi panduan, informasi, dan bacaan laun yang berguna bagi anggota grup. 

Usahakan Anda melakukan hal tersebut dalam 5 hari pertama. Sesudahnya, lampu hijau untuk Anda. Anda boleh mengajak mereka untuk like page Anda.

6. Gunakan Facebook Ads dan Pelajari Tipsnya

Ketika seseorang menjalankan tips Facebook Marketing ini dengan general targeting dan setelah berjalan 1-5 hari tidak ada penjualan, kebanyakan  memutuskan stop beriklan dan langsung mengklaim bahwa Facebook Ads tidak efektif sebagai channel marketing mereka.

Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Sekali lagi, Anda hanya harus memahami tipsnya.

Gunakan Gambar yang Relevan dengan Post Anda

Perhatikan selalu media yang Anda gunakan dalam teks pos Anda. Bila Anda memilih gambar sebagai medianya, pastikan gambar Anda memiliki resolusi tinggi dengan ukuran minimum 470 x 246 pixel untuk menghindari gambar buram dan pecah-pecah.

Pasang Facebook Pixel di Website Anda

Apakah sebenarnya Facebook Pixel itu?

“Facebook Pixel adalah kode Javascript yang diletakkan pada halaman website dengan tujuan untuk merekam data pengunjung yang datang.”

Saat Anda memasang Facebook Pixel di dalam website Anda, secara otomatis pengunjung yang datang (meskipun pengunjung hanya berasal dari trafik organik) akan terekam. Kabar baiknya, Facebook Pixel tidak hanya bisa dipasang di website, tetapi juga di platform toko online seperti Spotify.

Beritahu Calon Audiens, Apa yang Harus Mereka Lakukan (klik, buy, download, dll)

Bagian terpenting dari Facebook Ads adalah call to action. Artinya, Anda yang memutuskan akan mengarahkan calon audiens Anda ke mana. Apakah mereka harus klik, buy, download, atau yang lainnya?, tentukan dengan jelas.

Anda harus benar-benar mengarahkan mereka pada tujuan yang ingin Anda capai.

Jangan membuat calon audiens Anda mereka kebingungan tentang apa yang harus mereka lakukan.

Tips facebook marketing

Important! Beberapa Poin Terakhir yang Harus Diingat

Sebenarnya, 6 tips facebook marketing di atas sudah cukup untuk memulai promosi Anda. Anda bisa memulainya sekarang juga. 

Tetapi, sebelum menutup postingan ini, ada baiknya Anda mengingat beberapa poin penting di bawah ini:

Lakukan Soft Selling di Facebook Anda, Bukan Hard Selling!

Orang-orang yang aktif di Facebook biasanya menggunakan Facebook bukan untuk membeli sesuatu. 

Bayangkan, ketika seseorang sedang online di untuk melihat atau mencari foto-foto teman sekolahnya, kemudian Anda menawarkan produk kepada mereka. 

Mungkinkah mereka akan membelinya? Itulah sebabnya Anda perlu menerapkan soft selling, bukan hard selling.

Mulailah dengan memberikan sesuatu berupa: Ebook, video/webinar, konten panduan, atau kupon diskon. 

Tentunya hal ini tidak akan Anda lakukan dengan cuma-cuma. Dari kegiatan tersebut, Anda bisa mendapatkan nomor kontak, dan alamat email mereka. 

Mungkin hari ini mereka belum siap membeli, tetapi lain hari Anda bisa mengingatkan mereka sehingga mereka siap untuk membeli produk/layanan Anda.

Pelajari Teknik Copywriting Sebelum Memulai

Copywriting adalah cara paling efektif untuk beriklan di media sosial manapun (website, Instagram, Facebook, dan Marketplace lainnya). 

Untuk itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk mempelajari teknik copywriting. Anda bisa memulai dengan melihat beberapa contoh artikel landing page di beberapa website sebagai panduannya. Pelajari bahasanya, dan terapkan pada page Facebook Anda.

Analisa Performa Page Anda Sendiri

Untuk memperoleh banyak like, share, comment, pengunjung, juga pembeli, maka Anda perlu meningkatkan performa page Anda dengan cara:

Klik menu ”insights” pada page Facebook Anda. Kemudian analisa beberapa poin penting:

  1. Hari apa paling banyak followersnya
  2. Jam berapa mereka online
  3. Post mana dari kompetitor Anda yang paling banyak mendapatkan reach dan engagement
  4. Untuk mendapatkan data kompetitor Anda, masuklah ke menu Insights, Posts, Top Post from Pages You Watch.

Bagaimana? Setelah membaca 7 tips facebook marketing jitu di atas, apakah Anda tertarik mengelola Facebook Marketing Anda sendiri? 

Jika “iya” segera praktekkan, karena ilmu tanpa praktek sama saja tidak berguna. Jadi, kapan Anda memulainya?

0 Response to "Facebook Marketing Terbaik"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak