Kaya Yang Sebenarnya

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

KAYA YANG SEBENARNYA

Seberapa banyak apapun harta mu jika engkau pelit dan enggan bersedekah, maka sejatinya engkau tetap orang yang miskin.

Dan seberapa besar posisi mu jika tidak bisa memberi manfaat bagi orang lain, maka sejatinya engkau tetap orang yang kerdil.

Ketahuilah bahwa ukuran kekayaan dan kebesaran seseorang itu tidak di ukur dari apa yang ia miliki, tapi dari apa yang bermanfaat bagi orang lain

Sebab sebanyak apapun harta dan sebesarnya pencapaian, dia tetap menjadi orang yang miskin dan kerdil jika hidup hanya untuk dirinya sendiri.

Karena itulah kita sebagai seorang muslim hendaknya dimanapun berada, kita harus dapat memberi manfaat bagi orang lain, Walaupun itu sekecil apapun.

Sebab sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

‎ุฎَูŠْุฑُ ุงู„ู†ุงุณِ ุฃَู†ْูَุนُู‡ُู…ْ ู„ِู„ู†ุงุณِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289)

Orang yang dapat memberi manfaat ia seperti lautan yang terus mengalir, karena keberadaannya mampu menjadi penolong dan sarana bagi orang lain.

Sedangkan orang yang tidak bisa memberi manfaat ia seperti laut mati, karena keberadaannya hanya untuk dirinya sendiri dan tanpa mau peduli dengan orang lain.

Semoga kita termasuk salah satu dari orang-orang yang senantiasa dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Walaupun hanya sedekah segelas air, sebungkus nasi, mengisi kotak infaq, menunjukan tulisan kebaikan atau hanya sekedar menyingkirkan batu dijalan.

Barakallahu fiikum..

 @habibiequotes

0 Response to "Kaya Yang Sebenarnya "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak