Dua Orang Muslim Yang Saling Bertikai Keduanya Masuk Neraka

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Apabila ada dua orang Islam yang bertengkar dengan pedangnya, maka orang yang membunuh dan orang yang terbunuh sama-sama berada dalam neraka."

ุนู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑุฉ ู†ููŠุน ุจู† ุงู„ุญุงุฑุซ ุงู„ุซู‚ููŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„: «ุฅุฐุง ุงู„ุชَู‚َู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ุงู†ِ ุจุณَูŠْูَูŠْู‡ِู…َุง ูุงู„ู‚ุงุชู„ُ ูˆุงู„ู…ู‚ْุชُูˆู„ُ ููŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ». ู‚ู„ุช: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡، ู‡ุฐุง ุงู„ู‚ุงุชู„ُ ูู…ุง ุจุงู„ُ ุงู„ู…ู‚ุชูˆู„ِ؟ ู‚ุงู„: «ุฅู†ู‡ ูƒุงู† ุญุฑูŠุตًุง ุนู„ู‰ ู‚َุชْู„ِ ุตَุงุญِุจِู‡ِ».

Abu Bakrah Nufai' bin Al-แธคฤriแนก Aแนก-แน aqafiy -raแธiyallฤhu 'anhu- meriwayatkan, bahwasanya Nabi -แนฃallallฤhu 'alaihi wa sallam- bersabda, 

"Apabila ada dua muslim yang bertikai dengan pedangnya, maka orang yang membunuh dan orang yang terbunuh sama-sama berada dalam neraka." Aku bertanya, "Wahai Rasulullah! Pembunuh ini wajar masuk neraka, lantas bagaimana gerangan yang terbunuh?" Beliau menjawab, "Karena ia juga sangat berambisi untuk membunuh sahabatnya."

(Hadis sahih - Muttafaq 'alaih)

Apabila dua orang muslim bertikai dengan menghunus pedangnya dan masing-masing bertujuan ingin melenyapkan nyawa sahabatnya, maka orang yang membunuh masuk neraka karena tindakannya membunuh sahabatnya; dan orang yang terbunuh masuk neraka karena berambisi untuk membunuh sahabatnya. 

Hal itu jika Allah tidak mengampuni keduanya, dan jika pertikaian itu bukan karena kebenaran, sebagaimana dalam firman Allah -Ta'ฤlฤ-: "Jika yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai kembali pada perintah Allah."

Faedah dari hadist diatas

Siksaan diberikan kepada orang yang bertekad dalam hatinya untuk melakukan maksiat, telah menyiapkan diri melakukannya serta memulai sarana-sarananya, baik maksiat tersebut benar terwujud ataupun tidak. 

Ini apabila Allah -'Azza wa Jalla- tidak memaafkannya. Adapun orang yang sempat mengangankan maksiat dengan hatinya saja dan belum memulai sebab-sebabnya maka dia tidak berdosa. 

Peringatan terhadap peperangan di antara kaum muslimin

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Dua Orang Muslim Yang Saling Bertikai Keduanya Masuk Neraka"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak