Tips Membersihkan Kulkas.

Kulkas adalah lemari pendingin yang dibuat dengan menciptakan kondisi pendinginan dan menghilangkan suhu panas. 

Kulkas berfungsi sebagai penyimpanan maupun mendinginkan atau membekukan makanan dan minuman, juga untuk mempertahankan kesegaran sayur, buah, daging, minuman kemasan, hingga sisa makanan.

Kulkas ini dapat mengawetkan makanan karena pertumbuhan bakteri yang melambat pada suhu yang lebih rendah.

Kulkas berfungsi untuk mendinginkan bahan baku yang harus disimpan dalam suhu tertentu. Kulkas yang ada di setiap rumah itu memiliki dua fungsi yaitu di bagian bawah berfungsi untuk chiller dan bagian atas itu berfungsi sebagai freezer

Ketahui penyebab kulkas berbau tak sedap dan  tips membersihkan kulkas. Terhindar dari kuman, bau, dan bakteri yang pastinya buat makanan tetap sehat!

Kebutuhan elektronik rumah tangga seperti kulkas memang jadi produk utama yang wajib ada di dalam rumah, khususnya dapur. Menjaga perabotan rumah dan elektronik juga perlu dilakukan.

Bukan hanya sibuk membersihkan debu yang terlihat di meja, sofa, kasur, dan furnitur lainnya, melainkan kebersihan elektronik rumah tangga pun penting diperhatikan. 

Seperti menjaga kebersihan kulkas sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa penting? 

Kulkas merupakan tempat penyimpanan utama untuk segala jenis makanan, minuman dan bumbu. Untuk itu, dengan menjaga kebersihannya tentunya juga akan menjaga kesehatan makanan dan buat makanan tetap fresh.

Sebelum kita mengtahui bagaimana tips membersihkan kulkas, alangkah baiknya kita juga mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa kita perlu membersihkan kulkas secara teratur dan rutin

Alasan  Membersihkan Kulkas

Kenapa kita perlu membersihkan kulkas secara teratur dan rutin? Pertanyaan ini sering timbul karena banyak dari kita yang tidak tahu bahaya kuman yang ada di dalam kulkas jika di diamkan terlalu lama.

Dapat menjadikan makanan jadi kurang fresh, buah akan lebih cepat busuk, lemari es menjadi berbau tak sedap, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa alasan yang penting untuk kita dalam membersihkan kulkas secara teratur.

1. Membuat kondisi lemari es tetap bersih. 

Dengan kondisi lemari es yang bersih dan terhindar dari tumpahan saos, getah buah, kuah, dan lain sebagainya, pastinya menjaga makanan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman. Jika membersihkan secara berkala, kulkas akan selalu terjaga kebersihannya.

2. Terhindar dari bau tak sedap. 

Membersihkan kulkas secara rutin adalah cara jitu untuk hindarkan kulkas dari bau tak sedap. Terhindar dari aroma yang terlalu menyengat akibat adanya berbagai jenis makanan di dalam kulkas. Mulai dari susu, santan, keju, dan lainnya.

3. Menjaga suhu kulkas tetap stabil. 

Dengan menumpuknya makanan di dalam kulkas, dapat menyebabkan suhu kulkas jadi tak stabil. Untuk itu, saat membersihkan kulkas kita juga perlu untuk mengolah makanan yang ada di dalam kulkas sehingga makanan tidak menumpuk.

4. Mencegah terbuangnya makanan. 

Jika kamu jarang membersihkan kulkas, pastinya banyak makanan yang tersimpan dan sudah expired. Makanan jadi terbuang dan sudah tak bisa lagi dikonsumsi. Dengan membersihkan lemari es secara rutin, kita bisa cek kondisi makanan.

5. Terhindar dari berbagai penyakit. 

Bakteri dan kuman bisa timbul akibat penyimpanan makanan yang terlalu lama di dalam lemari es. Hal ini membuat makanan terkontaminasi dengan zat-zat tak sehat. 

Dengan membersihkan kulkas secara rutin, tentunya bisa mengindarkanmu mengkonsumsi makanan kadaluarsa yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, diare, mual, hingga muntah.

6. Tampilan kulkas lebih rapi. 

Selain terhindar dari berbagai kuman dan buat kondisi makanan tetap sehat, kulkas juga bisa jadi tertata dengan rapi. 

Dengan kondisi lemari es yang rapi pastinya mempermudahmu dalam mencari bahan-bahan makanan dan menentukan menu makanan.

Setelah mengetahui hal apa saja yang membuat kulkas penting untuk dibersihkan, kita juga perlu mengetahui tips apa saja yang bisa dilakukan saat membersihkan kulkas. 

Salah dalam membersihkan kulkas juga bisa berakibat fatal, seperti mesin rusak dan makanan terkontaminasi dengan zat kimia barbahaya.

Tips Membersihkan Kulkas secara Tepat

1. Cabut Aliran Listrik yang Terhubung Pada Kulkas

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mencabut aliran listrik. Dengan mencabut aliran listrik lemari es, kita bisa membersihkan segala sudut lemari es dengan aman dan tidak berisiko ter sengat strum listrik.

2. Keluarkan Semua Isi Dari Dalam Kulkas

Setelah memutuskan aliran listrik pada kulkas, kita perlu keluarkan semua isi makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas. 

Hal ini bertujuan agar semua bagian kulkas dapat dibersihkan dan tidak ada makanan yang terkontaminasi dengan cairan pembersih. Meskipun makanan atau minuman ada di dalam kemasan, tetap perlu kita keluarkan.

3. Lepaskan Rak-rak Pada Kulkas dan Cuci dengan Sabun Cuci Piring & Air Hangat

Setelah semua makanan dan minuman berhasil dikeluarkan, kita perlu lepaskan semua rak-rak di dalam kulkas. Ini menjadikan lebih dalam membersihkan rak sampai ke b agian sela-sela.

Pertama, kita perlu bilas rak dengan air hangat yang mengalir, setelah itu tambahkan sabun cuci piring dan gosok perlahan menggunakan sponge halus.

Gosok permukaan rak sampai ke sela-sela. Jika ada bagian sudut yang sulit dijangkau, kita bisa menggunakan sikat halus atau sikat gigi bekas.

Guna menggunakan air hangat adalah agar kuman dan noda membandel yang menempel di rak dapat hilang. 

Jangan lupa untuk membilas rak sampai tidak ada sisa sabun sedikit pun. Untuk membilasnya, kita bisa gunakan air mengalir dengan suhu normal.

4. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Menunggu rak kering, kita bisa langsung bersihkan bagian dalam kulkas. Kita bisa gunakan sabun cuci piring yang sudah dicampur dengan air. 

Disarankan menggunakan campurkan sabun cuci piring dan air ke dalam botol spray untuk mempermudah. Gunakan sponge atau kain microfiber untuk membersihkan bagian dalam kulkas.

5. Pastikan Tidak Ada Sisa Sabun di Dalam Kulkas

Setelah membersihkan bagian dalam kulkas dengan sabun, pastikan untuk membilasnya hingga tidak ada sisa sabun di dalamnya.

Caranya, kita perlu menggunakan dua lap tambahan atau kain microfiber. Pertama, bilas dengan kain lembab sampai tidak ada sisa sabun. 

Setelah itu, ulang kembali lap bagian dalam kulkas dengan lap kering. Pastikan bagian kulkas sudah tidak licin dan tidak ada sisa sabun sedikit pun.

6. Keringkan Kulkas

Setelah membersihkannya dari sabun, penting untuk membiarkan pintu kulkas terbuka agar kering secara alami. 

Jangan masukkan rak sebelum kulkas dan rak kering. Biarkan pintu kulkas terbuka sampai semua sisi kulkas mengering dengan sendirinya.

7. Pasang Kembali Rak untuk Susun Makanan dan Minuman

Jika seluruh bagian kulkas sudah kering, kita bisa menyusun kembali rak ke dalam kulkas. Pasang rak sesuai dengan tampilan awal agar mempermudahmu dalam penataan makanan dan minuman.

8. Gunakan Food Container

Menggunakan food container / kotak makan sangat disarankan dalam menata makanan di kulkas. 

Membuat makanan tersimpan dengan aman dan lebih higienis. Tidak tercampur dengan bau makanan lainnya dan kandungannya pun tidak terkontaminasi.

Selain itu, kulkas juga terlihat lebih rapi sehingga mempermudah pada saat kita mencari bahan makanan dan menentukan menu masakan.

9. Bersihkan Kemasan dan Makanan, Lalu Masukkan Kembali

Jangan lupa untuk membersihkan kemasan makanan dan minuman sebelum kembali memasukkan ke dalam kulkas. Seperti kemasan botol susu, kecap, saus, minuman segar, dan juga food container.

10. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Setelah selesai merapikan kulkas bagian dalam, jangan lupa untuk membersihkan bagian luar kulkas. 

Mulai dari sisi bagian depan, samping dan atas. Jika memungkinkan, kita juga perlu membersihkan kulkas bagian belakang dan bagian bawah kulkas.

Setelah semua bersih dan tertata rapi, kitabisa memasang kembali aliran listrik kulkas.

Demikian tips membersihkan kulkas dari bau tak sedap dan bakteri kurang baik. Untuk membersihkan kulkas kita perlu siapkan sabun cuci piring, lap halus atau kain microfiber, tisu makan jika dibutuhkan, dan sarung tangan pelindung.

Mari mulai hari ini kita jaga kulkas agar tetap bersih dan terhindar dari segala penyakit sehingga  makanan dan minuman tetap fresh. Semoga bermanfaat bagi kita dan menambah pengetahun kita. terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to " Tips Membersihkan Kulkas."

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak