Meneladani Sifat R.A Kartini

Melalui buku yang diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”,  Kartini menuangkan gagasan yang mengobarkan  semangat kaum perempuan.  

Semangat yang dicontohkan Kartini ini menjadi penting mengingat banyaknya penghalang bagi kaum perempuan untuk merealisaskan potensinya dalam mencapai sesuatu atau menjadi pemimpin dibidangnya,  Meski secara potensi, perempuan tidak kalah dari kaum laki-laki.  

Semangat juang kartini dalam memberdayakan perempuan tidak akan berhenti sampai kapanpun, Sebagai Kartini-Katini penerus perjuangannya,  kita perlu meniru sifat teladannya.  sifat teladan Kartini yang bisa kita lakukan di masa kini diantaranya :

1. Berani

Keberanian kartini meski ditentang masyarakat saat itu dalam meningkatkan drajat perempuan sehingga dapat belajar dan mengejar cita-cita patut kita teladani dan dijadikan sikap dan perilaku. 

Sikap optimis akan kegigihannya tersebut terbukti sampai saat  ini dampak dari cita-cita beliau terlihat dengan terus menggemanya gaung kesetaraan perempuan.  

Sikap tersebut dapat kita teladani dalam kehidupan sehari hari contohnya dengan berani dan tegas dalam menyuarakan pendapat

2. Mandiri

Mandiri bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain, RA Kartini dikenal sebagai perempuan mandiri. Kartini selalu mencari cara agar pemikirannya bisa tersampaikan oleh orang banyak.  

Dalam bersikap sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa lepas dari bantuan orang lain, tapi tak ada salahnya kalau kita melakukan berbagai hal sendiri selama kita mampu.

3. Cerdas dan berwawasan luas

Wawasan luas RA kartini diperoleh dari kegiatan tulis menulis surat dengan kolega diluar negeri, sehingga  beliau mempunyai pandangan bahwa perempuan harus memiliki hak yang sama dengan laki-laki, baik dalam pendidikan, bekerja, dan berpendapat.  

Saat ini apapun yang diimpikan oleh perempuan pasti akan bisa diraih selama  mau berusaha dan bekerja keras. 

Tidak ada lagi halangan untuk menimba ilmu setinggi apapun ataupun bekerja dalam bidang yang dulunya tidak terbayangkan akan dilakukan oleh seorang perempuan

4. Inspiratif

Menginspirasi berarti menularkan pandangan baru kepada orang lain, mampu membuat orang lain melakukan sesuatu. 

RA kartini saat itu melakukan hal dengan sungguh-sungguh dan dengan keikhlasan sehingga membuahkan hasil dimana sampai sekarang sikap dan perjuangannya tetap menginspirasi generasi muda untuk turut semangat dan kreatif demi bangsa dan negara. 

Dengan kita bersikap positif dan berdampak baik terhadap lingkungan sekitar serta membangkitkan motivasi untuk berubah lebih baik bagi orang lain kita sudah meneladani sikap RA kartini.

5. Pemberdayaan Perempuan

Kartini sebagai pejuang emansipasi perempuan yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan pada jamannya tentunya harus kita teladani pada saat ini. 

Dengan memberikan kesempatan dan memberdayakan perempuan lain, untuk  dapat menularkan pengetahuan dan keterampilan mereka pada anak dan orang sekitar sehingga perubahan menuju kehidupan yang lebih baik akan terus mengalir. 

Bagi perempuan masa kini, Hari Kartini bukan lagi soal emansipasi dan kesetaraan perempuan, tapi membuat dunia dan seluruh kehidupan di dalamnya menjadi lebih baik.

Demikian  sifat teladan Kartini yang bisa kita lakukan di masa kini. Semoga bermanfaat dsan dapat menambah pengetahuan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to " Meneladani Sifat R.A Kartini"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak