Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dengan Komputer

Situasi pandemi Covid-19 yang sedang merebak di seluruh dunia membuat sebagian besar perusahaan dan institusi mengambil kebijakan work from home (WFH) bagi para pegawainya. 

Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona penyebab Covid-19. Sekilas, kebijakan tersebut tampak menyenangkan untuk dijalankan. 

Selain lebih nyaman, WFH dinilai dapat “memangkas” jam kerja karena tidak perlu menghadapi padatnya lalu lintas. 

Namun demikian, pandangan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Sebab, ada satu masalah yang mengintai, yakni kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar komputer dan smartphone. 

Contohnya, aktivitas meeting yang biasa dilakukan di ruang rapat kini tergantikan oleh aplikasi video call. 

Kemudian, mereka yang memiliki anak pun kerap mendampingi proses belajar online. Kini, para atasan juga banyak memanfaatkan gadget untuk memantau kinerja karyawannya.

Apakah  kita termasuk orang yang sering berkerja di depan komputer? Kalau ya kita harus selalu untuk berhati-hati dengan radiasi pada monitor komputer. 

Radiasi pada monitor bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mata kering, merah, dan gejala lainnya yang dapat membuat tidak nyaman. 

Di saat kondisi tersebut, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ada beberapa tips sehat pada saat kita bekerja dengan komputer.

1. Atur pencahayaan layar komputer

Langkah preventif pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kelelahan mata adalah mengatur kecerahan layar monitor.

Memilih layar komputer jenis LCD (liquid crystal display) yang  tingkat radiasinya rendah, merupaka solusi yang tepat. 

Jangan lupa, sesuaikan brightness dan contrast monitor, karena brightness (pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram ngga baik buat kesehatan mata.

2. Atur posisi mata dengan monitor

Monitor juga bisa diletakkan pada posisi yang ergonomis, seperti pada posisi 16 hingga 30 inci dari mata, tergantung dari seberapa besarnya layar. 

Idealnya, jarak antara monitor dengan mata adalah 45 cm. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, karena bisa menyebabkan sakit di leher. 

Jadi, sebaiknya kita meletakkan monitor sejajar dengan pandangan mata. Selain itu, penempatan posisi komputer atau laptop juga perlu diatur, agar mata tidak silau karena pantulan cahaya lampu kerja atau jendela.

3. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya meletakkan kertas di meja kerja. Jika Anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor Anda. 

Ini agar Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja Anda, setelah membaca di layar monitor.

4. Gunakan filter monitor

Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. 

Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer Anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekadar meredupkan cahaya monitor.

5. Relaksasi Mata

Kita perlu mengistirahatkan dan mengendurkan otot-otot mata selama bekerja dengan komputer. Caranya, dengan mengalihkan pandangan mata kamu ke ruangan lain, tanaman hijau atau langit. 

Selepas bekerja dan sebelum kita pergi untuk tidur, sempatkan untuk mengompres mata dengan tisu basah atau handuk hangat. 

Jangan abaikan, mata juga perlu dirawat dan dijaga, karena kerusakan mata bisa membuat kerja kita menjadi kurang optimal.

6. Istirahatkan mata Anda

Cara menjaga kesehatan mata ini sederhana, Anda cukup istirahat. Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. 

Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering.

7. Rutin periksa mata

Setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan mata setidaknya dua tahun sekali. Dengan memeriksakan mata secara rutin, masalah atau penyakit mata bisa dideteksi dan dicegah sejak dini. 

Khusus untuk orang yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya satu tahun sekali. Sebab, pada usia tersebut, kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata.

8. Perbanyak konsumsi vitamin A & makanan bergizi lainnya

Mata membutuhkan vitamin A supaya tetap dalam kondisi baik. Vitamin A banyak terdapat pada sayur-sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah-buahan seperti pepaya dan lainya.

0 Response to " Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Dengan Komputer"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak