Rebusan Daun Sirsak

Beberapa khasiat air rebusan Daun Sirsak antara lain adalah dapat mengobati penyakit kanker, menurunkan kadar asam urat, mengobati eksim reumatik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan yang terdapat pada Daun Sirsak

  • Acetogenins
  • Annocatin
  • Annomuricin
  • Annocatalin
  • Anomourine
  • Annohexocin
  • Aclourine
  • Annonacin
  • Anonol
  • Gentisic acid
  • Gigantetronin
  • Linoleid acid
  • Muricapentosin

Senyawa tersebut berfungsi untuk mengobati penyakit maupun meningkatkan imunitas tubuh.

1. Mengobati asam urat.

Rebuslah daun sirsak dengan air kemudian minumlah air rebusan tersebut secara teratur insya alloh bagi anda yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, hal ini sangat membantu.

2. Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker.

Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang seringkali mengintai orang-orang baik orang tua maupun anak muda. 

Tidak membedakan pria dan wanita, penyakit ini juga sama-sama berpotensi dapat terkena penyakit ini. 

Senyawa yang ada pada daun sirsak membuktikan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. 

Hal ini dikarenakan saun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun sirsak juga dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. 

Caranya adalah anda bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu. Hal tersebut cukup untuk membantu tubuh untuk mencegah radikal bebas.

4. Mengobati Penyakit Paru-paru

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat pencegah penyakit paru-paru. 

Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Cara untuk menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit paru adalah ambil 10-15 daun sirsak lalu cuci dan keringkan dibawah sinar matahari. 

Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

5. Mengobati Kista Ovarium

Bagi para kaum wanita, manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang satu ini merupakan manfaat yang sangat luar biasa khasiastnya. 

Penyakit kista ovarium yang sering dijumpai pada wanita ternyata dapat diobati dengan daun sirsak. Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita. Kista juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak sudah dapat merasakan khasiatnya. 

Rebus 10 lembar daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengeluarkan sari patinya. Minum dalam keadaan dingin atau pun hangat.

6. Meningkatkan Kesuburan

Bagi para kaum wanita yang sedang merencanakan kehamilan, manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya berkaitan dengan kesuburan. Daun sirsak berfungsi untuk merangsang kehamilan lebih cepat. 

Daun sirsak ini juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.


7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah sebagai bahan alami untuk melancarkan pencernaan. 

Daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbankan mikroflora pada usus.

8.Obat untuk Nyeri Punggung

Nyeri punggung, merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada kebanyakan yang lelah bekerja dan para lansia yang memiliki masalah pada persendiannya. 

Biasanya, orang akan lebih memilih obat kimia dibandingkan dengan bahan alami seperti daun sirsak. Padahal banyak efek samping yang mengintai apabila terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia.

Air rebusan daun sirsak juga memiliki khasiat sebagai bahan alternatif alami yang bisa mengatasi nyeri punggung. 

Cara penggunaan daun sirsak yaitu, dengan merebus 20 lembar daun sirsak dalam lima gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3/4 cangkir ramuan ini sekali sehari.

9. Pengobatan Eksim dan Rematik

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah membantu pengobatan penyakit eksim dan rematik. Daun sirsak dapat mengatasi dan sebagai obat alami untuk nyeri. 

Resep untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan menumbuk daun sirsak sampai halus dan balurkan pada area tubuh yang nyeri rematik atau area yang terdapat eksim. Oleskan dua kali sehari.

0 Response to " Rebusan Daun Sirsak"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak