Manfaat Ubi Jalar Ungu Untuk Kesehatan Tubuh


Ubi jalar ungu merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, dibeberapa daerah ubi jalar juga digunakan sebagai bahan makanan pokok. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin dan mineral. 

Vitamin yang terkandung diubi jalar yaitu vitamin C dan kaya akan vitamin A (betakaroten), thiamin (vitamin B1) dan riboflavin. 

Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P) dan kalsium (Ca). Kandungan lainnya adalah lemak, serat kasar dan abu. 

Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 –600mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 g/100berat basah 

Ubi ungu adalah salah satu jenis ubi jalar, yang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi sering juga disebut sebagai superfood.

Umbi-umbian yang satu ini pun memiliki harga yang masih terjangkau. Apalagi, jika dibandingkan dengan khasiat yang bisa didapatkan jika mengonsumisnya secara rutin dan porsi yang tepat.

Ubi ungu pun bisa menjadi alternatif karbohidrat yang lebih sehat dibanding dengan nasi putih. Cara pengolahannya pun bisa bermacam-macam, seperti direbus, dikukus hingga dipanggang.

Kandungan Gizi Ubi Ungu

Ubi ungu mengandung banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan dalam 100 gram (g) ubi ungu menurut FoodData Central U.S. Department of Agriculture adalah sebagai berikut:

  • Air: 77,28 g
  • Kalori: 86 kilokalori (kkal)
  • Protein: 1,57 g
  • Lemak: 0,05 g
  • Karbohidrat: 20,12 g
  • Serat: 3 g
  • Kalsium: 30 miligram (mg)
  • Fosfor: 47 mg
  • Zat besi: 0,61 mg
  • Natrium: 55 mg
  • Kalium: 26,9 mg
  • Magnesium: 25 mg
  • Seng (Zinc): 0,3 mg
  • Beta karoten: 8.509 mikrogram (mcg)
  • Thiamin: 0,078 mg

Selain itu, dalam ubi ungu pada takaran tersebut juga mengandung riboflavin sebanyak 0,061 mg, niasin 0,557 mg, dan juga vitamin C sebanyak 2,4 mg.

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di ubi ungu, terdapat banyak sekali khasiat. Ini dia daftar manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang penting untuk diketahui:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat ubi ungu adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, vitamin C dan juga antosianin yang terkandung pada ubi ungu berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain antioksidan, antosianin juga memiliki manfaat anti-inflamasi.

2. Meredakan Gejala Asma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang tinggi dari vitamin A yang terdapat pada ubi ungu dapat meredakan gejala asma. Jadi, untuk Toppers yang memiliki asma, mungkin bisa mencoba untuk mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini.

3. Membantu Menjaga Gula Darah

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Nutritional Biochemistry, kandungan antosianin dalam ubi ungu dapat membantu dalam menekan kenaikan gula darah sehabis makan yang disebabkan oleh resistensi insulin.

Indeks glikemik yang rendah di ubi ungu pun membuatnya relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ubi ungu yang tak kalah hebatnya lagi adalah membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana bisa? Kadar kalium dan asam klorogenik yang tinggi yang terkandung di ubi ungu itu dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, para peneliti mengungkapkan bahwa ubi ungu mampu menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung di penderita hipertensi.

5. Bersifat Antikanker

Makanan yang tinggi antioksidan dinilai dapat mengurangi risiko kanker lambung, ginjal, payudara dan usus besar. Seperti yang sudah dibahas, ubi ungu pun kaya akan antioksidan.

Tetapi, sifat antikanker ini hanya bisa didapatkan pada ubi ungu yang segar. Sifat antikanker pada ubi ungu yang sudah disimpan selama beberapa bulan akan berkurang.

Demikian beberapa manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan Tubuh. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita,

0 Response to "Manfaat Ubi Jalar Ungu Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak