Saat Bosan Coba Lakukan Hal berikut

Dilanda Kebosanan


Bosan merupakan perasaan yang alamiah yang sering terjadi pada siapa saja. Akibat dari bosan, Anda sering merasakan kurang bersemangat saat bekerja yang mengakibatkan performa kerja menjadi berkurang.

Akan tetapi, bosan bukanlah merupakan perasaan yang boleh terus untuk dibiarkan terjadi secara berlarut-larut karena ini tidak baik untuk kehidupanmu sekarang dan di masa yang akan mendatang.

Setiap kali dilanda bosan, coba lakukan beberapa hal berikut ini. Siapa tahu kamu sangat membutuhkannya dan karenanya pula semangatmu bisa kembali seperti sedia kala: 

reuni

1. Reunian Bersama Teman-Teman Lama

Coba hitung sudah berapa lama kamu tidak reunian bersama teman-teman semasa sekolah dulu atau kuliah dulu. Bisa jadi karena rindu kepada mereka, kamu jadi cepat bosan dan merasakan kalau hari-harimu menjadi hampa.

Atau kamu sedang merindukan kegiatan yang dulu sering dilakukan bersama, seperti ngopi, shopping, atau olahraga dan lain sebagainya

Bila memang ini penyebabnya, ya sudah lebih baik hubungi mereka satu per satu. Tanyakan kapan mereka punya waktu yang kosong agar bisa menjalankan reuni lagi seperti dulu.

Pastikan mereka semua bisa datang karena kehilangan satu personil saja akan membuat suasana terasa berbeda.

Kumpul Bersama Keluarga Tercinta

2. Kumpul Bersama Keluarga Tercinta

Bukan hanya teman-teman lama saja, terkadang kebosanan juga disebabkan karena kamu sudah jarang bertemu dengan keluarga tercinta.

Jangankan untuk mengobrol, menyapa mereka saja sudah tidak pernah lagi karena setibanya di rumah, mereka sudah pergi ke kamar masing-masing untuk tidur. 

Baiknya kamu luangkan waktu untuk kumpul bersama keluarga lagi. Manfaatkan hari libur seperti weekend, lalu pikirkanlah aktivitas menarik apa yang akan dilakukan untuk mengisi weekend.

Dengan demikian, suasana kumpul-kumpul tidak terasa kaku karena semuanya aktif berpartisipasi dalam mengisi kegiatan liburan tersebut.

Luangkan Waktu untuk Merenung

3. Luangkan Waktu untuk Merenung

Jika akhir-akhir ini kamu terkadang sering merasakan bosan, penyebabnya bisa jadi karena kamu sudah jarang melakukan me time atau waktu yang kusus untuk menyendiri.

Apalagi kalau dulu sering melakukannya, jadi akan sedikit janggal bila kamu berhenti walaupun hanya sekali atau dua kali saja. Sebaiknya luangkan pula waktumu untuk merenung sekaligus introspeksi terhadap diri sendiri.

Dengan introspeksi, setidaknya kamu tahu apa saja yang telah dilakukan akhir-akhir ini yang membuatmu jadi cepat bosan. Jadi kamu bisa cari cara agar hal yang sama tidak terulang kembali, sehingga kamu tetap semangat menjalani hari meskipun banyak tugas yang mesti diselesaikan.

Pernah Tertunda

4. Lakukan Apa Saja Yang Pernah Tertunda

Mengerjalan aktivitas yang sama setiap hari tentu saja membuatmu cepat bosan, apalagi kalau tanpa rehat.

Untuk itu, beristirahatlah sebentar dari apa saja yang sedang dikerjakan saat ini, lalu alihkan untuk mengerjakan tugas yang pernah tertunda. 

Aktivitas selingan seperti ini dijamin akan membantu menghilangkan kebosananmu hilang dalam sekejap.

Jika suatu saat kamu merasa bosan, lakukan hal yang sama. Yang pasti aktivitas selingannya harus menyenangkan dan tidak terlalu menguras pikiran dan tenaga. 

Dengan begini, kamu juga akan timbul rasa semangat untuk melakukannya bahkan membayar pun tidak masalah untukmu.

Bertemu Orang-Orang Baru

5. Carilah Komunitas untuk Bertemu Orang-Orang Baru

Sesekali menyendiri itu baik untuk evaluasi diri sendiri, tetapi jangan sampai keterusan karena dapat memicu kebosanan juga. 

Ada kalanya kamu harus melakukan hal baru seperti bergabung ke grup atau komunitas baru untuk memperluas jaringan pertemanan.

Setiap kali merasa bosan, kamu bisa mengajak salah seorang temanmu untuk jalan atau diskusi sehingga kamu tak perlu sendirian lagi.

Carilah komunitas yang dapat membentuk dirimu ke arah yang lebih baik, entah itu pikiran, sikap, maupun kebiasaan.

Jadi tak hanya sekedar menghilangkan bosan saja, tapi ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari komunitas yang di ikuti dan dimasuki.

Musik untuk Mengembalikan Mood

6. Butuh Musik untuk Mengembalikan Mood

Musik merupakan salah satu alat yang dapat penghilang bosan yang ampuh, dan sampai sekarang mungkin saja belum ada yang bisa menyangkalnya.

Sebaiknya meyalakan musik setiap kali dilanda rasa bosan. Setidaknya dengan mendengarkan iringan suara musik, hati dan pikiran dapat merasa lebih baik daripada sebelumnya.

Tapi ingat, dengar musiknya di tempat dan di waktu yang tepat. Jangan memutar musik pada saat lagi bekerja karena ini dapat merusak konsentrasimu dan sesama rekan kerja. 

Liburan untuk Menghilangkan Penat

7. Butuh Liburan untuk Menghilangkan Penat

Pergilah untuk berlibur ke tempat yang menyediakan wisata favoritmu. Tapi sebaiknya, buat planning terlebih dahulu agar liburan berjalan dengan lancar.

Bila perlu, ajaklah satu atau dua orang temanmu untuk liburan bersama. Sebab semakin banyak personil yang berangkat, semakin ramai dan seru pula suasana liburan.

Tapi kalau tidak ada teman, pergi sendiri juga tidak apa-apa asal kamu sudah menyusun daftar aktivitas yang akan dilakukan sesampainya di lokasi liburan nantinya.

Demikian hal yang dapat membantu dikala kebosanan melanda anda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Saat Bosan Coba Lakukan Hal berikut"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak