Agama di Indonesia


Berdasarkan dari definisi yang dikutip Kamus besar Indonesia, Agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. 

Agama yang diakui di Indonesia ada 6 yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

Pada era Order Baru, Agama yang diakui oleh Pemerintah Indonesia hanya 5 yakni Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha. 

Tetapi setelah era reformasi, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 6/2000, pemerintah mencabut larangan atas agama, kepercayaan dan adat istiadat Tionghoa. 

Keppres No.6/2000 yang dikeluarkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid ini kemudian diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor MA/12/2006 yang menyatakan bahwa pemerintah mengakui keberadaan agama Kong Hu Cu di Indonesia.

Sejak dahulu agama di Indonesia adalah 5 agama, tapi belakangan ini untuk mewujudkan seperti yang di ungakapkan di unda-undang ada 6 agama yang sudah di tetapkan yang resmi dari agama kepercayaan yang dianut kebanyakan orang Indonesia. 

Bahkan akhir-akhir ini Kementerian agama sudah memverifikasi satu agama yang layak untuk diangakat sebagai agama resmi yang dianut warga Indonesia sebagaimana ulasan diatas. 

Ke enam agama itu adalah sebagai berikut lengkap dengan kitab suci dan tempat ibadah mereka masing-masing:

1. Agama Islam ( Muslim )

Agama Islam adalah kepercayaan yang paling banyak dianut oleh bangsa Indonesia, mereka tersebar di wilayah barat, tengan dan sebagian di timur Indonesia. 

Adapun kitab Suci Agama Islam adalah Al-Quran dan beribadah di tempat yang dinamakan dengan Mesjid. 

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah diyakini Imam besar mereka yang diagung-agungkan yang diyakini yang membawa agama Islam turun ke dunia. 

Nama Hari besar yang biasanya dilakukan di dunia maupun di Indonesia adalah seperti , Indulfitri, Idul adha, tahun baru Hijriah dah lainya

2. Agama Kristen Protestan

Agama ini mulanya di bawa bangsa portugis ke Indonesia, Yang paling banyak memegan agama ini adalah tersebar di wilayah barat dan Tengah Indonesia. 

Nama kitab suci untuk agama ini adalah Alkitab(injil) dan pembawa agamanya turun ke dunia adalah Tuhan yesus ( bapa ) atau yang sering di sebut dengan Roh kudus. 

Mereka beribadah di Gereja yang biasanya waktu beribadah mereka di tetapkan hari Minggu yang diamana pas sebagai hari libur di indonesia. 

Di dalam agama ini disebutkanya 3 Nama di  dalam satu yang dimaksudkan itu adalah Tuhan yang maha kuasa Turun untuk manusia ke dunia ini dalam bentuk 3 wujud dan satu orang yaitu Yang maha kuasa. 

Hari besar perayaan agama yang dilakukan adalah seperti hari paskah, Natal, Tahun baru, Angkat Sidi, dan lainya.

3. Kristen Katolik

Tidak jauh beda seperti kristen protestan yaitu kitab suci mereka adalah alkitab (injil) dan tempat beribadahnya adalah di gereja. 

Yang membedakan diantara agama ini adalah cara pandang diantara kepercaan dan penghormatan yang dianut seperti cara pandang terhadap Ibu Bunda maria atau kalu di indonesia bagian Timur sering menyebutnya sebagai Mama. 

Mereka sangat menghormati dan memujua sang Mama karena berkatnya lah sang Juru penyelamat datang ke dunia ini yaitu adalah Yesus Kristus atau disebut juga dengan Isa almasih. 

Kebanyakan orang Indonesia yang menganut Katolik berada di bagian timur Indonesia seperti papua dan Nusa tenggara Timur 

Nama Hari Besar Keagamaan : Natal, Paskah, Pantekosta.Nama Upacara Keagamaan : Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci.

4. Budha

Agama Budha adalah agama terbesar ke empat di Indonesia mereka mempercayai kitab suci yang bernama Tripitaka dan beribadah di tempat yang namanya wihara. mereka tersebar di daerah sumatera utara dan Jawa. 

Sidartha gautama diyakini adalah penyelamat bagi orang Budha yang menjadikan atau pelopor dunia budha di dunia. 

Hari besar bagi agama budha adalah waisak yang merupakan sudah menjadi hari besar Libur nasional untuk seluruh umat manusia di Indonesia supya menghormati agama budha sebagai salah satu agama yang resmi di Indonesia.

5. Hindu

Hindu adalah keperyaan yang banyak dianut oleh orang Bali. bahkan seluruhnya atau kebanyakan penduduk orang Bali menganut agama ini. Pura yang menjadi tempat peribahan bagi orang hindu sangat mudah kita temua di wilayah bali. 

Bahkan sudah menjadi tempat wisata tersendiri di bali dengan kental sebagai kekuatan agama dan keakrababan mereka tehadap pendatang yang berkunjung kesana. 

Hidu mempercayai weda sebagai kita sucinya. Nyepi, galungan, kuningan merupakan hari besar yang wajib di rayakan bagi umat agama Hindu

6. Kong Hu Cu

Kepercayaan ini adalah berasal dari Negara Cina. Karena di Indonesia banyak Imigran yang datang dari negara Cina. 

Hampir mereka tersebar di seluruh wilayah indonesia. tempat ibadah mereka Litang / Klenteng juga sudah sangat gampang kita temui di seluruh pelosok negeri. 

Konghucu sendiri adalah nama tokoh yang menjadi pembawa atau penyelamat bagi agama konghucu di dunia ini. Berkitab suci dengan nama Shishu Wujing . 

Yang paling sering kita dengar atau mereka  rayakan adalah Tahun baru Imlek,  Cheng, Cap go merah, Cheng Beng yang menjadi hari besar bagi agama ini. 

Bahkan masyarakat Indonesia sudah kental dengan perayaan ini dan tak pernah di lewatkan adalah angpau di setiap perayaan tersebut.

Itulah enam Agama yang ada di Indonesia semoga bermanfaat sebagai pengetahuan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Agama di Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak