Marketing Tools



Kegiatan untuk promosi dan untuk memasarkan suatu produk adalah salah satu hal yang selalu dilakukan oleh sebuah usaha atau bisnis. 

Untuk yang satu ini, memang ada banyak sekali marketing tools yang bisa dimanfaatkan guna mempermudah dalam pekerjaan sekaligus meningkatkan dalam penjualan. 

Namun, Anda juga harus pandai untuk memilih tools mana yang paling tepat digunakan agar konsumen selalu ingat dengan produk yang Anda tawarkan.

Berdasarkan perkembangan saat ini, Anda pasti sudah melihat banyaknya orang yang mempromosikan produk mereka melalui media sosial bukan? 

Nyatanya, media sosial bukanlah satu-satunya alat pemasaran yang digunakan oleh marketer, tetapi ada lebih banyak dari itu. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan singkat di bawah ini.

Marketing Tools

Secara singkat, marketing tools adalah alat-alat yang dimanfaatkan atau digunakan oleh para pebisnis atau perusahaan untuk mengembangkan serta memperkenalkan produk dan layanan mereka. Namun, kata tools di sini juga dapat merujuk pada kata material, strategi dan teknik.

Marketing tools juga dapat dianggap sebagai aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis, utamanya di bagian promosi. 

Antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain bisa saja menggunakan alat pemasaran yang berbeda walaupun tujuannya sama. Namun kebanyakan perusahaan memiliki beberapa alat pemasaran sekaligus yang digunakan diwaktu yang sama.

Contoh Marketing Tools

Dari pengertian marketing tools di atas, kira-kira Anda sudah bisa meraba apa saja yang bisa dijadikan contoh alat pemasaran? Jika masih belum, mari simak daftarnya di bawah ini.
  • Merchandise
Ketika menghadiri suatu acara seperti seminar, terkadang Anda akan mendapatkan merchandise bukan? Nah, merchandise tersebut termasuk alat pemasaran yang diakui sebagai salah satu strategi promosi yang menarik. Merchandise ini sendiri diketahui mempunyai dampak baik terhadap peningkatan brand awareness di mata calon pelanggan.
  • Video Marketing
Tools yang lainnya ialah video marketing. Video marketing ini juga merupakan alat promosi yang populer karena ada banyak sarana yang mendukung. Bisa dengan video blog, video youtube maupun website. Dengan video ini, Anda tentu juga lebih mudah memperkenalkan bisnis bukan?
  • Brosur
Salah satu tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran secara offline ialah brosur. Umumnya, brosur dibuat dengan menggabungkan huruf, warna serta gambar yang menarik dengan media kertas. Di dalamnya terdapat informasi seputar bisnis atau produk serta kalimat persuasif yang membuat calon konsumen tertarik terhadap produk yang ditawarkan.
  • Iklan Televisi
Kalau yang satu ini sudah sangat sering Anda simak bukan? Hanya dalam waktu beberapa derik saja, iklan televisi yang dibuat begitu dramatis mampu membujuk banyak orang untuk membeli produk yang ditawarkan.
  • Billboard
Ini juga merupakan papan promosi yang memberitahukan seputar produk atau bisnis. Umumnya, billboard ini dipasang di tempat yang lalu lintasnya padat serta di jalan tol. Penempatannya juga biasanya di tempat yang tinggi sehingga bisa dilihat oleh para pengendara yang melintasinya.
  • Media Sosial
Seperti yang sudah disinggung, media sosial memang merupakan alat pemasaran yang efektif. Dengan sarana satu ini, para pemilik bisnis bisa mengembangkan hubungan yang interaktif secara online dengan konsumennya. Tujuannya ialah untuk membangun kepercayaan dari mereka.
  • Program Loyalitas Pelanggan
Ini juga termasuk marketing tools, namun lebih mengacu pada besarnya kemungkinan pelanggan yang telah ada akan kembali untuk membeli produk atau tidak. Intinya adalah bisnis merawat pelanggan yang sudah ada di samping mencari pelanggan baru. Sayangnya, walaupun termasuk tools yang efisien, program loyalitas pelanggan cenderung terabaikan.

0 Response to "Marketing Tools"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak