Sejarah Bisnis Online di Indnesia

Sejarah Perkembangan Bisnis Online di Indonesia
Jaman milenial sekarang ini dengan adanya perkembangan bisnis online di Indonesia memnag terlihat sedang naik daun dan sangat baik dimana bisa kita dilihat dari banyaknya online shop baru yang mulai bermunculan. 

Hasilnya yang memang terlihat menggiurkan membuat banyak orang mulai bersaing bahkan rela  untuk meninggalkan pekerjaan utamanya demi untuk fokus ke bisnis online mereka.

Berikut ini adalah sejarah bisnis Online di Indnesia

Sejarah perkembangan bisnis online di Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan dunia internet yang mulai masuk negara Indnesia. 

Internet masuk ke negara Indonesia sekitar tahun 1990 an namun mulai banyak digunakan orang secara bebas dari tahun 2000 an. Sejak tahun ini, mulailah bermunculan toko-toko online.

Salah satu toko online pertama yang menjual berbagai macam kebutuhan adalah Toko Bagus. Barang-barang yang biasanya dijual pada masa ini adalah ebook, obat kuat dan jamu. 

Saat itu mulialah banyak orang yang menyadari bahwa internet mampu membantu mereka dalam penjualan dan bisa menambah penghasilan.

Sayangnya, awal perkembangan bisnis online ini tidak selalu membawa dampak yang positif. Saat itu banyak sekali terjadi penipuan yang sangat merugikan bagi para pembeli. Sehingga beberapa orang cukup selekif untuk melakukan transaksi jual beli di dunia maya ini.

Mulai di tahun 2005, bisnis online mulai menunjukkan geliatnya. pada era ini marketplace dan online shops baru terus bermunculan untuk menjual berbagai macam barang. Iklan-iklan promosi pun gencar dilakukan di berbagai media sehingga banyak orang mulai beralih ke bisnis online.

Semakin berkembangnya ponsel pintar dan operator seluler yang menyediakan layanan internet dengan harga murah membuat bisnis online semakin subur. 

Banyak pebisnis online yang mulai menggunakan cara-cara lebih kreatif untuk mempromosikan toko online mereka.

Mulai dari membuat foto-foto yang artistik, video yang menarik dan konten-konten promosi lainnya. Bahkan kondisi bisnis online di Indonesia saat ini memunculkan fenomena menarik yaitu pengaruh influencer atau selebgram yang semakin kuat. 

Banyak toko online menggunakan jasa mereka untuk promosi barang atau jasa yang mereka pasarka sehingga semakan subur.

Baiknya lagi, orang-orang yang menggeluti bisnis online di Indonesia tidak harus memiliki modal yang besar atau memiliki latar belakang pendidikan bisnis. 

Saat ini ada banyak jenis bisnis online yang hampir tidak menggunakan modal sepeserpun seperti reseller dan dropshipper.

Maraknya kemunculan pemain baru dalam bisnis online serta keuntungan yang diperoleh membuat para pelaku bisnis besar mulai melirik peluang ini. 

Awalnya mereka cukup enggan untuk melakukan promosi barang dan jasa lewat internet, namun sekarang mereka sangat gencar untuk melakukan branding di platform media sosial.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Frost & Sullivan menyatakan bahwa bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 17% per tahun. 

Pertumbuhan ini didukung oleh manajemen yang sangat bagus, pelayanan ramah, pengiriman tepat waktu hingga keamanan data konsumen yang semakin baik.

Bisa dikatakan saat ini bisnis online di Indonesia sedang berada di puncaknya. Jangan kaget jika saudara atau tetangga Anda tiba-tiba melakukan promosi atau mulai menjual barang-barang secara online. 

Karena bisnis online memungkinkan orang awam sekalipun untuk bisa mengais rezeki mereka sendiri dengan bisnis online ini.

Manfaat bisnis online sekarang ini di Indonesia sangat dirasakan oleh banyak orang baik pada pihak penjual maupun pembeli. 

Secara umum, perkembangan bisnis online yang positif telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat luas, khususnya di daerah-daerah.

Lantas apa saja keuntungan dari bisnis online, berikut adalah ulasannya:

1. Tidak perlu modal yang besar

Untuk menjalankan bisnis online, uang bukanlah satu-satunya modal utama. Anda bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshiper karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dalam menjual barang. Anda hanya bermodalkan kreativitas dan konsistensi dalam memposting gambar barang.

Anda akan memesan barang kepada supplier setelah ada pembeli yang tertarik. Setelah uang ditransfer oleh pembeli, maka Anda bisa melakukan pembayaran ke supplier. Barang yang dikirim oleh supplier adalah atas nama toko online Anda.

2. Waktu penjualan yang fleksibel

Jika toko offline memiliki jam operasional yang biasanya berakhir pada malam hari, toko online bisa beroperasi selama 24 jam sesuai kemampuan Anda. Hal ini berlaku selama Anda masih memiliki internet dan sistem penjualan yang baik dengan memanfaatkan platform marketplace.

Dengan akun marketplace, Anda tetap bisa menerima pesanan bahkan saat tengah malam. Anda hanya perlu melakukan follow up keesokan harinya.

3. Jangkauan pasar lebih luas

Salah satu keuntungan utama dalam menjalankan bisnis online adalah jangkauan pasar yang sangat luas bahkan hingga ke luar negeri. Jika Anda berniat melakukan ekspansi pasar di seluruh negeri bahkan ke luar negeri, Anda hanya perlu melakukan optimalisasi SEO pada toko online Anda.

Karena SEO sangat penting agar calon konsumen mudah untuk menemukan toko online Anda.

4. Pelayanan yang lebih mudah

Dalam bisnis online, pelayanan yang diberikan kepada konsumen lebih mudah. Anda sebagai penjual hanya perlu berkomunikasi lewat ponsel dan menerima pembayaran melalui transfer bank atau pembayaran online lainnya.

Selain itu, Anda bisa melayani permintaan konsumen dari mana saja baik di rumah ataupun tempat lain dimana Anda berada saat itu.

Demikianlah ulasan artikel mengenai perkembangan bisnis online di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis online, jangan menunda waktu lagi.

0 Response to "Sejarah Bisnis Online di Indnesia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak