Sejarah Pendidikan Dunia

Sejarah Pendidikan Dunia
Sejarah peradaban dunia tidak terlepas dari aspek pendidikan yang mewarnai perkembangan dan kemajauan  setiap pelaku peradaban  sehingga kemajuan pola pikir masyarakat pada era tertentu tergantung dari kemajuan pendidikan yang diselenggarakan.

Berikut akan kita uraikan beberapa peradaban dunia yang berkembang pada masanya:

1. Pendidikan di Mesir Kuno

Sebagian besar anak-anak di Mesir tidak bersekolah. Sebaliknya, anak laki-laki belajar bertani atau perdagangan lain dari ayah mereka. 

Anak perempuan belajar menjahit, memasak, dan keterampilan lain dari ibu mereka. Anak laki-laki dari keluarga kaya terkadang belajar menjadi juru tulis. 

Mereka belajar dengan menyalin dan menghafal dan disiplin sangat ketat. Guru memukuli anak laki-laki nakal. Anak-anak itu belajar membaca dan menulis, juga matematika. Beberapa gadis diajar membaca dan menulis di rumah.

2. Pendidikan di Yunani Kuno

Di Yunani kuno, anak perempuan belajar keterampilan seperti menenun dari ibu mereka. Banyak anak perempuan juga belajar membaca dan menulis di rumah. 

Anak laki-laki dari keluarga yang lebih baik mulai bersekolah ketika mereka berusia tujuh tahun. Anak laki-laki dari keluarga kaya dikawal ke sekolah oleh seorang budak.

Anak-anak itu belajar membaca, menulis, dan berhitung, juga puisi dan musik. Orang Yunani juga percaya bahwa pendidikan jasmani sangat penting sehingga anak laki-laki menari dan atletik. Disiplin sangat parah di sekolah-sekolah Yunani Kuno dan anak-anak sering dipukuli.

Di Sparta anak-anak diperlakukan dengan sangat kejam. Pada usia 7 tahun anak laki-laki dikeluarkan dari keluarga mereka dan dikirim untuk tinggal di barak. 

Mereka diperlakukan dengan sangat buruk untuk mengubah mereka menjadi prajurit pemberani. Mereka sengaja kekurangan makanan sehingga mereka harus mencuri – mengajari mereka diam-diam dan licik. Mereka dicambuk karena pelanggaran apa pun.

Gadis-gadis Spartan belajar atletik dan menari sehingga mereka akan menjadi ibu yang bugar dan sehat dari lebih banyak tentara.

3. Pendidikan di Roma

Dalam keluarga Romawi yang kaya, anak-anak dididik di rumah oleh seorang tutor. Anak laki-laki dan perempuan lain pergi ke sekolah dasar yang disebut ludus pada usia 7 tahun untuk belajar membaca dan menulis dan melakukan aritmatika sederhana. 

Anak laki-laki pergi ke sekolah menengah di mana mereka akan belajar geometri, sejarah, sastra dan pidato (seni berbicara di depan umum).

Guru sering kali adalah budak Yunani. Para guru sangat ketat dan mereka sering memukul murid.

Anak-anak menulis pada tablet lilin dengan stylus tulang runcing. (Orang dewasa menulis di atas kertas yang disebut papirus, yang dibuat dari tanaman papirus).

4. Pendidikan di Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan banyak orang yang buta huruf tetapi tidak semua. Anak-anak kelas atas dididik. Di antara kaum Abad Pertengahan yang miskin, para pendidik yang lebih baik mungkin mengajar beberapa anak untuk membaca dan menulis sedikit. 

Di banyak kota ada sekolah tata bahasa tempat anak laki-laki kelas menengah dididik. (Mereka mendapat nama mereka karena mereka mengajar tata bahasa Latin). 

Anak laki-laki bekerja berjam-jam di sekolah tata bahasa dan disiplinnya sangat keras. Anak laki-laki dipukuli dengan batang atau ranting birch.

Ada juga sekolah chantry. Beberapa orang meninggalkan uang dalam wasiat mereka untuk membayar seorang imam untuk melantunkan doa bagi jiwa mereka setelah kematian mereka. Ketika dia tidak berdoa, pastor akan mendidik anak-anak setempat.

Selama Abad Pertengahan, pendidikan secara bertahap menjadi lebih umum. Pada abad ke-15 mungkin sepertiga penduduk Inggris dapat membaca dan menulis.

Dari awal abad ke-13 Inggris memiliki dua universitas di Oxford dan Cambridge. Di sana mereka belajar tujuh mata pelajaran, tata bahasa, retorika (seni berbicara di depan umum), logika, astronomi, aritmatika, musik, dan geometri.

5. Pendidikan di Inggris abad ke-16

Pendidikan berkembang pada abad ke-16. Banyak orang kaya mendirikan sekolah tata bahasa. Anak laki-laki biasanya pergi ke semacam taman kanak-kanak yang disebut ‘sekolah kecil’ terlebih dahulu kemudian pindah ke sekolah tata bahasa ketika mereka berusia sekitar tujuh tahun. 

Hari sekolah dimulai pukul 6 pagi di musim panas dan 7 pagi di musim dingin (orang-orang pergi tidur lebih awal dan bangun lebih awal pada hari-hari itu). 

Makan siang dari 11 pagi hingga 1 siang. Sekolah selesai sekitar jam 5 sore. Anak laki-laki pergi ke sekolah 6 hari seminggu dan ada beberapa hari libur.

Pada abad ke-16 banyak anak belajar membaca dan menulis dengan sesuatu yang disebut hornbook. Itu bukan buku dalam arti modern. Sebaliknya itu adalah papan kayu dengan pegangan. 

Diperbaiki papan adalah selembar kertas dengan alfabet dan doa Tuhan (Bapa Kami) tertulis di atasnya. Kertas itu biasanya dilindungi oleh sepotong tanduk binatang yang tipis.

Disiplin di sekolah-sekolah Tudor sangat biadab. Sang guru sering membawa tongkat dengan ranting-ranting birch yang melekat padanya. Anak laki-laki dipukul dengan ranting pohon birch di pantat mereka yang telanjang.

Sekitar 15 atau 16 tahun anak-anak paling cerdas mungkin pergi ke salah satu dari dua universitas di Inggris, Oxford dan Cambridge.

Tentu saja banyak anak laki-laki Tudor yang tidak bersekolah sama sekali. Jika mereka beruntung, mereka mungkin mendapat magang 7 tahun dan belajar perdagangan. Beberapa pengrajin bisa membaca dan menulis tetapi hanya sedikit pekerja yang bisa.

Sedangkan untuk anak perempuan, di keluarga kaya seorang tutor biasanya mengajar mereka di rumah. Dalam keluarga kelas menengah, ibu mereka mungkin mengajar mereka. Wanita kelas atas dan kelas menengah dididik. Namun gadis kelas bawah tidak.

6. Pendidikan di Abad ke-17

Ada sedikit perubahan dalam pendidikan di abad ke-17. Dalam keluarga yang kaya baik anak laki-laki dan perempuan pergi ke suatu bentuk sekolah bayi yang disebut sekolah kecil. Namun hanya anak laki-laki yang bersekolah di tata bahasa. 

Gadis kelas atas (dan kadang-kadang laki-laki) diajar oleh tutor. Gadis-gadis kaca tengah mungkin diajarkan oleh ibu mereka. Ada juga sekolah-sekolah terkenal, biasanya dijalankan oleh seorang wanita di mana gadis-gadis muda diajarkan keterampilan seperti membaca dan menulis. 

Selama abad ke-17 sekolah asrama untuk anak perempuan didirikan di banyak kota. Di dalamnya perempuan diajari mata pelajaran seperti menulis, musik, dan menjahit.

7. Pendidikan di Abad ke-18

Pada abad ke-18 anak laki-laki dan perempuan muda terus pergi ke sekolah-sekolah terkenal. Pada awal abad ke-18 sekolah amal didirikan di banyak kota di Inggris. Mereka kadang-kadang disebut Sekolah Jas Biru karena warna seragam anak-anak.

Anak laki-laki dari keluarga kaya pergi ke sekolah tata bahasa. Gadis-gadis dari keluarga kaya juga pergi ke sekolah, tetapi dirasa penting bagi mereka untuk belajar ‘prestasi’ seperti sulaman dan musik daripada mata pelajaran akademik. 

Namun demikian Laura Bassi (1711-1778) menjadi profesor anatomi di Universitas Bologna pada 1732.

Sementara non-konformis atau pembangkang (Protestan yang bukan milik Gereja Inggris) tidak diizinkan untuk menghadiri sebagian besar sekolah umum. Sebaliknya mereka pergi ke akademi mereka yang berbeda pendapat.

8. Pendidikan di Inggris Abad 19

Pada abad ke-19 pendidikan sangat meningkat baik untuk anak laki-laki dan perempuan. Pada awal abad ke-19 masih ada sekolah-sekolah untuk anak-anak yang sangat muda. 

Mereka dijalankan oleh wanita yang mengajar sedikit membaca, menulis, dan berhitung. Namun banyak sekolah yang terkenal benar-benar layanan pengasuhan anak.

Namun demikian pada abad ke-19 Friedrich Froebel (1782-1852) dan Maria Montessori (1870-1952) menemukan metode yang lebih progresif dalam mendidik bayi.

Gadis-gadis dari keluarga kelas atas diajar oleh pengasuh. Anak laki-laki sering dikirim ke sekolah umum seperti Eton. Di sekolah-sekolah umum Victoria, anak laki-laki diajarkan bahasa klasik seperti bahasa Latin tetapi tidak banyak yang lain. 

Mata pelajaran sains dan teknis diabaikan. Sekolah umum juga sangat menekankan pembangunan karakter melalui olahraga dan permainan.

Anak laki-laki kelas menengah pergi ke sekolah tata bahasa. Gadis-gadis kelas menengah pergi ke sekolah swasta jika mereka diajarkan ‘prestasi’ seperti musik dan menjahit.

Pada awal abad ke-19 seorang pria bernama Joseph Lancaster (1778-1838) menemukan metode baru untuk mendidik kelas pekerja. Dalam sistem Lancaster murid yang paling mampu dibuat monitor dan mereka ditugaskan murid lainnya. 

Monitor-monitor itu diajarkan lebih awal pada hari sebelum anak-anak lain tiba. Ketika mereka melakukannya, para pengawas mengajar mereka.

Pada tahun 1811, Perhimpunan Nasional untuk Mempromosikan Pendidikan Orang Miskin dalam Prinsip Gereja Mapan (Gereja Inggris) dibentuk. 

Sekolah-sekolahnya disebut Sekolah Nasional. Pada 1814 non-konformis (Protestan yang bukan milik Gereja Inggris) membentuk British and Foreign Schools Society.

Di Inggris negara tidak bertanggung jawab atas pendidikan sampai tahun 1870. Forsters Education Act menetapkan bahwa sekolah harus disediakan untuk semua anak. Jika tidak ada tempat yang cukup di sekolah yang ada maka sekolah dewan dibangun. 

Pada tahun 1880 sekolah diwajibkan untuk anak berusia 5 hingga 10 tahun. Namun sekolah tidak gratis, kecuali anak-anak termiskin hingga 1891 ketika biaya dihapuskan. Dari 1899 anak-anak diharuskan pergi ke sekolah sampai mereka berusia 12 tahun.

Sementara itu di AS tiga wanita memperoleh gelar sarjana dari Oberlin College pada tahun 1841. Mereka adalah wanita Amerika pertama yang mendapatkan gelar sarjana. 

Wanita pertama di AS yang meraih gelar PhD adalah Helen Magill White pada tahun 1877. Di Inggris, wanita diberikan gelar pada tahun 1880.

9. Pendidikan di Abad ke-20

Pendidikan meningkat pesat selama abad ke-20. Pada tahun 1900 anak-anak terkadang meninggalkan sekolah ketika mereka baru berusia 12 tahun. Namun pada tahun 1918 usia minimum sekolah dinaikkan menjadi 14. 

Di antara perang, kelas pekerja anak-anak pergi ke sekolah dasar. Anak-anak kelas menengah pergi ke sekolah tata bahasa dan anak-anak kelas atas pergi ke sekolah umum.

 Pada tahun 1947 usia cuti sekolah dinaikkan menjadi 15 dan pada tahun 1972 ia dinaikkan menjadi 16.

Setelah UU Pendidikan 1944, semua anak harus mengikuti ujian yang disebut dengan 11 plus. Mereka yang lulus bersekolah di sekolah dasar sementara mereka yang gagal pergi ke sekolah menengah modern. 

Namun pada akhir 1950-an, opini publik mulai berbalik melawan sistem dan pada 1960-an dan awal 1970-an sebagian besar sekolah menjadi komprehensif.

Sampai akhir abad ke-20 guru diizinkan untuk memukul anak-anak. Namun hukuman fisik dihapus di sebagian besar sekolah dasar pada tahun 1970-an. 

Tongkat itu dihapuskan di sekolah menengah negeri pada tahun 1987. Tongkat itu akhirnya dihapuskan di sekolah swasta pada tahun 1999.

Ada ekspansi besar pendidikan tinggi pada 1960-an dan banyak universitas baru didirikan. Pada tahun 1992 politeknik diubah menjadi universitas. 

Sementara itu Universitas Terbuka dimulai pada tahun 1969. Pada akhir abad ke-20 orang memiliki lebih banyak kesempatan untuk pendidikan dan pelatihan daripada sebelumnya. 

Namun hibah siswa berakhir pada tahun 1998 dan sebagian besar siswa sekarang harus mengambil pinjaman.

Demikian uraian tentang sejarah Pendidikan Dunia, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima kasih atas kunjungannya.


0 Response to "Sejarah Pendidikan Dunia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak