Cara Daftar dan Pasang Email Subscribe di Blogger Melalui Google FeedBurner

Email Subscribe di Blogger  Menggunakan FeedBurner
Sobat Blogger biasanya kalau kita sedang membuat blog baru maka kita wajib mendaftarkan blog baru kita ke Google FeedBurner. 

Mungkin sobat sedikit merasa asing dengan FeedBurner? ya tentu saja bagi yang masih baru mendalami dunia blogging pastinya akan bertanya-tanya apa itu FeedBurner?.

FeedBurner adalah situs penyedia layanan gratis, milik Google untuk mengelola halaman feed blog atau website. 

Dengan menggunakan layanan inilah halaman feed sebuah blog bisa diburning. Yang artinya dikonvert dan dalihkan agar bisa dikelola lebih optimal. 

Baik untuk meningkatkan efek SEO maupun untuk keluesan akses pengunjung melalui beragam jenis perangkat.

Dengan Feedburner, sebuah blog bisa membuat fitur berlangganan via email. Lalu memantau berbagai hal terkait dengan lalu lintas pengguna. 

Langganan tersebut, misalnya berapa jumlah pelanggan perhari, perbulan dan jumlah totalnya. Termasuk bisa diketahui siapa yang sudah berlangganan, email yang sudah terdaftar, bahkan siapa yang akhirnya berhenti berlangganan. 

Begitu juga konten apa yang paling banyak diminati dari isi blog anda. Dan masih banyak analisa statistik lainnya.

Dengan memanfaatkan Feedburner, sebuah blog bisa melalukan ping secara otomatis ke Google tanpa harus diurus secara manual. 

Sehingga seorang Blogger, tidak perlu lagi mengurus masalah ping atau submit konten satu persatu secara manual ke Google setiap selesai update konten. 

Dengan cara ini maka SEO off page dari sebuah blog, menjadi meningkat secara otomatis tanpa harus diurus.

Bahkan melalui Feedburner konten sebuah blog juga bisa dishare secara otomatis ke Twitter dan Facebook sekaligus secara otomatis. 

Tanpa diurus. Setiap selesai meluncurkan sebuah postingan, maka serentak kemudian postingan tersebut juga terkirim ke situs sosial network populer tersebut tanpa disadari.

Selain itu dengan layanan Feedburner ini sebuah blog bisa membatasi hak akses situs agregator liar yang kerjanya hanya mencuri konten blog dengan sewenang-wenang melalui sistem Auto Generate Content (AGC).

Ringkasnya, Feedburner bukan hanya sebuah asesories seperti kebanyakan widget atau plugin tambahan untuk kemeriahan sebuah blog. Tapi adalah untuk optimasi blog dalam hal SEO, promosi dan security konten.

Lalu bagaimana caranya agar blog anda bisa mendapatkan semua manfaat seperti yan sudah dijelaskan? 

Tentu saja syarat pertama blog anda harus terdaftar disitus resmi Feedburner tersebut, kemudian baru melalukan berbagai pengaturan di halaman dasbor Feedburner anda. 

Berikut Langkah awal yang bisa anda ikuti:

Cara Daftar Feedburner

1. Kunjungi https://feedburner.google.com Jika sobat tidak dalam keadaan login, sobat akan diminta untuk login terlebih dahulu dengan Email Google anda. 

2. Login seperti biasa. Pada halaman yang terbuka selanjutnya, masukkan url blog pada form "Burn a feed right this instant" dan Next.


cara daftar

3.Langkah selanjutnya Feedburner akan mendeteksi feedsblog, ada 2 opsi disini, pilih yang Pertama (Atom) dan Next, lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Atom

4. Langkah selanjutnya adalah settings Feed Title dan Feed Address. 

Pada keadaan awal, settings ini akan memberikan Title dan Address secara otomatis, sobat bisa mengubah setiap pengaturan ini sesuai keinginan. 

Terutama untuk bagian Feed Address, ini bisanya akan mengandung karakter acak, silahkan disesuaikan.

disesuaikan

5. Pada halaman yang terbuka selanjutnya, terdapat informasi URL feedburner untuk feed blog anda yang telah dibuat. Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

sudah jadi

CATATAN:
Berdasarkan gambar diatas:
FeedURL: http://feeds.feedburner.com/maznarafed
Feed ID: maznarafed

Data URL ini (Terutama Feed ID) sering kali digunakan pada proses instalasi custom widget email subscription. Sangat disarankan untuk menyimpan URL dan ID ini untuk kebutuhan dimasa mendatang.

6. Selanjutnya, terdapat opsi aktivasi untuk beberapa layanan feedburner, untuk lebih mudahnya, silahkan dibuat seperti gambar dibawah ini dan Next.

ceklis
Sampai disini, sobat telah berhasil dalam membuat akun feedburner untuk blog sobat.

Cara Aktivasi Layanan Email Subcriptions

Untuk memasang widget email Subscribe , terlebih dahulu sobat harus mengaktifkan fitur / layanan Subscriptions. 

Berikut langkah-langkahnya:

Cara Aktivasi

1. Pada Halaman feedburner sobat ( My Feeds), buka tab "Publicize", dan kemudian klik sub menu disebelah kiri "Email Subscriptions". Selanjutnya klik "Activate".


cara aktifasi

2. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode HTML yang bisa anda gunakan untuk memasang di blog bisa menggunakan Gedget HTML/JavaScript (widget Email Subscribe) di Blog. Kode ini Copy kode HTML tersebut dan paste kode tersebut pada Gedget HTML/JavaScript.

kode html

Cara memasang widget Email Subscribe

Untuk memasang widget subscribe ini sangat mudah. 

Langkahnya Sebagai berikut:

1. Login ke akun blogger anda, buka menu Layout / Tata Letak, klik Add a Gadget / Tambahkan Gadget pada bagian yang anda kehendaki.

2. Selanjutnya Pilih type gadget HTML/Javascript dan kemudia Paste kode HTML yang tadi sobat copy ke bagian kolom kontent dan di beri judul Subscribe.

3. Selesai sudah. Cek blog sobat dan akan melihat widget Email Subscribe pada bagian yang telah anda tentukan.

Sekarang sobat dapat menggunakan layanan Email Subscriptions melalui Feedburner. Jika sudah di aktifkan para pengunjung yang berlangganan melalui Email di situs sobat akan mendapatkan setiap pembaruan artikel / postingan yang sobat buat pada Email mereka masing-masing.

Demikian cara Daftar dan pasang email subscibe di blogger dengan menggunakan FeedBurner. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat tentang blogging. Terimakasih Atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Daftar dan Pasang Email Subscribe di Blogger Melalui Google FeedBurner"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak