Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga Kebugaran Tubuh
Berbagai upaya dalam menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap terjaga, sebaiknya dilakukan setiap hari. Hal ini dapat membuat kondisi tubuh kita senantiasa prima dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menggangu.

Sayangnya, masih banyak orang yang masih mengabaikannya dan tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik.

Beberapa orang bahkan masih saja melakukan pola hidup yang kurang baik / buruk sehingga berdampak negatif /kurang baik terhadap kesehatan tubuhnya.

Lantas, apa saja sebenarnya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Dengan menerapkan berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh sebetulnya tidaklah sulit, asalkan kita memiliki kemauan yang kuat untuk melakukannya secara konsisten.

Kita dapat memulainya dari hal-hal yang kecil / sepele, seperti melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh berikut ini:

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah banyak mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak peneliti yang menunjukkan jika orang yang mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah bisa hidup lebih lama, serta memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe-2, obesitas, dan penyakit lainnya. 

Para ahli pun sangat merekomendasikan agar setengah dari isi piring kita berisikan sayur dan buah. Selain itu, pastikan juga untuk mengkonsumsi nutrisi yang seimbang setiap harinya.

2. Menjaga berat badan ideal

Dengan memiliki berat badan yang berlebih hingga obesitas dapat memicu / meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai penyakit yang berbahaya. 

Di samping itu, dengan memiliki berat badan yang kurang / terlalu rendah juga bisa menandakan diri kekurangan nutrisi. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga terhindar dari risiko penyakit yang dapat menyerang.

3. Minum cukup air

Minum air putih yang cukup dapat memberi banyak manfaat, yakni meningkatkan metabolisme dan mencegah dehidrasi. 

Ketika mengalami dehidrasi, kita akan kehausan, lemas, sakit tenggorokan, hingga pusing. Jadi, minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Berolahraga secara rutin

Denan berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker dan lainya. 

Selain itu, olahraga juga dapat mengendalikan berat badan dan membuat pelakunya merasa lebih bugar. Cobalah untuk berolahraga sekitar 30-60 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. 

Akan tetapi, jika tidak bisa melakukannya sesering itu, lakukan semampunya saja daripada tidak melakuanya sama sekali. 

5. Tidur yang cukup

Karena begadang menjadi kebiasaan banyak orang. Alih-alih tidur, malam hari seringkali dihabiskan dengan bermain gadget atau menonton TV atau kegiatan lain yang tak ada manfaat. 

Padahal kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu konsentrasi, kewaspadaan, dan kinerja. 

Oleh sebab itu, biasakan untuk tidur dengan cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Agar dapat tidur dengan mudah, jangan minum kopi di sore hari, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, dan redupkan lampu beberapa jam sebelum tidur.

6. Biasakan mencuci tangan dengan sabun

Salah satu langkah yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan rutin mencuci tangan mengnakan sabun pada air mengalir. 

Ketika kita menyentuh sesuatu, kita tidak tahu berapa banyak kuman yang menempel ada di tangan kita dan berpotensi masuk ke dalam tubuh. 

Hal ini juga memungkinkan terjadinya penularan penyakit. Oleh sebab itu, cucilah tangan, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah bersin dan batuk. 

Gunakan sabun dan gosok seluruh area tangan, termasuk punggung tangan, telapak tangan, sela-sela jari, dan kuku setidaknya selama 20 detik unuk mematikan kuman. 

7. Batasi mengkonsumsi minuman bersoda

Sebagian orang gemar mengonsumsi minuman ringan. Padahal berbagai minuman ringan, seperti minuman bersoda atau minuman berenergi, umumnya mengandung gula tambahan yang tidak sedikit jumlahnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi satu atau dua minuman ringan per hari membuat kita memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 26 persen lebih tinggi. 

Selain itu, mengkonsumsi minuman manis juga dikaitkan dengan serangan jantung, obesitas, dan asam urat. 

Untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan, membatasi konsumsi minuman ringan menjadi cara yang paling tepat dalam menjaga kesehatan tubuh.

8. Hindari junk food / makanan cepat saji

Rasa junk food yang lezat bisa menyebabkan seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan. Padahal, makanan tersebut biasanya rendah serat, protein, dan berbagai nutrisi lain. 

Rendah zat gizi tersebut itulah yang membuat tubuh merasa ‘belum makan’ dan ingin mengonsumsi lebih banyak lagi. 

Di samping itu, junk food/makanan cepat saji juga kaya akan bahan-bahan yang tak sehat, seperti gula tambahan, lemak jenuh, dan hanya menyediakan sebagian besar kalori kosong. Oleh sebab itu, penting untuk menghindarinya.

9. Mengelola stres dengan baik

Stres merupakan hal yang sering terjadi, namun penting untuk mengelolanya sebaik mungkin. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh. 

Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Dalam mengelola stres, cobalah untuk berolahraga, berjalan-jalan di alam, mempraktikan teknik pernapasan, melakukan meditasi, atau berkumpul bersama teman-teman. 

Akan tetapi, jika stres yang dirasakan tak juga berkurang atau semakin memburuk, sebaiknya segera cari bantuan psikolog.

10. Hindari rokok dan alkohol

Merokok bukan hanya merusak paru-paru, namun juga dapat merusak berbagai organ tubuh lainnya. Hal ini juga membuat kita lebih berpotensi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya. 

Bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama. Di samping itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit hati. 

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kita dapat menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

11. Melindungi kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka panjang bukan hanya menyebabkan kulit terbakar, namun juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. 

Pastikan melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan mengenakan pakaian berlengan panjang dan topi ketika berada di luar ruangan. 

Selain itu, gunakan tabir surya yang dapat menghalangi sinar UV sehingga kulit terlindungi dengan baik.

Demikian uraian tentang menjaga Kesehaan tubuh agar tetap bugar.dan terlepas dari segala gangguan penyakit. Semoga bermanfaat dan dapat menamah wawasan kita dalam keseatan tuuh. Terima kasih atas kunjungannya

0 Response to "Menjaga Kebugaran Tubuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak