Teknik Dasar Pencak Silat

Pencak Silat
Sekarang ini pencak silat sudah menyebar luas di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari beberapa kepulauan di Nusantara (Indonesia). Sesuai dengan perkembangan zaman,  pencak silat terus berkembang dengan sangat pesat.

Pencak silat tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun dewasa ini sudah menyebar luas ke beberapa wilayah di Asia Tenggara, Benua Eropa, Amerika Serikat hingga dataran Austrlia. Ada banyak hal yang membuat pencak silat menjadi terkenal di berbagai belahan dunia.

Mulai dari segi aspek, cara serta gerakan dalam pencak silat. Tentunya tidak mudah untuk bisa menguasai berbagai jenis gerakan pencak silat dengan mudah.

Lantas bagaimana cara belajar ilmu beladiri pencak silat sendiri di rumah dengan beberapa teknik dasar dan gambarnya sehingga mudah untuk difahami dan ditirukan. Simak, penjelasannya secara lengkap tentang teknik dasar pencek silat beserta gambarnya di bawah ini.

Teknik Dasar Pencak Silat

Secara umum, ada 10 teknik dasar pencak silat yang harus teman-teman fahami. Dari 10 aspek dalam pencak silat tersebut adalah :

  1. Kuda-kuda.
  2. Sikap Pasang.
  3. Arah.
  4. Pola langkiah.
  5. Pukulan.
  6. Tendangan.
  7. Tangkisan.
  8. Guntingan.
  9. Kuncian.
  10. Berbaring.

Lansung saja mari simak penjelasan di bawah ini, mengenai macam-macam teknik dasar pencak silat.

1. Sikap Kuda-Kuda Pencak Silat


Sikap kuda-kuda Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pondosi dalam pencak silat merupakan sikap kuda-kuda.

Sikap kuda-kuda atau bisa disebut dengan teknik kuda-kuda pencak silat merupakan gerakan yang wajib untuk teman-teman pelajari sebelum lanjut ke ilmu dasar yang lainnya.

Pengertian kuda-kuda dalam pencak silat adalah sikap menapakan kaki yang memiliki fungsi dalam menjaga keseimbangan ketika akan melakukan serangan atau pertahanan.

Ada beberapa gerakan kuda-kuda yang harus teman-teman ketahui dalam ilmu dasar pencak silat. Berikut ini adalah 6 macam kuda-kuda dalam pencak silat beserta penjelasannya:

1. Kuda-kuda Depan

Kuda-kuda Depan

Teknik ini bisa dilakukan dengan posisi kaki bagian depan ditekuk dengan telapak kaki lurus mengarah ke depan serta kaki belakang lurus.

2. Kuda-kuda Tengah

Kuda-kuda Tengah

Teknik kuda-kuda pencak silat ini bisa dilakukan dengan gerakan membuka dan menekuk kedua lutut kaki, dengan berat badan yang menjadi tumpuan. Gerakan kuda kuda pada pencak silat ini bertitik tumpu pada berat badan di kaki depan.

3. Kuda-kuda Belakang

Kuda-kuda Belakang

Teknik kuda kuda dalam pencak silat yang selanjutnya adalah teknik kuda-kuda belakang, ada banyak pendapat mengatakan bahwa gerakan silat ini memiliki 2 variasi yaitu :

Posisi kaki hampir sama dengan kuda-kuda depan, tapi tumpuan berat badan dipindahkan ke kaki bagian belkang.

Menaruh berat badan pada kaki belakang, dengan tumit tumpuan tegak dengan pinggul. Posisi badan cenderung condong ke depan dengan kaki jinjit dan menampakkan ujung kaki atau tumit.

4. Kuda-kuda Samping

Kuda-kuda Samping

Gerakan kuda-kuda samping dalam pencak silat dilakukan dengan menekukkan salah satu kaki dan kaki yang lainya lurus ke arah samping.

5. Kuda-kuda Silang Depan

Kuda-kuda Silang Depan

Sikap kuda kuda dalam pencak silat menekankan pada tumpuan penginjakan kaki terutama pada kuda-kuda silang depan.

Kuda-kuda silang depan dapat dilakukuan dengan menginjakkan kaki kiri ke arah depan atau ke belakang.

6. Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silat belakang adalah kuda-kuda yang dilakukan dengan salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang dan kaki d tumpukan ke belakang.

Itulah macam-macam kuda-kuda dalam ilmu dasar pencak silat.

2. Sikap Pasang Pencak Silat


Sikap pasang dalam pencak silat, merupakan sebuah posisi yang dikombinasikan dengan kuda-kuda dan memiliki sifat lebih mudah sesuai dengan gerakan ketika hendak akan melakukan serangan atau bertahan dalam pencak silat.

Ada banyak sikap pasang dalam teknik dasar pencak silat. Namun dengan adanya sifat pasang, pencak silat memiliki beberapa ciri khas dari setiap aliran atau perguruan yang dapat membedakan dengan lainnya.

Ada beberapa hal yang harus teman-teman mengerti mengenai sikap pasang dalam permainan pencak silat.

Secara umum terdapat 4 macam sikap pasang yang sudah dikenal  secara luas.

  1. Sikap pasang satu. Gerakan sikap pasang satu  yaitu sikap posisi badan tegak dengan kedua tangan disamping dalam keadaan siap. 
  2. Pasang dua. Gerakan sikap pasang dua yaitu badan tetap pada posisi tegak, kaki dibuka selebar bahu, kedua  tangan mengepal dan sejajar dengan pinggang.
  3. Pasang tiga. Gerakan sikap pasang tiga yaitu badan pada posisi tegak lurus, kaki di buka selebar bahu, tangan diangkat sejajar mata, dan posisis silang dengan kepalan tangan terbuka.
  4. Pasang empat. Gerakan sikap pasang empat yaitu kaki di buka selebar bahu, tangan diangkat sejajar mata, dan posisi silang dengan kepalan tangan terbuka 

3. Pola Langkah Pencak Silat

Pola Langkah Pencak Silat

Pola langkah dalam pencak silat, merupakan teknik dasar gabungan dalam pencak silat. Teknik ini merupakan perkembangan dari gerakan kuda-kuda yang lebih mudah.

Supaya gerakan ini tidak mudah untuk dibaca oleh lawan, teman-teman bisa melakukan perubahan injakan kaki dari sudut ke sudut lain.

Berikut ini adalah 6 macam-macam pola langkah dalam teknik dasar pencak silat, yaitu:

  1. Pola langkah segitiga.
  2. Pola langkah zig-zag.
  3. Pola langkah lurus.
  4. Pola langkah segi empat.
  5. Pola langkah U.
  6. Pola Langkah S

Teknik dasar pencak silat selanjutnya ialah teknik pola langkah dalam pencak silat. Pola langkah ini digunakan ketika melakukan beberapa teknik membela diri dalam pencak silat. 

Pola langkah pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zigzag, pola langkah segi empat dan pola langkah S. Berikut penjelasan masing masing teknik dasar pencak silat dalam melakukan pola langkah:

Pola Langkah Lurus

Gerakan pola langkah pencak silat yang pertama ialah gerakan langkah lurus. Pola langkah lurus ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah lurus, baik gerakan maju maupun mundur. Langkah ini diawali dengan gerakan kuda kuda tengah. 

Pola Langkah Zigzag

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah zigzag. Pola langkah zigzag ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zigzag atau gergaji, baik gerakan maju maupun mundur. Langkah ini diawali dengan gerakan pasang dengan pola serong.

 Pola Langkah U atau Ladam

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah ladam. Pola langkah ladam ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf U. Berikut cara melakukan pola langkah ladam:
  • Lakukan gerakan awal dengan posisi badan tegak.
  • Kaki kanan digerakkan kearah samping kanan.
  • Kemudian kaki kiri dirapatkan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan memajukan kaki kiri lalu kembali ditarik dan dirapatkan. 
  • Kaki kiri kemudian digerakkan kesamping kiri. 
  • Kaki kanan digerakkan merapat dan melangkah kedepan.
  • Kemudian kaki kanan dirapatkan kembali seperti sikap awal.
Pola Langkah Segitiga

Gerakan pola langkah pencak silat adapula yang menggunakan pola segitiga. Pola langkah segitiga ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola segitiga dalam setiap langkahnya. Berikut cara melakukan pola langkah segitiga :
  • Lakukan posisi awal yang berada diposisi 0.
  • Kemudian kaki kanan digerakkan keposisi 1 dan kaki kiri keposisi 2. 
  • Setelah itu lakukan gerakan keposisi 4 daan 5.
  • Kaki kanan kembali digerakkan keposisi 6 dan 7 dengan kuda kuda depan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan menarik kaki kanan keposisi awal.
Pola Langkah S

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah S. Pola langkah S ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf S. Berikut cara melakukan pola langkah S :
  • Lakukan posisi awal sikap berdiri dengan menghadap ke arah yang sesuai.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan membuat berat badan ditumpukan ke arah kaki kanan. 
  • Gerakkan kaki kiri kearah berat badan yang ditumpukan tadi. 
  • Setelah itu angkat kaki kiri dengan cara melewati kaki kanan. 
  • Putar kaki kanan ditempat yang sama.
  • Setelah itu kaki kiri sedikit dijinjitkan.
Pola Langkah Segi Empat

Gerakan pola langkah pencak silat yang terakhir ialah gerakan langkah segi empat. Pola langkah segi empat ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah membentuk segi empat. Langkah ini diawali dengan gerakan gabungan kuda kuda tengah, kuda kuda belakang dan kuda kuda samping.

4. Teknik Arah Pencak Silat
Teknik Arah Pencak Silat

Selain pola langkah, dalam teknik dasar pencak silat yang selanjutnya adalah arah. Arah dalam pencak silat meruapakan gerakan yang berhubungan dengan kemana pesilat akan melangkah ketika dalam posisi menyerang atau bertahan.

Dalam dunia persilatan teknik arah disebut dengan depalan penjuru mata angin.

5. Teknik Tendangan Pencak Silat


Teknik tendangan dalam pencak silat memiliki banyak jenis dengan tujuan yang berbeda-beda. Teknik tendangan sama dengan pembelaan dalam pencak silat.

Berikut ini adalah macam-macam tendangan dalam pencak silat yang harus teman-teman ketahui pastinya:

  1. Tendangan A – Tendangan yang lurus ke depan dengan target adalah ulu hati.
  2. Tendanngan C atau Sabit – Tendangan dari samping dengan mengarah ke bagian tulang rusuk lawan.
  3. Tendangan T – Tendangan samping dengan mamakai pedang kaki (telapak), atau tumit dengan membentuk huruf T.
  4. Tendangan Melingakar – Tendangan yang dilakukan dengan gerakan memutar kaki dengan hentakan pada tumit, gerakan silat ini biasanya di tergetkan pada dada dan punggung lawan.

6. Teknik Pukulan Pencak Silat

 Teknik Pukulan Pencak Silat

Teknik pukulan dalam pencak silat merupakan pembelaan pergerakan lawan pencak silat. Teknik dasar pukulan pencak silat merupakan usaha untuk melakukan serangan kepada lawan.

Dalam teknik serangan pencak silat ada 4 macam pukulan dalam pencak silat yang harus teman-teman kuasai:

  1. Pukulan Lurus dilakukan dengan fokus ke arah sasaran yang berada di depan, serta menekuk tangan di dada sebagai pertahanan.
  2. Pukulan Tegak dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan pukulan lurus, tapi sasaran untuk pukulan tegak adalah sisi bahu pada lawan.
  3. Pukulan Bandul atau Uppercut yakni gerakan dengan mengayunkan tangan ke arah ulu hati lawan.
  4. Pukulan Melingakar merupakan jenis pukulan dengan menargetkan pada pinggang lawan.

Untuk cara memperkuat pukulan dalam teknik dasar pencak silat, bisa dilakukan dengan beberapa poin di bawah ini :

  1. Berlatih memukul dengan keras.
  2. Melatih kekuatan pukulan dengan makiwara.
  3. Melatih pukulan tangan dengan samsak.
  4. Melatih kekuatan otot pergelangan tangan dengan hand grip.
  5. Membangun kekuatan otot di sekita tangan.

7. Teknik Tangkisan Pencak Silat

Teknik Tangkisan Pencak Silat

Gerakan tangkisan dalam pencak silat sama halnya dengan pertahanan. Apa itu pengertian pertahanan dalam pencak silat?

Secara umum pertahanan memiliki pengertian suatu reasksi anggota badan terhadap gerakan yang bertujuan dalam melakukan penyerangan atau sesuatu yang dapat membahayakan.

Tujuan dalam melakukan gerak tangkisan adalah menangkis serangan lawan mulai yang di mulai dari beberapa jenis pukulan atau tendangan dalam pencak silat.

Ada 4 teknik tangkisan dalam pencak silat, yaitu:

  1. Teknik dasar tangkisan luar pencak silat.
  2. Tekni dasar tangkisan dalam pencak silat.
  3. Teknik dasar tangkisan atas pencak silat.
  4. Teknik dasar tangkisan bawah pencak silat.

8. Teknik Kuncian Pencak Silat

Teknik kuncian merupakan salah satu jurus pencak silat yang mematikan dan paling ampuh dalam melumpuhkan lawan selain teknik pukulan dan tendangan.

Jurus dalam pencak silat yang memang menjadi kunci dalam hasil akhir suatu pertandingan.

Kuncian dalam pencak silat memiliki sifat untuk melumpuhkan gerakan silat pada lawan. Teknik ini menyasar pada bagian vital tubuh lawan, seperti:

  • Leher.
  • Pergelangan tangan.
  • Lengan.
  • Dagu.
  • Selakangan kaki.
  • Bahu.
  • Dll.

Teknik kuncian itu sendiri dapat dilakukan dengan tangan serta bantuan dari kaki yang saling berkolaborasi.

9. Tenik Guntingan Pencak Silat

Teknik gunting dalam pencak silat dilakukan dengan cara menendang dan menjepit anggota tubuh lawan yeng bertujuan untuk menjatuhkan sekaligus mengunci pergerakan lawan.

Sasaran yang harus teman-teman ketahu dalam teknik gunting adalah:

  1. Guntingan bawah yang bersasaran kaki.
  2. Guntingan tengah dengan sasaran dada.
  3. Guntingan atas dengan sasaran leher.

Walaupun teknik ini termasuk ilmu dasar, tapi untuk teman-teman yang masih dalam tahap belajar pencak silat atau pemula tidak dianjurkan dalam melakuklan teknik guntingan.

10. Teknik Berbaring Pencak Silat

Sikap bertahan dalam pencak silat yang satu ini biasanya digunakan dalam kondisi terpojok oleh serangan lawan. Sehingga ketika terjatuh, poisisi ini menjadi pertahanan yang efektif dalam melakukan pertahanan

Berkut ini adalah macam-macam sikap berbaring dalam pencak silat:

  1. Sikap miring.
  2. Sikap telentang.
  3. Sikap telungkup.

Itulah pembahasan tentang 10 teknik dasar pencak silat beserta gambarnya yang bisa teman-teman pelajari di rumah. Jangan pantang menyerah dalam belajar silat, terutama juga dalam sejarah pencak silat agar bisa terus melestarikan budaya tradisional beladiri di Nusantara.

Demikian pembahasan tentang pencak silat dalam artikel ini, semoga bisa membantu teman-teman lebih serius dalam belajar atau latihan pencak silat.

0 Response to "Teknik Dasar Pencak Silat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak