Kesenian Daerah Indonesia yang Mendunia

Dengan beragam pulaunya dan tersebar luas di seluruh wilayahnya, membuat Indonesia dikenal dengan negara yang kaya raya, serta budaya yang juga sangat beragam dan situs peninggalan sejarahnya yang masih terjaga hingga saat ini.

Indonesia kerap menyita perhatian negara lain dengan keberagaman yang dimilikinya, namun keberagaman tersebut tidak membuat warga negara atau masyarakatnya terpecah belah. 

Hal inilah yang kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.

Menurut kalian apa saja yang menarik bagi para wisatawan internasional hingga ingin berkunjung ke Indonesia? 

Berikut ini kita akan mengulas jenis kesenian daerah Indonesia yang mendunia tersebut diantaranya yaitu:

Kesenian Reok Ponorogo

Reok Ponorogo merupakan suatu pertunjukan seni yang berasal dari jawa timur yang dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. 

Reog juga merupakan salah satu kebudayaan atau kesenian yang masih kental atau masih identik dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. 

Reog modern kerap ditampilkan pada peristiwa atau kegiatan pernikahan, khitanan dan juga hari-hari besar nasional.

Jika berhubungan dengan pernikahan, maka adegan yang ditampilkan adalah adegan percintaan, sementara untuk acara khitanan, kisahnya diambil dari cerita pendekar. 

Adegan-adegan yang ada di dalam seni Reog terkadang tidak dilakukan sesuai dengan skenario yang tersusun rapi sebab dalam atraksinya selalu ada interaksi antara para pemain dan dalang, sesekali pula terdapat interaksi dengan penonton pertunjukan Reog.

Kesenian Wayang

Kesenian wayang sudah ada sejak masa pra-sejarah kurang lebih sekitar 1500 SM, ketika itu negara Indonesia yang belum menjadi negara kesatuan seperti saat ini masih memeluk Animisme yaitu berupa ritual pemujaan kepada roh nenek moyang yang diwujudkan dalam bentuk Arca atau Gambar.

Wayang sebagai kesenian dan kebudayaan Indonesia juga telah diakui oleh UNESCO pada 7 November Tahun 2003. 

Terdapat beberapa versi wayang yang dibentuk di Indonesia, seperti wayang yang dibentuk dari kulit sapi yang telah dijemur dan dibetuk dan diberi warna, wayang kulit yang berbahan dasar kayu dan juga wayang orang yang dimainkan secara langsung oleh orang-orang yang mengenakan kostum sesuai dengan karakter yang dibawakannya.

Kesenian Musik Angklung.

Angklung merupakan alat musik tradisional yang bernada ganda dan berkembang secara tradisional didalam masyarakat. Angklung sejauh ini dikenal dengan alat musik khas jawa barat. 

Dengan menggunakan bahan dasar bambu, angklung di mainkan dengan cara digetarkan sehingga benturan antara pipa babu dengan tiangnya akan menghasilkan bunyi tertentu.Terdapat dua laras titik nada dalam angklung, yaitu lras slendro dan pelo. 

Menurut kisahnya, angklung di ciptakan dengan tujuan untuk memikat Dewi Sri agar turun kebumi sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Sama seperti dengan wayang, Angklung juga sudah mendapatkan pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bahagian dari warisan budaya Indonesia. 

Kesenian Pisau / Pedang Keris. 

Keris adalah senjata tradisional asli Indonesia yang di yakini memiliki kekuatan supranatural. Pada masa kerajaan dahulu, para raja menjadikan keris sebagai senjata atau barang pusaka. 

Keris sudah digunakan sejak abad ke 9 dan dibuat khusus oleh para para pengerajin yang dijuluki dengan nama Empuh.

Bilah pisau dari keris dibuat dari beberapa campuran logam dan pegangan atau gagangnya dibuat dari tulang, tanduk atau juga dengan kayu. 

Dijaman dahulu, logam yang digunakan untuk membuat keris diambil dari meteor yang jatuh ke bumi. 

Bahkan para peneliti-pun mengatakan bahwa keris kuno memiliki unsur titanium yakni suatu bahan yang baru digunakan pada abad ke 20 

Sebagai pelapis kendaraan luar angkasa, namun para empuh sudah lebih dahulu menggunakannya sebagai bahan pembuat keris pusaka.

Seni Kerajinan Batik. 

Setiap penduduk Indonesia pasti mengenal batik, baik masih bercorak tradisional atau yang telah dibuat kembali dengan corak yang lebih modern. 

Batik dibuat dengan cara mengoleskan lilin panas keatas kain dengan menggunakan canting. Batik biasanya di gambar atau dilukis diatas kain katun atau sutera.\

Kain batik sudah terkenal sejak masa kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga pada saat ini dengan berbagai macam motif dan kreasi. 

Corak yang ada didalam batik adalah lukisan tentang alam dan dinamikanya. Para pelukis batik melukis alam dengan sudut pandang yang jauh lebih dalam dan bebeda dengan pelukis yang menggunakan kanvas sebagai medianya. 

Para pelukis batik mengambil pola dasar alam dari sesuatu yang dilihatnya kemudian menambahkannya dengan beberapa aturna sederhana. 

Atas dasar itulah maka diperlukan suatu kejeniusan untuk melihat pola dasar yang ada didalam alam dan mencari aturan tersebut.

Kesenian Tari Saman Aceh.

Tari Saman adalah ikon kebanggaan provinsi daerah istimewah Aceh dan telah mendunia sebab telah didukung oleh keputusan UNESCO yang menyatakan bahwa tari Saman adalah warisan budaya negara Indonesia.

Tarian yang berasal dari Suku Gayo Aceh Tenggara ini sering dipertunjukkan di festival kesenian atau pertunjukan kesenian di penjuru dunia. 

Tari saman ini juga sering ditampilakan beberapa peristiwa penting dalam adat. Syair yang digunakan dalam tari saman ini menggunakan bahasa Arab dan juga bahasa Gayo

Beberapa literatur menyatakan bahwa tari saman diciptakan oleh Syekh Saman yang merupakan seorang Ulama yang berasal dari Gayo.

Tari ini juga telah masuk ke dalam daftar budaya warisan Indonesia setelah mendapatkan pengakuan dari UNESCO.

Demikian kiranya mengenai penjelasan singkat tentang kesenian tradisional Indonesia yang mendunia tersebut diatas, semoga bermanfaat bagi anda sekalian dan terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to " Kesenian Daerah Indonesia yang Mendunia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak