Hukum Tidur Setelah Sholat Shubuh

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah Subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

HUKUM TIDUR SETELAH SHOLAT SHUBUH

Ada yang bertanya kepada Asy Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz rohimahullah, Bahwa bagi orang yang selesai sholat subuh untuk tidak tidur karena di waktu itu adalah waktu dibagikannya rezeki?

Beliau rohimahullah menjawab:

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين ، والصلاة والسلام على عبده ورسوله ، نبينا محمد ، وعلى آله وأصحابه ، ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد.

Ini adalah perkara yang kami tidak ketahui asalnya, dan Pemberi rezeki adalah Allah satu satunya, Dialah Ar-Rozzaq jalla wa alaa, Dialah Allah yang membagikan rezeki kepada para hambanya PADA SETIAP WAKTU, bukan hanya setelah sholat subuh saja!!

Dialah Allah yang membagikan rezeki pada malam hari, di awal malam, di siang hari, dan di pagi hari, di pertengahannya, di akhirnya dan di setiap waktu subahanahu wa ta'alaa, Dialah Allah yang membagikan rezeki kepada para hambanya dengan perkara dariNya dan TakdirNya, dan apa yang Allah perintahkan dengan sebab sebab dan menganjurkan kepada berbagai macam amalan.

Kami tidak mengetahui bahwa tidur setelah sholat subuh dilarang.

Tetapi seseorang yang duduk beristighfar kepada Allah dan berdzikir kepada Allah maka ini lebih utama.

Yang mana Nabi shollallahu alaihi wa sallam duduk sampai terbitnya matahari berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala maka ini adalah keutamaan yang besar.

Apabila seseorang duduk,

▪ Berdzikir kepada Allah

▪ Atau mengajarkan ilmu 

▪ Atau menyibukkan diri dengan amalan yang lain yang memberikan manfaat kepadanya dan kepada kaum muslimin maka ini lebih baik dari tidur.

Dan barangsiapa yang tidur setelah terbitnya matahari maka ini lebih utama, dan tidak mengapa bagi seseorang untuk tidur setelah sholat subuh.

Tetapi jikalau dia menunda tidurnya sampai terbitnya matahari dan dia duduk,

▪ Berdzikir kepada Allah

▪ Dan beristighfar

▪ Dan mengucapkan tahlil

▪ Atau membaca buku buku ilmu

▪ Atau qiroatul qur'an

▪ Atau pada amalannya yang bermanfaat seperti dia mengurusi kebunnya

▪ Merawat pertaniaanya

▪ Atau di tempat kerja/perusahaannya, maka ini baik.

Tetapi tidur jika dibutuhkan maka setelah tingginya matahari, yang mana diriwayatkan dari Aisyah rodhiyallahu anha bahwasannya beliau tidur setelah terbitnya matahari, beliau membaca setelah sholat subuh dan apabila telah terbit matahari beliau istirahat, diriwayatkan yang demikian dari beliau rodhiallahu anha.

Alhasil perkaranya longgar alhamdulillah, tetapi ini yang lebih utama yaitu menunda tidur apabila dibutuhkan sampai tingginya matahari, sehingga di pagi harinya dia menyibukkan diri dengan dzikir, membaca ilmu atau pada amalan yang lain yang memberinya manfaat.

0 Response to "Hukum Tidur Setelah Sholat Shubuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak