Cara Mengcopy Teks PDF yang Tidak Bisa dicopy

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

 Unlock PDF Terproteksi

Masalah file PDF yang tidak bisa dicopy sering dihadapi oleh mahasiswa atau siapa saja umumnya dan memang sangat menyusahkan. 

Setiap mencari referensi dengan tujuan ingin mengutip pernyataan maupun data dari PDF tersebut, kebanyakan PDFnya tidak bisa di copy paste ke word.

Memang bisa ditulis manual, tapi itu membutuhkan waktu. Oleh karena itu pada ada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengcopy teks pdf yang tidak bisa dicopy paste ke word (unlock pdf yang terproteksi)

Kenapa file pdf tidak bisa di copy paste textnya?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa pdf yang tidak bisa di copy penyebabnya adalah karena file tersebut dikunci atau diberi pasword oleh si pembuatnya. Ya mungkin saja tujuan mereka memberikan pasword ke file tersebut adalah karena filenya berharga dan sifatnya privasi.

Tapi ada juga yang membuat saya tidak habis pikir, yaitu file pdf yang dibagikan ke publik untuk didownload. Namun masih juga di kunci alias diberikan pasword. 

Bagaimana cara agar pdf bisa di copy (tidak terkunci)?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan. Mulai dari cara online, offline, menggunakan aplikasi, atau tanpa aplikasi. Semuanya memiliki fungsi dan kemampuan yang sama yaitu menghilangkan password file pdf.

1. Unlock PDF yang terproteksi tanpa software

Cara pertama yaitu kita memanfaatkan tools online yang bisa unlock pdf. Ada banyak tool gratis yang bertebaran di internet, namun saya hanya memilih beberapa tool yang sudah terkenal sebagai berikut.

  1. Unlock PDF
  2. ILovePDF
  3. Smallpdf

Cara menggunakannya cukup buka salah satu situs di atas. Kemudian upload dokumen pdf yang tidak bisa di copy paste. 

Terkahir klik “Unlock” untuk membuka kuncinya. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan password pdf di HP android.

Cara ini hanya bisa membuka pdf yang tidak bisa di copy paste atau tidak bisa diprint. Jika pdf di berikan password dan tidak bisa dibuka sebelum memasukkan kuncinya maka cara ini akan sia-sia.

2. Membuka PDF yang tidak bisa dicopy menggunakan aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang mempunyai fungi untuk membuka pdf yang terkunci. Aplikasi yang paling sering saya gunakan adalah “PDF Password Remover“. Silahkan Anda cari aplikasi ini di internet, sudah banyak bertebaran. Untuk cara penggunaanya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka aplikasi PDF Password Remover.
  2. Klik “Open PDF(s)“.
  3. Cari file pdf yang tidak bisa dicopy paste dan klik Open.
  4. Kemudian akan terbuka kotak dialog lagi, yang menanyakan tempat menyimpan file yang sudah dihilangkan passwordnya. Silahkan pilih sesuai keinginan Anda.
  5. Jika berhasil maka akan tampak tulisan “SUCCEED” seperti gambar berikut.

Cara ini juga tidak bisa digunakan jika pdf terpassword seutuhnya (pdf tidak bisa dibuka jika tidak tahu password)

Jika file yang pdf yang Anda temui terpassword seutuhnya tidak ada cara lain selain meminta password tersebut ke orang yang membuatnya. Karena jika terpassword seutuhnya itu artinya file tersebut bersifat privasi dan Anda harus menghargai itu.

Demikian tips tentang cara mengcopy teks pdf yang tidak bisa dicopy paste ke word. Gunakan secara bijak dan semoga bermanfaat.

0 Response to " Cara Mengcopy Teks PDF yang Tidak Bisa dicopy"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak