Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Sekarang ini Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Sudah tidak dipungkiri lagi, mulai dari anak-anak hingga yang dewasa tidak sedikit yang memiliki Smartphone. 

Dengan kecanggihan teknologi digital ini yang sekarang berkembang dengan sangat cepat membuat pabrik smartphone  dengan berbagai merk saling berkompetisi untuk menciptakan smartphone dengan model-model yang terbaru.

Untuk itu pengguna-nya pun harus bijak dalam menyikapi pengembangan tersebut. Terutama bagi mereka yang memiliki dana yang cukup terbatas dan harus membagi pengeluaran bulanan-nya. Dan pada akhirnya untuk membeli smartphone bekas/seken menjadi pilihan utama-nya. 

Dalam smartphone bekas mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan dan dipahmi, sesuai dengan tips berikut ini untuk memilih dan membeli smartphone bekas, sehingga tidak salah dalam memilih-nya.

1. Wajib memperhatikan spesifikasinya

Smartphone yang mungkin akan digunakan. Alangkah baiknya kita harus mengetahui kapasitasnya dan kita harus memperhatikan spesifikasinya, sehingga kita masih dapat menggunakannya dalam jangka waktu cukup panjang kedepanya.sehingga sesuai apa yang kita inginkan.

2. Wajib Untuk memahami Barangnya

Saat akan membeli smatrphone bekas, setidaknya kita mengetahui dan paham dengan benar mengerti akan barang tersebut terlebih dahulu. 

Paling tidak memahami keterangan yang telah diberikan penjual, dan wajib untuk menanyakan keterangan lain yang mungkin belum kita ketahui, sehingga kita bisa mengetahui yang sebenarnya dengan detail, mengenai kondisi barangnya.

3. Disarankan Untuk menggunakan Sistem COD

Sangat disarankan untuk membeli dengan COD / Cash-On-Delivery adalah sistem yang biasa digunakan di marketplace untuk membeli barang elektronik. 

Sistem ini memungkinkan antara pembeli dan penjual bertemu di suatu tempat yang telah disepakati, dan untuk melakukan transaksi deal barang. 

Keuntungan melakukan COD adalah kita dapat mengetauhi langsung kondisi fisik dari barang tersebut, sehingga kita akan lebih yakin untuk membeli smartphone tersebut. Untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan setelah membelinya.

4. Mengecek Seluruh Fitur yang ada di Semartphone 

Untuk pembeli, di haruskan untuk mengetahui fitur yang ada di dalam smartphone tersebut, guna untuk kenyamanan dan juga meyakinkan kondisi barang tersebut apakah masih bagus atau malah sudah rusak parah. 

Diantaranya beberapa kondisi kekurangan smartphone yang dijual. yaknni yang wajib dicek yaitu diantaranya fitur cek  kamera, suara/speaker, dan jaringan, baik data seluler maupun wifi serta fitur yang lainya

5. Memanfaatkan Toko Online Yang Dipercaya keamananya

Cara ini dilakukan jika cara  COD tidak mungkin untuk dilakukan. Kita dapat memanfaatkan pihak ketiga, Yaitu melalui jasa toko online. 

Dengan membeli di toko online memungkinkan transaksi yang akan kita lakukan sangat terjamin keamananya, dan juga akan di untungkan. 

Karena bila barang yang kita pesan dan diterima ada kecacatan atau tidak sesuai yang di inginkan kita bisa komplain dan mengembalikanya atau bisa diganti dengan yang lainya bahkan unag anda juga dijamin keamananya.

6. Membeli Barang Brand New On The Box

Barang  dengan Brand New On the Box ini merupakan barang yang biasanya dibeli hanya untuk dimanfaatkan sebagai review saja tanpa berniat untuk menggunakan-nya secara pribadi. 

Biasanya barang seperti ini banyak dijual oleh reviewer di Youtube atau bahkan para blogger. Barang ini sangat menguntungkan, selain lebih murah, barang tersebut  masih bergaransi.

7. Melakukan Factory Reset 

Factory Reset yang bisa disebut dengan mengembalikan kesetelan Pabrik seperti awal baru beli, dengan ini  fitur dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data yang ada di smartphone tersebut. 

Dengan tujuan melakukan Factory Reset untuk memastikan tidak ada akun lama yang mesih menempel di ponsel tersebut. 

Factory Reset ini juga penting karena dapat dimanfaatkan untuk menghindari penipuan dengan kedok Lupa Sandi/paswrd. 

Karena untuk beberapa smartphone seperti Xiaomi, Oppo, Realme, Factory Reset tidak dapat dilakukan jika masih ada akun  yang nempel atau terhubung didalam-nya.

Demikian, beberapa tips saat ingin membeli Smarthpone Bekas/seken. Jadilah pembeli yang baik dengan menambah pengetahuan. 

Sehingga anda tidak menyesal dan mudah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.Terima kasih Salam Hangat Sabilislow.

0 Response to "Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Salah Pilih"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak