KEDUDUKAN ILMU TENTANG ASMA' ALLAH DAN SIFAT-NYA

KEDUDUKAN ILMU TENTANG ASMA' ALLAH DAN SIFAT-NYA 

Kedudukan ilmu tentang asma' dan sifat Allah dalam Islam sangatlah tinggi. Ilmu ini merupakan salah satu cabang ilmu tauhid yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap muslim.

Adapun kedudukan ilmu tentang asma' dan sifat Allah dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

  • Aspek akidah

Asma' dan sifat Allah merupakan salah satu pilar akidah Islam. Dengan mempelajari ilmu tentang asma' dan sifat Allah, seorang muslim akan semakin memahami keesaan Allah dan kesempurnaan-Nya.

  • Aspek ibadah

Asma' dan sifat Allah juga berkaitan erat dengan ibadah. Seorang muslim yang memahami asma' dan sifat Allah akan lebih khusyuk dalam beribadah dan lebih merasa dekat dengan Allah.

  • Aspek akhlaq

Asma' dan sifat Allah juga dapat menjadi cermin bagi seorang muslim untuk memperbaiki akhlaknya. Dengan mengenal sifat-sifat Allah yang mulia, seorang muslim akan berusaha untuk meneladani sifat-sifat tersebut dalam kehidupannya.

Berdasarkan beberapa aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa ilmu tentang asma' dan sifat Allah merupakan ilmu yang sangat penting dan mulia. Oleh karena itu, setiap muslim hendaknya mempelajari ilmu ini dengan sungguh-sungguh agar dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.

Berikut adalah beberapa dalil yang menunjukkan pentingnya mempelajari ilmu tentang asma' dan sifat Allah:

Firman Allah dalam surah al-A'raf ayat 180:

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya:

“Hanya milik Allah asma'ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma'-asma' itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Sabda Rasulullah ﷺ dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

مَنْ عَرَفَ نَفْسَهُ فَقَدْ عَرَفَ رَبَّهُ

Artinya:

“Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya.”

Sabda Rasulullah ﷺ dalam hadits riwayat Tirmidzi:

إِنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْ يَتَعَلَّمَ الْعَبْدُ عِلْمًا ثُمَّ يُعَلِّمَهُ أَخَاهُ

Artinya:

“Sesungguhnya amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah seorang hamba mempelajari ilmu kemudian mengajarkannya kepada saudaranya.”

Dari dalil-dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa mempelajari ilmu tentang asma' dan sifat Allah merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Ilmu ini akan memberikan banyak manfaat bagi seorang muslim, baik dari segi akidah, ibadah, maupun akhlaq.

0 Response to "KEDUDUKAN ILMU TENTANG ASMA' ALLAH DAN SIFAT-NYA"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak