Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang

Tanpa disadari ternyata pola tidur sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Setiap harinya orang dewasa membutuhkan waktu tidur rata-rata 6-8jam per hari secara teratur.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, terdapat beberapa cara yang sebaiknya kamu coba. Salah satu cara terbaiknya yaitu memastikan kebiasaan sehari-harimu tidak mengganggu kebutuhan tidur.

Berikut ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat menganggu kualitas tidur:

1. Emisi cahaya biru 

Tidak banyak yang tahu jika otak kita sangat membutuhkan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur.

Terlalu sering menatap layar TV atau smartphone sebelum tidur ternyata hal ini dapat merangsang otak yang mungkin bisa membuat merasa cemas.

Emisi cahaya biru yang dipancarkan televisi atau smartphone ternyata dapat menghalangi produksi melatonin.

Melatonimu merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk tidur. Sehingga membuat lebih sulit untuk dapat tidur nyenyak.

Maka ada baiknya untuk matikan teleponmu (atau layar lain) 30 menit sebelum tidur dan membaca buku atau mandi untuk bersantai.

Jika kamu mengenakan kacamata, kamu juga dapat menambahkan fitur pemblokiran cahaya biru pada kacamatamu untuk melindungi dari cahaya biru.

2. Ritme yang tidak teratur 

Ritme yang tidak teratur ternyata bisa menganggu kualitas tidur sehari-hari.  Ini tidak berarti bahwa kamu harus bangun jam 7 pagi setiap hari. Namun pastikan waktu tidurmu cukup sehingga menghasilkan kualitas yang mampu menjaga kesehatanmu.

3. Makan terlalu banyak

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara terlambat makan dan refluks asam dan gangguan pencernaan.

Tanpa disadari hal itu juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu. Selain itu terlambat makan juga berpengaruh terhadap kesulitan penurunan berat badan dan obesitas.

Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan sleep apnea atau gangguan tidur lainnya. Sebaiknya hindari makan besar 3 jam sebelum tidur. Kemudian jangan makan makanan cepat saji saat tengah malam.

4. Minum kopi

Tak banyak diketahui ternyata kafein cenderung menipu tubuhmu untuk meyakini bahwa bisa membuatmu tidak lelah dan walaupun efeknya mungkin hilang setelah beberapa jam.

Sebenarnya tubuhmu memiliki banyak kafein selama 10 jam setelah kamu meminumnya. Banyak orang tidak menyadari bahwa kopi bukanlah satu-satunya minuman yang mengandung kafein.

Cokelat, minuman berenergi, sebagian besar teh dan soda adalah penyedia kafein tinggi. Bahkan cokelat panas mengandung cukup kafein untuk mencegah tidur nyenyak.

Sehingga ada baiknya untuk batasi konsumsi kafein. Cobalah meminumnya di pagi hari saja. Semakin sedikit kamu minum minuman kafein, maka akan semakin baik kualitas tidurmu.

5. Menunda untuk bangun

Tidur sebentar tidak selalu tidak sehat, tetapi dengan menunda bangun selama 9 menit tentu memiliki efek yang tidak kalah buruknya.

Bahkan, menunda bangun tidur meningkatkan kadar kortisolmu, sehingga dikenal juga sebagai hormon stres.

Ada baiknya kamu dapat meluangkan waktu dan bangun dengan secara santai untuk memulai hari-harimu dengan tingkat stres yang rendah. Hitung siklus tidurmu dan atur alarm dengan tepat.

6. Jarang berolahraga

Orang dengan memiliki gangguan insomnia akan lama tertidur meski sudah berada di atas kasur.

Dan olahraga bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sehingga disarankan untuk berolahraga secukupnya setiap hari. Berjalan 30 menit sudah dianggap sebagai latihan aerobik yang cukup intens.

Kamu juga dapat mencoba menggunakan transportasi umum atau sepeda untuk bekerja daripada naik kendaraan. Menurut penelitian memiliki ruangan tidur yang berantakan dapat membuat stres.

Bagi sebagian orang pakaian atau peralatan elektronik yang tak tertata dengan rapi ternyata bisa merangsang untuk mencegah mereka tidur. Ada baiknya untuk hindari meninggalkan kertas kerja, buku, atau elektronik di kasurmu.

Demikian Mengenai pentingna tidur yang merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita.

0 Response to " Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak