Cara Mengatasi Widget Tidak Tampil di Versi seluler / mobile

Cara Mengatasi Widget Blog Tidak Tampil di Versi Seluler / Mobile

Sobat Blogger. Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi widget yang tidak tampil di versi seluler / mobile saat sobat terapkan diblog.

Alangkah baiknya sobat sedikit mengetahui dahulu apa itu widget yang sebenarnya, widget itu sendiri dan apa manfaat serta gunanya, bila dipasang di blog.

Widget merupakan suatu fitur  atau elemen yang menarik dan disediakan untuk ditampilkan di halaman blog bisa juga disebut dengan gadget atau konten aplikasi tertentu yang dapat dipindah-pindahkan posisinya. 

Pada umumnya menggunakan kode HTML, javascript, flash yang digunakan sebagai alat penunjang pada blog untuk memudahkan dalam navigasi.

Di dalam blogger  sendiri sebagai platfrom blog memang telah disediakan berbagai macam widget yang bisa sobat gunakan dan pilih seperti Labels, Popular Post, Archive, Halaman dan lain sebagainya.

Fungsi  Widget

Widget juga memiliki fungsi yang sangat beragam sesuai dengan kegunan widget yang dipilih. Secara umum fungsi utama dari  widget ini adalah untuk memudahkan dalam navigasi blog agar pengunjung mudah dalam mencari dan menelusuri konten yang ada di dalam blog. Fungsi dari setiap widget juga berbeda-beda. 

Sebagai contoh jika Anda ingin menampilkan informasi mengenai artikel-artikel yang populer di blog, Anda bisa memasang widget Popular Post. Anda ingin menampilkan beberapa kategori blog Anda, cukup pasang widget label dan lain sebagainya.

Terkadang blog yang sedang kita akses pada tampilan mobile / seluler widget yang telah terpasang di blog tidak terlihat alias tidak tampil, ini tentunya sangat berpengaruh pada pengunjung yang mengakses blog sobat, maka dari itu sobat perlu untuk mengetahu permasalahan ini supaya blog sobat bisa tampil dengan maksimal.

Berikut dibawah ini cara mudah untuk mengatasi widget yang tidak ditampilkan di versi seluler / mobile.

Karena saya sendiri pernah mengalaminya maka saya juga ingin membagikan pada sobat yang mungkin mengalaminya dan bingung/ belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah bagi yang sudah berpengalaman namun bagi yang masih baru mendalami blog tentunya cukup membuat pusing kepala.

Kenapa widget ini bisa tidak muncul padahal awalnya muncul mungkin karena sobat menganti template blogger yang berbeda hal ini bisa mengakibatkan widget yang terpasang tidak tampak di tampilan seluler padahal di tampilan Desktop tampil dengan sempurna.

Bagi sobat yang mengalami hal ini jangan kuwatir caranya sangat mudah dan sipel sekali sobat cukup menambahkan kode mobile='yes' di sebelah kanan kode locked='false' disetiap widget yang sobat pasang maka masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.

Cara cukup mudah sobat tinggal cari widgetnya. Nama widgetnya yang tidak tampil di versi seluler / mobile 

  • Sobat pertama harus login ke https://draft.blogger.com/
  • Lalu masuk ke Tema/template
  • Kemudian masuk ke edit HTML
  • Lalu klik di halaman html dimana saja dengan kemudian tekan tombol Ctrl+F di keyboard untuk menampilkan pencarian
  • Lalu dikolom pencarian ketikan nama widget yang tidak tampil di versi seluler setelah ketemu 
  • Lalu tambahkan kode mobile='yes' disebelah kanan locked='false' jangan lupa kasih sepasi dan selesai diterapkan dan jangan lupa tekan save / simpan

tema-> html

Selesai sudah permasalahanya yang sobat alami semoga bermanfat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua dalam mengembangkan sebuah blog. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara Mengatasi Widget Tidak Tampil di Versi seluler / mobile"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak