Dampak Buruk Bermain Smartphone

Perkembangan era digital yang pesat saat ini, sangat membantu masyarakat dunia memberikan kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas.

Sekarang ini  masa dimana ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Siapa yang tidak membutuhkan Smartphone? 

Harga Smartphone yang relatif terjangkau dan bervariasi membuat siapa pun bisa dengan mudah memiliki dan bermain game online terbaik di smartphone. 

Mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga bagi orang tua, namun, setiap hal tentunya memiliki dampak buruk (negatif) dan baik (positif).

Dampak baik (positif) smartphone adalah sebagai media komunikasi, hiburan dan sumber informasi. Namun Jika terlalu lama menggunakan smartphone dalam artian selalu dipakai berjam-jam untuk menonton video atau main games, tentunya akan berdampak buruk (negatif) sehingga bisa mengganggu kesehatan.

Penggunaan Smartphone yang tiadak ada henti setiap hari, dapat menimbulkan efek yang buruk misalnya seperti kecanduan game online. 

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif bermain Smartphone terlalu lama bagi anak-anak yang harus diperhatikan:

Mengakibatkan Kerusakan Otak

Dampak buruk dari radiasi smartphone bagi kesehatan memang masih menjadi kontroversi. Namun, beberapa penelitian menyebutkan ternyata efek jangka panjang radiasi dari smartphone dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan insomnia. 

Hasilnya, otak dapat menjadi cenderung lebih lemah dan mempengaruhi daya ingat dan juga refleks. Sedangkan efek jangka pendek yang akan mulai dirasakan seperti mual dan sakit kepala.

Mengakibatkan Kecanduan

Smartphone pada saat ini memang memegang peranan yang penting bagi aktifitas sehari-hari. Berkat perkembangan teknologi, kini smartphone dapat melakukan banyak hal yang membuat hidup terasa lebih nyaman.

Seperti menerima dan membalas e-mail untuk urusan pekerjaan, chatting dengan teman maupun keluarga, menonton video, mendengarkan musik, main game, dan sebagainya. 

Maka tidak heran jika banyak orang yang nyaris tidak bisa lepas dari smartphone. Ketergantungan seperti ini membuat banyak orang kecanduan smartphone. 

Jika sudah kecanduan main Smartphone dapat membuat banyak masalah bagi kesehatan dan juga sisi sosial seseorang.

Mengakibatkan Terganggunya Penglihatan

Mungkin dampak negative ini  yang paling banyak diketahui. Melihat layar smartphone terlalu lama bisa bisa mengakibatkan penglihatan terganggu, yang dalam dunia kedokteran disebut Computer Vision Syndrome (CVS). 

Beberapa ahli mengatakan bahwa 37% pengguna smartphone menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka. 

Hal ini akan mengakibatkan seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan serta rabun dekat. 

Bermain smartphone dalam waktu lama juga akan membuat mata cepat lelah sehingga terlihat sembab dan menyebabkan pusing.

Mengakibatkan Kelainan Postur Tubuh

Sebagian besar pengguna smartphone menundukkan kepala ketika membuka handphonenya. Karena terlalu fokus, tanpa disadari posisi membungkuk tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan 

Ketika kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala 6x lipat.

Mengakibatakan Penuaan Dini

Sejumlah dermatologi sepakat jika terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet dapat menyebabkan penuaan dini. 

Hal ini disebabkan karena saat menunduk ke bawah maka akan berpengaruh terhadap gaya gravitasi yang bisa sebabkan daya elastisitas kulit hilang secara perlahan. 

Akibatnya mengalami kulit keriput dan kendur di bagian rahang dan juga leher karena sering terlalu lama bermain smartphone sambil menunduk.

Bermain Smatphone memang tidak dilarang terlebih jika ada banyak hal positif yang bisa dilakukan dan didapatkan dengan smartphone. 

Namun jika terlalu sering mengunakan Smartphone tentu akan berdampak negatif bagi diri sendiri karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya


0 Response to "Dampak Buruk Bermain Smartphone"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak