Cara Allah Mengabulkan Doa

Percayalah Allah Menggenggam Semua Doa, Dan Melepaskannya Di Waktu Yang Tepat


"Allah berikan di waktu yang tepat"

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan dalam hadits,

ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا. قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ اللَّهُ أَكْثَرُ

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal:

1. Allah akan segera mengabulkan do’anya,
2. Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan
3. Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.

” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.”

Hadits ini menunjukkan bahwa doa seorang muslim yang tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi akan dikabulkan oleh Allah. Namun, ada tiga kemungkinan cara Allah mengabulkan doa tersebut, yaitu:

1. Allah segera mengabulkan doa tersebut di dunia.

2. Allah menyimpan doa tersebut untuk dikabulkan di akhirat kelak.

3. Allah menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.

Ketiga kemungkinan ini menunjukkan bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. Dia akan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang tulus, bahkan jika doa tersebut tidak segera dikabulkan di dunia.

Hadits ini juga mengingatkan kita untuk menjaga silaturahmi dengan kerabat. Silaturahmi adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah. Orang yang menjaga silaturahmi akan dimudahkan segala urusannya dan akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

0 Response to "Cara Allah Mengabulkan Doa "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak