DOSA YANG LANGSUNG DIBALAS ALLAH DI DUNIA

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Setiap perbuatan di dunia pasti akan dibalas dengan balasan yang setimpal. Perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan. Sedangkan perbuatan buruk juga akan dibalas dengan keburukan. Manusia adalah makhluk pendosa, yang memiliki banyak kesalahan.

Semua perbuatannya itu akan mendapat balasan. Entah di dunia maupun di akhirat nanti. Seperti dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala:

“Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S Al Baqarah:284)

Ada beberapa perbuatan dosa yang langsung Allah Subhanahu wata'ala balas di dunia, di antaranya:

1. Zina

Perbuatan ini merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah Subhanahu wata'ala. Tak salah jika dosa ini masuk dalam kategori dosa besar. 

Islam memberikan aturan yang jelas bahwa bagi mereka yang berzina harus siap untuk dicambuk. Setelah itu mereka pun harus diasingkan dan jauh dari pemukiman warga. 

Perbuatan zina ini semakin berat hukumannya saat yang melakukan zina tersebut adalah mereka yang telah menikah. Hukuman yang dialami langsung oleh mereka adalah dilempari batu hingga mati.

Dampak buruk dari zina selain mendapatkan dosa yang besar adalah kemungkinan besar untuk terjangkit penyakit AIDS. 

Inilah balasan bagi orang yang melakukan perzinahan. Untuk itu jangan sekali-kali mendekati perbuatan zina, terlebih lagi melakukan zina jika tak ingin laknat Allah menimpa diri kita.

2. Zalim

zalim adalah perbuatan melampaui batas dalam melakukan keburukan. Perbuatan zalim dapat mengotori hati, seperti sombong, dengki, ghibah, fitnah, dusta, dan lain sebagainya. Karena itu zalim termasuk dari dosa besar.

Manusia yang zalim akan mendapatkan balasan di dunia dan siksa pedih di akhirat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran: 

ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ุณَّุจِูŠู„ُ ุนَู„َู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุธْู„ِู…ُูˆู†َ ุงู„ู†َّุงุณَ ูˆَูŠَุจْุบُูˆู†َ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ุจِุบَูŠْุฑِ ุงู„ْุญَู‚ِّ ۚ ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ู„َู‡ُู…ْ ุนَุฐَุงุจٌ ุฃَู„ِูŠู…ٌ 

“Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.” (QS Asy-Syura: 42).

3. Berlaku curang dalam berdagang

Sebagai seorang muslim, kita senantiasa diperintahkan untuk berlaku jujur dan menghindari berlaku curang. Pasalnya, berlaku curang adalah salah satu perbuatan yang bisa merugikan orang lain.

Selain itu, berlaku curang dalam berdagang juga merupakan salah satu perbuatan dosa yang langsung dibalas Allah saat masih did unia.

Adapun balasan yang akan diterima adalah musim paceklik yang berkepanjangan, ketidakbahagiaan hidup dan juga didzalimi oleh sesama pedagang.

Oleh sebab itu, azab yang terjadi dunia ini, yang dapat dirasakan atau disaksikan langsung oleh mata kepala, ataupun azab yang ditunjukkan lewat kisah-kisah yang diwahyukan Allah, seharusnya menjadi pelajaran dan peringatan yang menghadirkan manfaat dan hikmah.

4. Dosa Pada Orang Tua

Orang tua merupakan sosok yang mesti kita hormati. Allah telah memberikan hak atas keduanya untuk dihormati setelah kita menyembah kepada Allah. 

Kemurkaan Allah juga bergantung pada murkanya orang tua sehingga Allah akan murka jika ada seorang anak yang menyakiti dan durhaka kepada orang tuanya.

Rasulullah Shalallahu A'laihi Wa Sallam bersabda, 

“Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia yaitu kedzaliman dan durhaka (pada orang tua)” (HR Hakim).

Balasan tersebut akan semakin cepat terealisasi manakala orang tua yang didzalimi mengadukan hal itu kepada Allah. 

Doa yang mustajab tersebut akan menembus langit dan akan diamini oleh semua malaikat sehingga Allah pun mengabulkannya.

Rasulullah Shalallahu A'laihi Wa Sallam bersabda dalam sebuah hadist 

“Tiga doa yang tidak tertolak : doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa orang yang terdzalimi (HR Baihaqi).

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "DOSA YANG LANGSUNG DIBALAS ALLAH DI DUNIA"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak