Mengenal Click-Through Rate

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Apa itu Click-Through Rate? Berikut Memaksimalkannya?

Dalam iklan digital dunia, ada satu indikator yang bisa menunjukan seberapa suksesnya iklan yang sudah Sobat buat dan optimalkan. Indikator tersebut adalah Click-Through Rate atau bisa kita singkat sebagai CTR. 

Akan fatal bagi Sobat yang masih belajar, ataupun seorang pengoptimal iklan bila tidak tahu apa itu rasio klik-tayang dan bagaimana cara memaksimalkannya untuk iklan Sobat. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan mencari tahu apa itu Click-Through Rate  dan bagaimana cara memaksimalkannya.

Apa itu Click-Through Rate ?

Click-through rate (CTR) adalah indikator yang menghitung jumlah pengunjung yang mengklik link ke halaman situs Sobat, bisa berasal dari halaman situs lain, email atau pemasangan iklan secara online. 

Tujuan utama dari CTR adalah untuk mengukur rasio dari orang-orang yang mengklik iklan Sobat setelah melihat tayangan iklan tersebut. 

Bila ada banyak orang yang hanya melihat saja tanpa mengklik, berarti ada sebuah kegagalan dari iklan dalam pengunjung ke halaman situs web Sobat.

Cara Menghitung Rasio Klik-Tayang

Setelah mengetahui apa itu click-through rate, saatnya kita mengetahui cara menghitungnya. Rasio klik-tayang (RKT) akan dihitung dari jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung dibagi dengan jumlah iklan yang dilihat oleh pengunjung atau bisa kita sebut sebagai Impressions. Dan biasanya dikali lagi 100% untuk mengetahui persentase kesuksesannya.

Klik : Tayangan x 100%

Kita bisa mengambil contoh ketika Sobat memasang sebuah Google Adword . Iklan tersebut akan muncul di halaman mesin pencari, lalu iklan Sobat sudah dilihat (tayang) sebanyak 100 kali oleh pengguna Google. 

Namun di antara 100 tayangan tersebut, hanya terdapat 1 pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Berarti RKT yang didapatkan oleh iklan Sobat adalah sebesar 1%.

Cara Memaksimalkan Click-Through Rate 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa cara yang bisa Sobatcoba lakukan, seperti berikut ini:

1. Relevansi dari Kata Kunci

lakukan riset yang baik dalam menentukan kata kunci yang akan Sobat gunakan, ada banyak alat yang bisa Sobat manfaatkan, dari yang berbayar hingga gratis. Tambahkan setidaknya 3 kata kunci ekor panjang. 

Hal ini akan bermanfaat untuk menarik persaingan dalam AdRank. Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang berisi lebih dari dua kata yang akan membentuk sebuah frase dan sifatnya sangat spesifik.

Keuntungan lainnya yang bisa Sobat dapatkan adalah para pelanggan yang menggunakan long tail keywords sudah memiliki keinginan yang spesifik, dan bisa membantu untuk meningkatkan tingkat konversi Sobat.

2. Manfaatkan Ekstensi Iklan

Ekstensi iklan akan dapat membantu Sobat untuk meningkatkan lalu lintas dari iklan Sobat yang tentu saja dapat membantu meningkatkan rasio RKT sebuah iklan dan meningkatkan AdRank iklan Sobat. 

Bila dijelaskan secara sederhana Ekstensi iklan adalah tambahan informasi yang akan memberikan pengguna keterangan lebih detail mengenai produk atau jasa yang sedang diiklankan.

Ada Ekstensi Lokasi, Ekstensi Lokasi Afiliasi, Ekstensi Panggilan yang dapat membantu Sobat untuk pelanggan ke lokasi bisnis Sobat. 

Lalu ada Call Extensions, dan Message Extensions yang akan membuat pelanggan par menghubungi Sobat. 

Terakhir ada Ekstensi Tautan Situs, Ekstensi Info, Ekstensi Cuplikan Terstruktur, Ekstensi Harga , ekstensi ini akan membantu untuk lalu lintas ke halaman arahan Sobat.

3. Jangan Lupakan Call To Action (CTA)

Ajakan bertindak bisa menjadi pemeran penting dalam memaksimalkan RKT dari iklan Sobat. CTA yang tepat akan sangat membantu untuk menarik perasaan orang-orang untuk mengklik iklan Sobat.

Kesimpulan

Rasio klik-tayang adalah indikator yang penting untuk menentukan keberhasilan dari iklan Sobat. oleh karena itu, Sobat harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkannya. Iklan yang berhasil tentu akan membawa keuntungan bagi Sobat nantinya.

Jadi, sudahkah Sobat tahu apa itu click-through rate dan cara memaksimalkannya? Jika Sobat memiliki atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

1 Response to "Mengenal Click-Through Rate"

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak