Tanda-tanda Syirik

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Tanda-tanda kesyirikan yang paling mencolok dan sesuai dengan perkataan AlQur’an ialah berjalan bukan dijalan Allah Subhanahu wa ta'ala keagungan dan kehinaan diri di gantugkan kepada selain Allah Swt, menjalankan undang-undang yang diproduksi selain Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Terikat dengan selain-Nya, menyongkong kegiatan yang tidak diridhoi Allah Subhanahu wa ta'ala. Gentar terhadap selain-Nya, serta berusaha demi selain Allah Subhanahu wa ta'ala. Semua itu jelas berada di luar jaring-jaring ketauhidan.

Sebagaimana diketahui jumlah orang-orang ikhlas sangat sedikit. Mereka adalah orang-orang yang tegar dan konsisten dalam menapaki jalan Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak mengharapkan balasan serta ucapan terima kasih sedikitpun dari selain-Nya.

Mereka tidak memiliki sifat riya’ (suka pamer), bersikap pasrah secara total dihadapan undang-undang Allah Swt, dan tidak menjalankan produk undang-undang selain yang diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Kuantitas orang-orang semacam ini memang sangat sedikit.

اِذَا جَآءَكَ الۡمُنٰفِقُوۡنَ قَالُوۡا نَشۡهَدُ اِنَّكَ لَرَسُوۡلُ اللّٰهِ ‌ۘ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ اِنَّكَ لَرَسُوۡلُهٗ ؕ وَاللّٰهُ يَشۡهَدُ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ لَـكٰذِبُوۡنَ‌

Artinya: “Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: "Kami mengakui, bahwa Sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah". dan Allah mengetahui bahwa Sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa Sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta.” (QS. Al-Munafiqūn (63): 1)

0 Response to "Tanda-tanda Syirik"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak